Sukses Gelaran MotoGP Mandalika 2022

Gelaran MotoGP Mandalika menjadi perhatian publik tanah air. Balap motor kelas internasional tersebut digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok. Perbincangan mengenai MotoGP Mandalika pun ramai di media, tak terkecuali media sosial dan media online

Indonesia Indicator melakukan analisis pemberitaan terhadap gelaran ini dalam rentang 15-21 Maret 2022. Dalam rentang tersebut, setidaknya ada 23.939 berita di media online yang membahas MotoGP mulai dari persiapan, parade atau konvoi MotoGP, sesi kualifikasi, hingga sesi balapan (race) yang dimenangkan oleh pembalap KTM Red Bull Miguel Oliveira. 

Pemberitaan terbanyak terjadi pada 20 Maret 2022 dengan 6.514 berita. Tema paling dominan adalah Marc Marquez yang mengalami kecelakaan saat sesi pemanasan serta Miguel Oliveira menjadi pembalap pertama yang menjuarai MotoGP Mandalika.

Presiden Jokowi menjadi sosok yang paling banyak dimintai keterangan oleh media terkait ajang MotoGP Mandalika yakni sebanyak 4.759 pernyataan. Dalam satu keterangannya, Presiden Jokowi mengapresiasi penyelenggaraan Grand Prix of Indonesia yang disebutnya telah berjalan luar biasa. Ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Barat, terutama Lombok, yang telah mendukung penuh acara balap motor tersebut.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno juga banyak dikutip mencapai 3.949 pernyataan. Dalam salah satu pernyataannya, Sandiaga mengatakan gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP 2022 di Mandalika diperkirakan memberikan multiplier effect (multi efek) perputaran ekonomi di atas target Rp500 miliar.

Sementara, pembalap Repsol Honda, Marc Marquez menjadi figur yang paling banyak diberitakan media, yakni 6.214 berita. Marc pada akhirnya tidak bisa mengikuti balap MotoGP dikarenakan kecelakaan pada sesi warming up (pemanasan).

Sosok Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo cukup banyak menarik atensi media dengan pemberitaan mencapai 4.085 berita. Terutama terkait keberhasilannya meraih pole position. Di luar lintas balapan, Fabio juga ramai diberitakan ketika mentraktir es krim kepada sejumlah kru di Mandalika. Pembalap KTM Red Bull, Miguel Oliveira terekam diberitakan media Ketika menjadi orang pertama yang berhasil menjuarai MotoGP Mandalika. Perhatian media juga tersorot kepada Miguel yang mendedikasikan kemenangannya untuk Risman seorang pekerja hotel tempat dia menginap.

Total ada 1.318 portal media online yang memberitakan tentang penyelenggaran MotoGP Mandalika. Kompas.com menjadi yang paling sering memberitakan dengan 756 berita.

Pawang Hujan yang Menyita Perhatian

Bukan hanya di media online, media sosial juga kebanjiran kabar soal MotoGP Mandalika. Netizen antusias menyambut ajang balap MotoGP Mandalika. Hal ini terlihat dari besarnya unggahan netizen ketika memperbincangkan MotoGP di Mandalika tersebut. Total ada 691.096 unggahan dari 197.951 akun pada periode yang sama. 

Sosok pawang hujan bernama Rara Wulandari menjadi perhatian netizen. Netizen pun ramai mengomentari penggunaan pawang hujan di lintasan balap Mandalika. Terdapat netizen yang mendukung penggunaan pawan hujan karena sudah menjadi tradisi, dan tidak sedikit yang menolak penggunaan pawang hujan karena dinilai sebagai tindakan klenik dan musyrik. Perdebatan ini masih terus muncul meski event MotoGP Mandalika telah selesai digelar. Total ada 43.358 unggahan yang memperbincangkan pawang hujan.

Parade pembalap MotoGP di Jakarta juga banyak diperbincangkan netizen. Presiden Jokowi turut turun langsung melepas parade promoso MotoGP Mandalika 2022 tersebut. Pembalap KTM Redbull, Miguel Oliveira sukses menjadi pembalap pertama yang menjuarai seri MotoGP Mandalika. Raihan juara Miguel Oliveira ini cukup berkesan karena kemenangannya didedikasikan langung untuk Risman seorang staf hotel tempat Miguel Oliveira menginap.

Ruang perbincangan netizen terkait MotoGP Mandalika didominasi oleh emosi trust atau percaya sebanyak 33%. Perbincangan beremosi trust ini muncul dari apresiasi dan dukungan netizen terhadap penyelenggaraan MotoGP Mandalika. Emosi joy atau gembira juga banyak terekam dari unggahan netizen yang terhibur dan memuji pelaksanaan MotoGP Mandalika. Emosi anticipation atau antisipasi salah satunya diunggah oleh netizen yang berharap agar hujan petir di sirkuit Mandalika segera berhenti, sehingga balapan MotoGP dapat segera dimulai.

Dari sisi peminat, percakapan tentang ajang balap MotoGP menarik atensi netizen kelompok gender pria pada rentang umur milenial yakni 31-40 tahun, dan 22-30 tahun.

Akun Twitter MotoGP menjadi akun yang paling banyak di-mention netizen. Daftar akun yang paling banyak di-mention juga diisi akun pejabat negara seperti Erick Thohir dan Presiden Jokowi. Selain itu, akun pembalap MotoGP Marc Marquwz, Fabio Quartararo, dan Miguel Oliveira juga banyak dicolek netizen.

Sementara itu dari daftar akun yang paling banyak mendapat tanggapan (engagement) dari netizen, akun Instagram Menparekraf, Sandiaga Uno (@sandiuno) jawaranya. Salah satunya adalah unggahan Sandiaga yang mengapresiasi kinerja Karang Taruna Mandalika yang menjadi Marshal MotoGP.

Loading...
Loading...