Geliat Pembukaan Mal dan Tempat Wisata

Pelonggaran Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) menghidupkan kembali mal dan tempat wisata. Mal dibuka lagi, tempat wisata juga boleh didatangi lagi. Di media online, pembukaan mal dan tempat wisata itu cukup banyak dibahas. Riset Indonesia Indicator (I2) mencatat, total ada 27.581 berita media online dalam negeri mengenai pembukaan mal dan tempat wisata pada 1 September-15 Oktober 2021.

Media online mengangkat lima isu utama mengenai pembukaan mal dan tempat wisata pada periode tersebut. Pertama, penggunaan aplikasi PeduliLindungi. Isu itu ditulis sebanyak 7.251 berita (28%). Salah satunya tentang Pemerintah Provinsi Bali yang membidik 10 ribu tempat usaha agar menerapkan persyaratan aplikasi PeduliLindungi.

Kedua, vaksinasi bagi pelaku pariwisata, yang ditulis sebanyak 6.474 berita (25%). Ketiga, pengawasan protokol kesehatan (prokes) di tempat wisata dengan 6.377 berita (25%), antara lain mengenai janji pemerintah untuk mengawasi prokes dan melakukan evaluasi berkala terhadap pembukaan mal dan tempat wisata.

Isu keempat adalah anak di bawah 12 tahun yang diperbolehkan mengunjungi objek wisata. Isu ini ditulis sebanyak 4.097 berita (16%). Izin untuk anak di bawah 12 tahun itu disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, saat berkunjung ke beberapa objek wisata di DI Yogyakarta beberapa waktu lalu. Adapun isu kelima adalah pembukaan akses untuk turis asing yang ditulis dalam 1.710 berita (6%).

Sandiaga Uno menjadi figur yang pernyataannya paling banyak dikutip media online (top influencer) dalam isu pembukaan mal dan tempat wisata, yakni sebanyak 8.429 pernyataan. Selain mengenai syarat kunjungan ke objek wisata, media juga mengutip pernyataan Sandiaga soal upaya pemerintah menggeliatkan kembali sektor pariwisata, seperti mengundang sejumlah duta besar (dubes) Uni Eropa untuk membahas sinergi di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf).

Tokoh lain yang masuk dalam daftar top influencer adalah Menko Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, dengan 7.733 pernyataan. Media banyak mengutip pernyataan Luhut mengenai pembukaan akses tempat wisata untuk turis asing. Berikutnya ada Presiden Joko Widodo (2.595 pernyataan), Ketua DPR Puan Maharani (2.340 pernyataan), dan Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati (2.104 pernyataan).

Lima nama lain yang masuk jajaran top influencer adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (1.987 pernyataan), Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (1.562 pernyataan), Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (1.363 pernyataan), Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito (1.138 pernyataan), dan Gubernur Bali Wayan Koster (1.124 pernyataan).

Riset I2 juga mencatat, total ada 1.985 portal media online dalam negeri yang memberitakan pembukaan mal dan tempat wisata pada 1 September-15 Oktober 2021. Kompas.com paling banyak menulis isu ini (top media share), yakni sebanyak 802 berita. Lalu ada Detik.com (744 berita), Suara.com (567 berita), Antara (445 berita), dan Tribun Bali (387 berita). Melengkapi daftar 10 top media share, ada Tempo.co (369 berita), Republika (358 berita), Tribun News (311 berita), Okezone (298 berita), dan Medcom.id (293 berita). 

Pada periode riset yang sama, I2 juga memetakan sebaran ekspos pemberitaan mengenai pembukaan mal dan tempat wisata. Bali menjadi wilayah teratas dengan 7.190 berita, disusul DKI Jakarta (4.772 berita), Jawa Barat (2.100 berita), Jawa Timur (1.983 berita), dan Jawa Tengah (1.835 berita). Kemudian Papua (976 berita), Kepulauan Riau (706 berita), Sumatera Utara (600 berita), Banten (475 berita), dan Lampung (436 berita).

Sambutan Netizen

Tak hanya menjadi pembahasan media online, pembukaan mal dan tempat wisata juga banyak dibicarakan netizen di media sosial. Berdasarkan data agregat lima media sosial (Twitter, Instagram, Facebook, YouTube, dan TikTok), riset I2 mencatat total ada 22.316 unggahan mengenai pembukaan mal dan tempat wisata pada 1 September-15 Oktober 2021. Unggahan itu tercatat dibuat oleh 11.855 akun netizen dalam negeri.

Sebanyak 6.374 atau 52% unggahan netizen menunjukkan emosi anticipation (antisipasi). Salah satunya berasal dari unggahan berisi respons positif netizen terhadap rencana pembukaan sejumlah tempat wisata.

Emosi lain yang cukup banyak ditunjukkan netizen dalam isu ini adalah trust (percaya). Emosi yang terekam dalam 3.000 unggahan (24%) ini antara lain berasal dari sejumlah akun kepala daerah atau pemerintah daerah yang memberi informasi mengenai uji coba pembukaan sejumlah tempat wisata.

Hasil riset I2 juga mencatat sejumlah akun yang unggahannya tentang pembukaan mal dan tempat wisata mendapat banyak respons dari netizen lain (top engagement account). Akun Instagram @baimwong menduduki peringkat pertama daftar top engagement account lewat unggahannya tentang Goa Batu Cermin di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.  

“Tempat wisata yang belum dibuka.. Goa Batu Cermin.. Suatu kehormatan bisa datang sbg tamu pertama,” tulis @baimwong.

Unggahan akun Instagram Presiden Joko Widodo (@jokowi) juga banyak direspons netizen. Dalam unggahannya, ia menyebut kondisi Indonesia beranjak membaik setelah lebih dari setahun dilanda pandemi Covid-19. Presiden juga menyatakan PPKM di berbagai daerah sudah turun, serta pusat perbelanjaan, rumah ibadah, dan tempat wisata mulai dibuka.

 

 

Loading...
Loading...