Kaleidoskop Berita Online 2021: Figur Berpengaruh di Media

Banyak peristiwa dan figur yang menyedot perhatian media massa daring selama 2021. Dari sekian hal yang disorot melalui 28.779.574 berita selama periode 1 Januari–19 Desember 2021, Indonesia Indicator (I2) berhasil merangkum nama-nama Tokoh Paling Berpengaruh di Tanah Air.

Data tersebut kemudian dianalisis secara waktu nyata (real time) menggunakan sistem Intelligence Media Analytics (IMA) berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI). Hasil analisis tersebut mewakili data spontan (subsconscious data) atau bukan hasil survei yang bisa diarahkan dari seluruh media.

Figur-figur tersebut dijadikan rujukan media untuk memberikan komentar, keterangan, dan pernyataan terhadap berbagai isu yang ada di Indonesia. Tokoh Berpengaruh merupakan top influencer di media, dan 10 nama di antaranya merupakan figur internal Kabinet Indonesia Maju. Oleh karenanya, dapat dikatakan bahwa Tokoh Berpengaruh merupakan subjek dari satu berita.

Daftar Tokoh Berpengaruh di media masih didominasi oleh figur-figur Menteri Kabinet Indonesia Maju. 

Presiden Joko Widodo menjadi figur paling berpengaruh di media massa tahun 2021 (970.720 pernyataan). Sebagai Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan, Presiden Jokowi banyak mendapat ruang pemberitaan ketika menjelaskan kebijakan pemerintah pusat seperti kebijakan Vaksinasi COVID-19, Omnibus Law (Cipta Kerja), Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), pemulihan ekonomi, dan lain-lain. 

Di posisi kedua terdapat figur Kapolri Listyo Sigit Prabowo (443.666 pernyataan). Kapolri banyak dikutip media terkait mutasi perwira tinggi, penertiban protokol Kesehatan, vaksinasi COVID-19, PPKM, dan pengamanan Hari Raya Lebaran.

Tokoh berpengaruh lainnya adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto (309.659 pernyataan), Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (252.148 pernyataan), dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan (238.748 pernyataan).

I2 juga merangkum masing-masing 10 figur kepala daerah/wakilnya yang berpengaruh di media. Untuk gubernur, nama-nama yang muncul berkaitan dengan rencana atau wacana bertarung pada Pilpres 2024, seperti Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil, dan Khofifah Indar Parawansa.

Selain itu juga menyangkut kinerja atau responsnya atas suatu peristiwa yang terjadi di wilayahnya masing-masing. Seperti, upah minimum provinsi (UMP) 2022, penanganan COVID-19, kasus korupsi, infrastruktur, dan penanganan bencana.

Loading...
Loading...