Festival Film Indonesia (FFI) 2020 Bertabur Bintang

Semarak Festival Film Indonesia (FFI) 2020 tetap menggema meski dihelat di tengah pandemi Covid-19. Nama-nama beken insan perfilman nasional mengerucut ke sejumlah figur yang juga menjadi magnet pemberitaan media jelang Malam Anugerah Piala Citra FFI 2020 pada Sabtu, 5 Desember 2020.

Euforia gelaran FFI tahun ini terpantau dalam cek ricek media yang dilakukan Indonesia Indicator (I2) pada periode 3 November hingga 3 Desember 2020. Tercatat ada 250 media online yang memberitakan ajang FFI, baik dari sisi sutradara, aktor, aktris, hingga sejumlah film terbaik nasional. 

Nama-Nama Beken

Sutradara Joko Anwar, menjadi sosok top person atau nama terbeken di media dalam ajang FFI kali ini, sebanyak 146 pemberitaan. Pria yang juga dikenal sebagai produser film dan penulis skenario itu juga menjadi  figur yang paling sering diwawancara media,  sebanyak 319 pernyataan.

Media menyoroti keberhasilan pria 44 tahun itu karena mampu membawa film besutannya, berjudul “Perempuan Tanah Jahanam” memborong 17 nominasi di ajang FFI 2020. Jumlah terbanyak yang pernah diraih oleh sebuah film sepanjang sejarah FFI. Bahkan, film tersebut juga bersaing mewakili Indonesia meraih nominasi di kategori film internasional terbaik di ajang Academy Awards 2021 atau Oscar ke–93 mendatang.

Deretan prestasi itulah yang membuat film “Perempuan Tanah Jahanam” juga menyita atensi media. Film hantu thriller Indonesia yang dirilis pada 17 Oktober 2019 tersebut diekspos media sebanyak 2.226 pemberitaan. Film ini unggul ketimbang nominasi lainnya, seperti “Imperfect: Karir, Cinta dan Timbangan” yang diekspos 1.738 berita, “Humba Dreams” 307 berita, “The Science of Fictions” 282, “Susi Susanti: Love All” 245, dan “Mudik” sebanyak 192 berita.

Tak hanya menjadi sorotan media, film "Perempuan Tanah Jahanam" juga sukses membawa pulang Piala Citra di FFI dalam kategori Film Cerita Panjang Terbaik. 

Sementara, figur lain yang banyak disebut media adalah Susi Susanti, sebanyak 86 berita. Nama Susi dikaitkan dengan antusiasme publik terhadap film biopiknya, yang berjudul “Susi Susanti: Love All”. Film ini juga masuk nominasi film terbaik FFI 2020. 

Sementara sutradara dan komika muda Ernest Prakasa menempati posisi ketiga sebanyak 74 berita. Kemudian disusul Garin Nugroho 72 berita, Dian Sastrowardoyo 64 berita, Yandy Laurens 58 berita, Nia Dinata 49 berita, Christine Hakim 45 berita, Taufiq Furqan 44 berita, dan Reza Rahadian 41 berita.

I2 juga mencatat, Ernest cukup rajin memberikan pernyataan ke media, sebanyak 237 pernyataan, terutama soal tips cara mempromosikan film secara offline maupun melalui media sosial. Hal itu diungkapkan Ernest saat mengisi kegiatan Cerita Sinema Workshop persembahan Samsung Galaxy Movie Studio 2020 (GMS 2020) dalam kolaborasinya bersama Festival Film Indonesia (FFI).

Influencer lain yang banyak dikutip pers adalah aktris cantik Tissa Biani sebanyak 132 pernyataan, sutradara Garin Nugroho 88 pernyataan, aktris dan model Laura Basuki 83 pernyataan, penyanyi dan aktris Sherina Munaf 68 pernyataan, sutradara muda Mouly Surya 59 pernyataan, Taufiq Furqan 53 pernyataan, dan Lukman Sardi 46 pernyataan. Selain influencer dari kalangan artis, nama dari pihak pemerintah pun juga muncul, yaitu Direktur Perfilman, Musik dan Media Baru Ditjen Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Ahmad Mahendra sebanyak 52 pernyataan.

Kompas Paling Aktif

Pada periode sebulan terakhir ini, I2 menemukan ada 250 media online yang memberitakan FFI 2020, di antaranya Kompas, yang tercatat paling sering memberitakan FFI 2020, sebanyak 27 berita. Disusul Detik Hot 17 berita, Tribun News Medan, IDN Times, dan Antara masing-masing 14 berita. Kemudian Tempo.co, Sindo News, Republika masing-masing 12 berita,  lalu Media Indonesia 11 berita, dan Tribun News sebanyak 10 berita. 

Di nominasi Pemeran Utama Perempuan Terbaik dan Pemeran Utama Pria Terbaik FFI 2020, nama Tara Basro dan Reza Rahardian menjadi incaran media. Keduanya diberitakan media masing-masing sebanyak 3.500 berita dan 5.600 berita.

Loading...
Loading...