“Lantunan” Para Musisi di Berita dan Twitter

Setiap 9 Maret menjadi hari spesial bagi musisi Tanah Air. Lantaran ditetapkan sebagai Hari Musik Nasional sejak 2013. Penetapannya sesuai dengan tanggal kelahiran pahlawan nasional sekaligus pengarang “Indonesia Raya”, Wage Rudolf Soepratman.

Semarak Hari Musik Nasional turut “melantun” di media daring (online) dan Twitter. Seperti pemantauan Indonesia Indicator (I2), pada 1 Januari-9 Maret 2020 yang dihasilkan dari pemanfaatan piranti lunak kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Media maupun netizen tak sekadar membahas tentang karya idolanya. Sejumlah konten terkait peristiwa yang tengah terjadi kepada pujaannya juga ramai diperbincangkan, baik terhadap musisi dalam maupun luar negeri.

Nama Rizky Febian dan Bunga Citra Lestari merajai pemberitaan media online sepanjang periode tersebut. Pemberitaan keduanya dikaitkan dengan beberapa isu yang melekat dalam dua bulan belakangan. 

Rizky Febian mendapat perhatian media dengan jumlah pemberitaan mencapai 11.772 artikel. Anak sulung dari komedian papan atas Entis Sutisna alias Sule itu ramai diberitakan saat ibundanya, Lina Zubaedah meninggal pada awal Januari 2020. Pemberitaan kian santer saat pelantun lagu "Ragu" itu melaporkan kematian Lina ke Polrestabes Bandung, Jawa Barat. Laporan itu dilayangkan karena mencurigai ada kejanggalan atas kematian ibundanya.  

Bunga Citra Lestari (BCL) juga menjadi pusat pemberitaan karena kabar duka saat suaminya, Ashraf Sinclair meninggal dunia pada 18 Februari 2020 lalu. Media ramai memberitakan terkait BCL (11.668 artikel). Pun demikian dengan netizen yang riuh berkicau, menyebut (mention) BCL dengan 20.059 tweet, mulai dari kabar duka hingga memberikan dukungan kepada penyanyi kelahiran Jakarta itu. Terpantau, cuitan beremosi simpati, empati, dan dukungan terhadap BCL.

Nama musisi Marion Jola berhasil membius netizen Twitter (9.426 tweet). Tingginya kicauan warganet mengenai Marion Jola kala mendengarkan lagu-lagunya. Warga Twitter juga mencuitkan kehadiran dara jebolan ajang pencarian bakat Indonesian Idol itu dalam Red Carpet Billboard Indonesia Music Awards 2020.

Sementara itu, musisi lain yang juga menghiasi portal online sekaligus masuk dalam jajaran musisi dalam negeri yang paling banyak diberitakan, antara lain: Judika (2.891 artikel), Ayu Ting Ting (1.763 artikel), Didi Kempot (1.735 artikel), Noah (1.341 artikel), Isyana Sarasvati (1.053 artikel), Andmesh (964 artikel), Agnez Mo (952 artikel), dan Via Vallen (938 artikel).

Kpop Jawaranya

Musik pop Korea (K-pop) yang “naik daun” dalam beberapa tahun terakhir–dibawakan grup vokal wanita (girlband) maupun pria (boyband)–masih disukai publik. Boyband BTS menjadi primadona dan menempati posisi teratas dengan jumlah pemberitaan mencapai 5.615 artikel. Musisi asal Korea Selatan itu juga menyita perhatian pengguna platform "Burung Biru" dengan jumlah cuitan mencapai 85.319 tweet dalam kurun waktu yang cukup singkat, yakni 1 Januari–9 Maret 2020.

Selain BTS, nama girlband Blackpink (1.143 artikel) dan boyband Exo (911 artikel) turut mengisi jajaran 10 besar musisi asing yang paling banyak diberitakan media online. Kedua grup itu juga meramaikan lini masa Twitter, Blackpink tercatat dicuitkan oleh netizen mencapai 57.206 tweet, sedangkan Exo mencapai 24.527 tweet. 

Tak hanya Kpop, musisi Barat juga mengisi pemberitaan portal darling. Seperti, Billie Eilish yang mendominasi media online (2.469 artikel). Dia sukses mengalahkan beberapa musisi yang lebih dulu populer. Macam Justin Bieber (2.173 artikel), Taylor Swift (1.759 artikel), hingga Selena Gomez (817 artikel).

Maia Estianty banyak dikutip

Musisi Maia Estianty menjadi musisi yang paling banyak dimintai pendapatnya seputar topik Musik Dalam Negeri. Sebanyak 1.202 pernyataan pentolan Duo Maia itu ada dalam berbagai portal daring. Lantaran dirinya sering diberitakan media seputar perannya sebagai juri Indonesian Idol 2020.

Posisi kedua ditempati anak sulung Ahmad Dhani dan Maia Estianty, Dul Jaelani. Pernyataan penyanyi bernama lengkap Abdul Qodir Jaelani itu, termuat dalam 1.027 artikel. Kontennya, tentang kehidupan bermusiknya hingga kedekatannya dengan salah satu peserta Indonesian Idol, Tiara Anugrah.

Jajaran 10 besar influencer dalam negeri berikutnya ditempati Anang Hermansyah dengan 735 pernyataan (statement). Lalu, Rizky Febian (684 statement), BCL (662 statement), Ari Lasso (572 statement), Judika (378 statement), Iwan Fals (306 statement), Via Vallen (304 statement), dan Dewi Gontha (289 statement).

Intensitas pemberitaan portal online maupun Twitter tentang musisi tersebut, baik dalam maupun luar negeri, selaras dengan aliran musik terpopuler di masyarakat. Genre pop masih memesona. Ia berada di puncak dengan 18.428 pemberitaan. Lalu dangdut (8.071 artikel), rock (8.056 artikel), jazz (7.198 artikel), musik klasik (6.209 artikel), hiphop (2.479 artikel), metal (1.832 artikel), blues (1.267 artikel), reggae (1.124 artikel), dan musik dansa elektronik atau EDM (691 artikel).

Loading...
Loading...