Saling Serang Antar Pendukung Donald Trump dan Joe Biden di Debat Capres AS

Debat perdana Pilpres Amerika Serikat 2020 yang berlangsung pada Selasa 29 September malam waktu setempat di Cleveland, Ohio, berlangsung panas. Penuh dengan interupsi. 

Debat antara Donald Trump dan Joe Biden itu berujung saling sindir antar pendukung di linimasa Twitter. Hal itu terpantau dalam riset yang dilakukan oleh Indonesia Indicator (I2) periode 27 September–3 Oktober 2020. 

Dalam riset tersebut, I2 menemukan setidaknya terdapat 1.073.938 cuitan warganet Twitter sepanjang rentang waktu tersebut. Emosi disgust (jengah) dominan mengisi perbincangan dengan 43.414 cuitan. 

Narasi netizen yang beremosi jengah berisi sindiran dan cacian antar pendukung Trump dan Biden, sementara lainnya menilai jalannya tersebut sungguh kacau, karena penuh dengan interupsi dan saling menyela pembicaraan lawan.

Emosi lain yang terpantau adalah trust (kepercayaan) sebesar 23.467 cuitan yang berisi dukungan dan kepercayaan dari masing-masing pendukung terhadap argumen dari calon Presiden AS yang didukungnya saat debat Pilpres AS. 

I2 juga mendeteksi emosi lainnya, yakni anger (marah) sebesar 23.097 cuitan, anticipation (antisipasi) sebanyak 22.791 cuitan, surprise (terkejut) 20.010 cuitan, fear (takut) 18.608 cuitan, joy (gembira) 9.322 cuitan, dan sadness (sedih) 1.285 cuitan).

Trump-Pence Lebih Banyak Dicuitkan

Berdasarkan penelusuran I2, warganet platform "Burung Biru" sudah "gaduh" pada dua hari sebelum pelaksanaan debat. Puncak perbincangan netizen terjadi di tanggal 30 September atau satu hari pascapelaksanaan debat di tanggal 29 September. 

Isu debat pilpres kembali meningkat di tanggal 2 Oktober, dikaitkan dengan kabar Trump dan istrinya Melania Trump yang positif Covid-19. Banyak netizen menilai Trump kena karmanya, karena kerap menghina lawannya Joe Biden yang sering menggunakan masker saat debat pilpres.

Kabar Trump terpapar Covid-19 ikut mendongkrak jumlah cuitan yang menyebutkan (mention) pasangan incumbent itu hingga mencapai 682.328 cuitan (52%). Jumlah tersebut unggul dari cuitan yang menyebutkan (mention) nama Joe Biden–Kamala Harris, yakni sebesar 643.131 cuitan (48%). 

Meski debat berlangsung sengit, namun kondisi menjadi sedikit lebih adem saat Biden mendoakan agar Trump dan istrinya lekas sembuh. 

"Jill and I send our thoughts to President Trump and First Lady Melania Trump for swift recovery. We will continue to pray for the health and safety of the president and his family," cuit Biden, 2 oktober 2020 lalu yang kemudian diserbu oleh ratusan ribu likes dari netizen.

 

Loading...
Loading...