Saat DKI Jakarta Menjadi Tuan Rumah Formula E 2022

Ajang balap Formula E Jakarta atau Jakarta E-Prix berhasil memecahkan rekor jumlah penonton terbesar dalam sejarah Formula E yang diselenggarakan di suatu negara. Balapan mobil listrik dunia seri Jakarta E-Prix yang digelar Sabtu (4/6/2022) tersebut telah disaksikan oleh 13,4 juta penonton di seluruh Indonesia. 

Gelaran Formula E tersebut memang menyita perhatian publik. Riset Indonesia Indicator (I2) mencatat jumlah pemberitaan terkait Perhelatan Formula E di Jakarta mencapai 29.038 berita dengan jumlah media online mencapai 1.159 media dalam periode 1 Januari hingga 8 Juni 2022. Eksposur pemberitaan mulai meningkat pada bulan April dan mencapai puncaknya saat memasuki bulan Juni dengan 9.044 berita. 

Nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi figur yang paling banyak diberitakan (9.504 berita), sekaligus banyak dikutip oleh media dengan jumlah pernyataan mencapai 14.207 pernyataan. Tokoh lain yang juga mendominasi pemberitaan di antaranya Presiden Joko Widodo (Jokowi), Ketua Pelaksana Jakarta E-Prix Ahmad Sahroni hingga Ketua Umum PSI Giring Ganesha.

Sementara, media mainstream tercatat mendominasi pemberitaan, seperti Kompas mencapai 841 berita dan Tribun News Jakarta mencapai 666 berita. 

Di media sosial, topik Formula E juga tak kalah ramai. Terdapat 327.351 unggahan dari 103.059 akun yang memperbincangkan terkait Formula E. Dari total tersebut, mayoritas berasal dari Twitter.

Nama Anies dan Jokowi juga banyak diperbincangkan oleh netizen di media sosial. Hal tersebut terlihat dari ekspos percakapan Anies Baswedan mencapai 69.720 unggahan, sedangkan Jokowi mencapai 38.250 unggahan. 

 

 

 


Trofi Real Madrid di Final Liga Champions

Gelaran Final Liga Champions 2021/2022 telah usai, dan memberi kemenangan bagi Real Madrid atas Liverpool dengan skor 1-0 di Stade de France, Saint-Denis, Perancis, pada Minggu (29/5).

Satu-satunya gol yang berhasil membawa Los Galacticos mengangkat trofi dalam final UEFA Champions League (UCL) 2021/2022 ini, berkat aksi Vinicius Junior yang mampu mencetak gol di menit ke-59. Pertandingan antara Real Madrid Vs The Reds tersebut menyita perhatian netizen Tanah Air. 

Riset Indonesia Indicator (I2) menunjukkan total perbincangan di media sosial mengenai pertandingan ini mencapai 37.763 unggahan dari 24.799 akun pada periode 27 Mei hingga 29 Mei 2022. Jumlah unggahan mencapai puncaknya pada tanggal 29 Mei dengan 24.104 unggahan. 

Sebagian besar netizen terpantau mencuitkan emosi trust atau percaya (37%). Emosi ini muncul dari perbincangan pendukung Real Madrid dan Liverpool. Kedua fans meyakini tim yang dibela akan menang dalam laga Final Liga Champions.

Selain itu, emosi joy atau senang juga muncul dalam perbincangan netizen pendukung Real Madrid yang bahagia menyaksikan tim dukungannya berhasil mengalahkan Liverpool dan menjadi juara Liga Champion musim 2021-2022.

Berdasarkan sebaran demografi, diketahui obrolan seputar pertandingan Final Liga Champions Eropa didominasi oleh kaum Adam atau pria dengan persentase 93%, dibandingkan dengan kaum perempuan yang sebesar 7%. Menariknya dari segi rentang umur, pertandingan ini banyak diperbincangkan oleh tiga kelompok umur. Yakni generasi junior milenial (22-30 tahun), senior milenial (31-30 tahun), dan generasi Z (18-21 tahun).

Kabar SEA Games 2021 dan Luapan Kekecewaan Netizen

Pesta olahraga Asia Tenggara atau SEA Games 2021 menjadi sorotan pemberitaan media daring nasional dan perbincangan di media sosial kurang lebih dalam dua pekan terakhir. Sepak bola menjadi cabang olah raga (cabor) yang paling menyita perhatian publik.  

Pesta Olahraga ini sebelumnya dijadwalkan pada 21 November 2021 hingga 2 Desember 2021 tahun lalu, namun ditunda dan digelar pada Mei 2022. Pandemi Covid-19 membuat pemerintah Vietnam beserta Komite Olimpiade Vietnam mengambil kebijakan menunda perhelatan itu.

Data Indonesia Indicator (I2), tercatat ada 10.689 berita mengenai SEA Games di media online dalam periode 4-12 Mei 2022. Adapun portal media online yang memberitakan tentang SEA Games Vietnam mencapai 767. Portal media online Bola.com menjadi yang paling sering memberitakan dengan 296 berita.

Pertandingan cabor sepak bola di fase grup SEA Games menjadi salah satu isu yang banyak diberitakan media mencapai 38%. Sorotan media banyak terfokus pada pertandingan Indonesia melawan Vietnam, dan Timor Leste. Selain itu, permasalahan di luar lapangan seperti klaim tempat latihan timnas Indonesia yang tidak layak juga mendapat atensi media.

Pelatih timnas sepak bola Indonesia, Shin Tae-Yong, menjadi figur yang paling banyak dimintai keterangannya oleh media sebanyak 5.719 pernyataan. Media mengutip pernyataan Shin Tae-Yong seputar persiapan timnas Indonesia menghadapi beberapa laga di kualifikasi grup sepak bola SEA Games 2021 Vietnam.

Kritik Netizen

Sementara itu, di jagat media sosial juga riuh oleh unggahan netizen Tanah Air. Tercatat terdapat 15.806 unggahan terkait SEA Games dalam periode yang sama. 

Ekspos perbincangan SEA Games mencapai peaknya di tanggal 6 Mei dengan 2.745 cuitan. Netizen banyak menyoroti kekalahan timnas sepak bola Indonesia melawan Vietnam, serta kondisi fasilitas latihan atlet Indonesia yang tidak layak di SEA Games Vietnam

I2 juga menemukan Twitter menjadi platform media sosial yang paling banyak digunakan netizen ketika memperbincangkan mengenai SEA Games di media sosial, dengan jumlah unggahan sebanyak 15.806 dan jumlah akun sebanyak 7.565. Selanjutnya Facebook sebanyak 4.529 (29%), Instagram sebanyak 671 (4%), Tiktok sebanyak 415 (2%) dan YouTube sebanyak 276 (2%).

Selain itu, emosi trust atau percaya mendominasi isi perbincangan netizen. Utamanya dikaitkan dukungan netizen kepada atlet Indonesia yang bertanding di SEA Games Vietnam.

Emosi anticipation atau antisipasi juga muncul dari netizen yang berharap atlet Indonesia mendapat hasil terbaik di SEA Games.

Sedangkan emosi disgust atau jengah salah satunya muncul terkait keluhan timnas sepak bola Indonesia yang mendapat tempat latihan tidak layak. Selain itu, emosi disgust juga muncul dari kritik netizen karena atlet senam ritmik Indonesia Sutjiati Narendra diputuskan tidak berangkat ke SEA Games.

Dari sisi audience, perbincangan SEA Games Vietnam menarik perhatian netizen pria dan kelompok milenial dengan rentang umur 22-30 tahun (34%), rentang umur 31-40 tahun (30%), rentang umur 18-21 (16%), rentang umur 41-55 (14%), rentang umur kurang dari 18 tahun (5%). Perbincangan SEA Games di media sosial didominasi pria dengan jumlah percakapan sebanyak 89% dan perempuan sebesar 11%.

 

 

 

Perempuan Berpengaruh di Media

Lesti Kejora dan Ria Ricis menjadi dua artis perempuan yang paling banyak diperbincangkan di Youtube dalam setahun terakhir. Hasil ini diketahui setelah Indonesia Indicator melakukan perhitungan selama periode April 2021-April 2022.

Riset mengulas mengenai tokoh perempuan berpengaruh yang dihitung dari formulasi reaksi total meliputi like, comment, share yang diterima oleh tokoh-tokoh perempuan pada unggahan netizen yang menyebut nama tokoh perempuan tersebut. Hasilnya, selebritas atau artis Indonesia menguasai daftar tokoh perempuan paling banyak diperbincangkan di media sosial Youtube.

Riset juga dilakukan di platform media sosial Instagram. Selain didominasi oleh selebritas, daftar tokoh perempuan yang paling banyak muncul dalam percakapan netizen Instagram juga diisi oleh atlet, seperti pemain bulu tangkis ganda putri Greysia Polii dan Apriyani Rahayu, masing-masing 8,3 juta dan 7,3 juta. Tokoh politik juga mengisi daftar ini, seperti Najwa Shihab dengan tingkat tanggapan netizen mencapai 5,01 juta. 

Perempuan Berpengaruh di Media Online

Di media online, figur pejabat pemerintah dan politisi tercatat paling banyak diberitakan dalam satu tahun terakhir. Posisi puncak diisi oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani dengan 82.971 berita. 

Putri bungsu dari mantan presiden Megawati Sukarnoputri tersebut juga banyak dikutip media mencapai 235.745 pernyataan dalam periode yang sama. Puan banyak dimintai pendapat dan keterangan oleh media menyikapi isu sosial politik yang sedang berkembang di tanah air. 

Sementara, nama-nama selebritas tanah air juga tercatat banyak diberitakan oleh media daring, seperti Lesti Kejora, Aurel Hermansyah, dan Nagita Slavina.

Ingar Bingar Festival Musik Coachella

Konser musik Coachella yang berlangsung di California, Amerika Serikat pada 15 April 2022, tak luput dari perhatian netizen. 

Riset Indonesia Indicator pada kurun waktu 15-19 April 2022 menunjukkan festival musik Coachella menjadi perbincangan hangat netizen sepanjang akhir pekan. Selain karena festival ini banyak ditonton oleh musikus dunia, kehadiran tiga selebritas asal Indonesia yang ikut tampil, yakni Rich Brian, NIKI Zefanya, dan Warren Hue juga menyita perhatian netizen tanah air. 

Dalam kurun waktu 15 – 19 April 2022 setidaknya ada 4.048 perbincangan netizen Indonesia yang membahas mengenai festival musik Coachella. Sebanyak 1.373 unggahan pada 17 April 2022 mengapresiasi penampilan NIKI, Rich Brian, dan Warren Hue.

Emosi trust banyak muncul dari unggahan netizen yakni 46% yang mengapresiasi tampilnya NIKI, Rich Brian, dan Warren Hue. Ketiganya menjadi solois pertama Indonesia yang tampil di festival musik Coachella. Namun sebelum mereka, Dougy Mandagi menjadi musikus pertama asal Indonesia yang pernah manggung bersama bandnya, The Temper Trap di Coachella pada 17 April 2010 silam. 

Emosi anger dan disgust muncul, salah satunya dari twitwar atas ketidaksukaan netizen karena adanya sindiran hingga bullying yang dilakukan sesama netizen dan diarahkan kepada sosok artis multitalenta Indonesia Agnez Monica karena dianggap belum bisa tampil di event sekelas Coachella. Emosi anger dan disgust juga muncul dari netizen fans pop Korea atau K-Pop asal Indonesia yang menyoroti aksi T.O.P, salah satu member BIGBANG karena mencoret nama girl group BLACKPINK dalam unggahannya tentang 2NE1 yang tampil di Coachella 2022.

Sementara itu, kehadiran Najwa Shihab di Festival Musik Coachella juga menarik atensi netizen. Hal ini terekam dari banyaknya frasa Mata Najwa yang muncul dalam perbincangan netizen.

Akun Twitter @MataNajwa banyak di-mention netizen ketika akun tersebut mengunggah momen-momen Najwa Shihab menemui NIKI Zefanya usai tampil di panggung Coachella. Sebanyak 245 mention mengarah pada akun ini. Sementara akun media @kompascom dan @detikcom menjadi akun media yang paling banyak mengunggah artikel tentang festival musik Coachella di media sosial. Keduanya mengunggah 36 artikel.

Vonis Mati Herry Wirawan Pencabul 13 Santri

Atensi publik beberapa hari terakhir disibukkan oleh berita mengenai vonis mati Herry Wirawan, pelaku pemerkosa 13 santriwati di Bandung. Hakim Pengadilan Tinggi Bandung memutuskan Herry akan dijatuhi hukuman mati. Putusan ini membatalkan putusan sebelumnya oleh Pengadilan Negeri Bandung yang hanya membebani Herry hukuman seumur hidup.

Vonis hukuman mati menarik perhatian publik. Data Indonesia Indicator (I2) periode 4-5 April 2022 menunjukkan ada 1.048 berita yang membahas vonis mati Herry Wirawan di media online. Berita paling banyak diunggah pada 4 April 2022 dengan total 561 berita, sebagian besar membahas Hakim Pengadilan Tinggi Bandung mengabulkan banding Jaksa Penuntut Umum dan memvonis Herry Wirawan  dengan hukuman mati.

Total ada 381 portal media online yang memberitakan tentang vonis hukuman mati kepada Herry Wirawan. Tribun News menjadi yang paling sering memberitakan dengan 33 berita.

Vonis hukuman mati juga menuai respons dari pejabat publik. Gubernur Jabar, Ridwan Kamil misalnya menyebut vonis mati Herry Wirawan telah memenuhi rasa keadilan masyarakat. Sedangkan pandangan yang berbeda dilontarkan Ketua Komnas Hak Asasi Manusia (HAM) Ahmad Taufan Damanik yang tidak setuju dengan hukuman mati. Dia menilai hukuman mati tak akan memberikan efek jera terhadap pelaku tindak pidana.

Hakim Pengadilan Tinggi Bandung, Herri Swantoro menjadi tokoh yang paling banyak melontarkan pernyataan dalam pemberitaan dengan total 1.028 pernyataan dalam kurun 4-5 April 2022. Vonis hukuman mati Herry Wirawan banyak menuai komentar dari sejumlah pihak. Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, Pakar Hukum Pidana Hibnu Nugroho, hingga Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Muhaimin Iskandar merupakan jajaran tokoh yang mendukung hukuman mati, dan meminta semua pihak menghormati putusan hakim.

Sedangkan Peneliti ICJR, Maidina Rahmawati dan Ketua Komnas HAM, Ahmad Taufan Damanik merupakan tokoh yang menolak dan mengkritisi vonis hukuman mati. Maidina menyebut penjatuhan hukuman mati Herry Wirawan menunjukkan fokus negara yang justru kepada pembalasan terhadap pelaku, alih-alih membantu proses pemulihan korban.

Pandangan menarik disampaikan Komisioner Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI), Retno Listyarti. Retno tidak memfokuskan pandangannya pada vonis hukuman mati, melainkan kepada pemenuhan hak korban. Menurut Retno denda (restitusi) sebesar Rp300 juta yang dijatuhkan Pengadilan Tinggi Bandung masih kecil dan tidak cukup untuk memenuhi hak 13 santriwati yang menjadi korban.

Respons beragam soal hukuman mati Herry Wirawan juga datang dari media sosial. Dalam rentang waktu dua hari, 3.261 unggahan dari 2.882 akun membicarakan Herry Wirawan.

Netizen merespons positif putusan Hakim Pengadilan Tinggi Bandung yang mengabulkan banding Jaksa Penuntut Umum terkait vonis hukuman mati kepada Herry Wirawan, pelaku pemerkosaan 13 santriwati di Bandung. Menariknya vonis hukuman mati Herry Wirawan juga menarik atensi media dan netizen luar negeri. Umumnya netizen mengapresiasi adanya keadilan hukum atas hukuman mati yang diberikan kepada Herry Wirawan. Sedangkan penolakan atas vonis hukuman mati muncul kelompok LSM dan Lembaga HAM seperti Komnas HAM, LBH Masyarakat, hingga Institute for Criminal Justice Reform.

Emosi anger atau kemarahan banyak muncul dalam perbincangan netizen dikaitkan dengan netizen yang mengutuk aksi Herry Wirawan memperkosa 13 santriwati dan menyebut vonis hukuman mati merupakan balasan yang setimpal dari aksi Herry Wirawan. Emosi ini terekam dalam 45% percakapan netizen. Emosi trust atau percaya terekam dalam perbincangan atau komentar netizen yang mengapresiasi keputusan hakim memvonis mati Herry Wirawan, yakni sebanyak 12%.

Viral Will Smith Tampar Chris Rock di Panggung Oscar

Panggung Oscar 2022 yang digelar di Dolby Theatre, Los Angeles, Minggu (27/3) sempat dihebohkan dengan insiden aktor Will Smith yang menampar komedian Chris Rock. Aksi Will Smith menampar Chris Rock terjadi usai sang komedian membuat lelucon tentang kepala botak istrinya, Jada Pinkett Smith. Dia diketahui menderita alopecia, suatu kondisi yang menyebabkan kerontokan rambut.

Aksi Will Smith ini ramai diperbincangkan netizen. Riset Indonesia Indicator selama periode 27-30 Maret 2022 menunjukkan total ada 223.722 unggahan percakapan netizen yang berisi kecaman dan dukungan terhadap Will Smith.  Unggahan terbanyak terjadi pada 28 Maret 2022 dengan total 118.320 unggahan yang mengomentari aksi Will Smith menampar Chris Rock.

Di Twitter, emosi trust atau percaya tercatat banyak muncul dalam perbincangan netizen. Total 53% emosi ini digunakan oleh warganet. Emosi ini terekam dari reaksi ekstrem netizen mengecam dan mendukung aksi Will Smith menampar Chris Rock. Rasionalisasi pihak pendukung Will Smith menilai lelucon dari Chris Rock sudah melewati batas karena menyinggung fisik seseorang yang tengah sakit. Will Smith dianggap sudah benar membela kehormatan sang istri.

Sedangkan pihak yang mengecam menilai Will Smith bertindak tidak profesional, brutal, dan mempermalukan diri sendiri serta penyelenggara Oscar dengan aksi kekerasan yang dilakukannya kepada Chris Rock.

Emosi lain, disgust atau jengah salah satunya muncul dari desakan netizen agar pihak Academy Awards mencabut dan membatalkan piala Oscar yang diberikan kepada Will Smith sebagai pemenang Aktor Pria Terbaik. Dalam jagat kata netizen, nama Will Smith, dan Chris Rock jadi perbincangan utama netizen. Selain itu, frasa tamparan Will Smith, penyakit autoimun istrinya, juga banyak dibahas netizen.

Dari sisi audiens, perbincangan mengenai insiden penamparan Will Smith menarik atensi netizen kelompok gender pria di kelompok milenial (22-30 tahun) sebanyak 31% dan kelompok Generasi Z (18-21 tahun) sebanyak 30%.

Sistem Intelligence Socio Analytics memetakan macam-macam karakterstik dari kepribadian netizen yang memperbincangkan insiden penamparan Chris Rock. Diketahui karakter The Hero, The Rebel dan The Ruler menjadi tiga karakteristik yang paling dominan muncul.

The Hero merupakan orang yang memiliki jiwa yang sangat pemberani. Ia selalu ingin membuktikan nilainya melalui tindakan yang sangat berani. Keberaniannya ditunjukkan dengan tidak ragu pasang badan dan membela orang yang dizalimi. The Rebel merupakan orang yang suka melakukan hal berbeda, ketika melihat sesuatu yang tidak baik dia cenderung akan mengubahnya. Tidak ada rule atau aturan yang dapat menghalanginya. Sementara itu, The Ruler merupakan orang yang menginginkan keteraturan, kepastian hukum, dan stabilitas.

Sukses Gelaran MotoGP Mandalika 2022

Gelaran MotoGP Mandalika menjadi perhatian publik tanah air. Balap motor kelas internasional tersebut digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok. Perbincangan mengenai MotoGP Mandalika pun ramai di media, tak terkecuali media sosial dan media online

Indonesia Indicator melakukan analisis pemberitaan terhadap gelaran ini dalam rentang 15-21 Maret 2022. Dalam rentang tersebut, setidaknya ada 23.939 berita di media online yang membahas MotoGP mulai dari persiapan, parade atau konvoi MotoGP, sesi kualifikasi, hingga sesi balapan (race) yang dimenangkan oleh pembalap KTM Red Bull Miguel Oliveira. 

Pemberitaan terbanyak terjadi pada 20 Maret 2022 dengan 6.514 berita. Tema paling dominan adalah Marc Marquez yang mengalami kecelakaan saat sesi pemanasan serta Miguel Oliveira menjadi pembalap pertama yang menjuarai MotoGP Mandalika.

Presiden Jokowi menjadi sosok yang paling banyak dimintai keterangan oleh media terkait ajang MotoGP Mandalika yakni sebanyak 4.759 pernyataan. Dalam satu keterangannya, Presiden Jokowi mengapresiasi penyelenggaraan Grand Prix of Indonesia yang disebutnya telah berjalan luar biasa. Ia mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Barat, terutama Lombok, yang telah mendukung penuh acara balap motor tersebut.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno juga banyak dikutip mencapai 3.949 pernyataan. Dalam salah satu pernyataannya, Sandiaga mengatakan gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia atau MotoGP 2022 di Mandalika diperkirakan memberikan multiplier effect (multi efek) perputaran ekonomi di atas target Rp500 miliar.

Sementara, pembalap Repsol Honda, Marc Marquez menjadi figur yang paling banyak diberitakan media, yakni 6.214 berita. Marc pada akhirnya tidak bisa mengikuti balap MotoGP dikarenakan kecelakaan pada sesi warming up (pemanasan).

Sosok Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo cukup banyak menarik atensi media dengan pemberitaan mencapai 4.085 berita. Terutama terkait keberhasilannya meraih pole position. Di luar lintas balapan, Fabio juga ramai diberitakan ketika mentraktir es krim kepada sejumlah kru di Mandalika. Pembalap KTM Red Bull, Miguel Oliveira terekam diberitakan media Ketika menjadi orang pertama yang berhasil menjuarai MotoGP Mandalika. Perhatian media juga tersorot kepada Miguel yang mendedikasikan kemenangannya untuk Risman seorang pekerja hotel tempat dia menginap.

Total ada 1.318 portal media online yang memberitakan tentang penyelenggaran MotoGP Mandalika. Kompas.com menjadi yang paling sering memberitakan dengan 756 berita.

Pawang Hujan yang Menyita Perhatian

Bukan hanya di media online, media sosial juga kebanjiran kabar soal MotoGP Mandalika. Netizen antusias menyambut ajang balap MotoGP Mandalika. Hal ini terlihat dari besarnya unggahan netizen ketika memperbincangkan MotoGP di Mandalika tersebut. Total ada 691.096 unggahan dari 197.951 akun pada periode yang sama. 

Sosok pawang hujan bernama Rara Wulandari menjadi perhatian netizen. Netizen pun ramai mengomentari penggunaan pawang hujan di lintasan balap Mandalika. Terdapat netizen yang mendukung penggunaan pawan hujan karena sudah menjadi tradisi, dan tidak sedikit yang menolak penggunaan pawang hujan karena dinilai sebagai tindakan klenik dan musyrik. Perdebatan ini masih terus muncul meski event MotoGP Mandalika telah selesai digelar. Total ada 43.358 unggahan yang memperbincangkan pawang hujan.

Parade pembalap MotoGP di Jakarta juga banyak diperbincangkan netizen. Presiden Jokowi turut turun langsung melepas parade promoso MotoGP Mandalika 2022 tersebut. Pembalap KTM Redbull, Miguel Oliveira sukses menjadi pembalap pertama yang menjuarai seri MotoGP Mandalika. Raihan juara Miguel Oliveira ini cukup berkesan karena kemenangannya didedikasikan langung untuk Risman seorang staf hotel tempat Miguel Oliveira menginap.

Ruang perbincangan netizen terkait MotoGP Mandalika didominasi oleh emosi trust atau percaya sebanyak 33%. Perbincangan beremosi trust ini muncul dari apresiasi dan dukungan netizen terhadap penyelenggaraan MotoGP Mandalika. Emosi joy atau gembira juga banyak terekam dari unggahan netizen yang terhibur dan memuji pelaksanaan MotoGP Mandalika. Emosi anticipation atau antisipasi salah satunya diunggah oleh netizen yang berharap agar hujan petir di sirkuit Mandalika segera berhenti, sehingga balapan MotoGP dapat segera dimulai.

Dari sisi peminat, percakapan tentang ajang balap MotoGP menarik atensi netizen kelompok gender pria pada rentang umur milenial yakni 31-40 tahun, dan 22-30 tahun.

Akun Twitter MotoGP menjadi akun yang paling banyak di-mention netizen. Daftar akun yang paling banyak di-mention juga diisi akun pejabat negara seperti Erick Thohir dan Presiden Jokowi. Selain itu, akun pembalap MotoGP Marc Marquwz, Fabio Quartararo, dan Miguel Oliveira juga banyak dicolek netizen.

Sementara itu dari daftar akun yang paling banyak mendapat tanggapan (engagement) dari netizen, akun Instagram Menparekraf, Sandiaga Uno (@sandiuno) jawaranya. Salah satunya adalah unggahan Sandiaga yang mengapresiasi kinerja Karang Taruna Mandalika yang menjadi Marshal MotoGP.

Geger Influencer Indra Kenz dan Doni Salmanan Terjerat Investasi Bodong

Kasus investasi bodong lewat sistem binary option dalam aplikasi Binomo dan Quotex belakangan marak diberitakan. Termasuk keterlibatan dua influencer Indra Kenz dan Doni Salmanan. Indonesia Indicator menyoroti pergerakan pemberitaan mengenai kasus ini sepanjang 1-19 Maret 2022.

Hasilnya, terdapat 8.115 berita yang membahas kasus investasi bodong tersebut. Berita-berita tersebut paling banyak muncul pada 18 Maret 2022 berjumlah 905 berita yang bertepatan dengan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) periksa aliran dana Binomo serta Bareskrim Polri memeriksa Rudy Salim sebagai saksi kasus Binomo Indra Kenz. Media banyak mengulas tentang pemeriksaan aliran dana kasus binary option, penetapan tersangka Doni Salmanan, pemeriksaan para saksi hingga pernyataan aset yang dilakukan Bareskrim Polri kepada Indra Kenz dan Doni Salmanan. 

Sebanyak 43% isu yang beredar menyoroti penyitaan aset Doni Salmanan dan Indra Kenz sekaligus menjadi topik pemberitaan yang paling banyak diberitakan media. Bareskrim Polri tercatat telah menyita aset Doni Salmanan senilai Rp64 miliar. Selain itu polisi juga menyita aset affiliator Binomo Indra Kenz senilai Rp57,2 miliar. Media turut menyoroti kerugian yang dialami korban penipuan investasi melalui skema binary option Binomo yang dipopulerkan Indra Kenz. Dari hasil penghitungan sementara Bareskrim Polri nilainya mencapai Rp25,6 miliar.

Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Tipideksus) Bareskrim Polri, Brigjen Whisnu Hermawan menjadi figur yang paling banyak dimintai keterangan terkait perkembangan kasus binary option yang melibatkan Indra Kenz dan Doni Salmanan sebanyak 11.014 pernyataan. Dari sepuluh figur top influencer di media, sebanyak 7 figur merupakan tokoh internal Polri.

Usut Tuntas

Pembahasan mengenai kasus investasi bodong ini juga tak kalah ramai di media sosial. Terlebih Ketika Indra Kenz dan Doni Salmanan ditetapkan menjadi tersangka. Dalam kurun waktu 1-19 Maret 2022 terdapat 10.189 unggahan dari 5.057 akun di media sosial.

Di Twitter, emosi anticipation terekam dalam perbincangan netizen yakni 25%, khususnya terkait upaya pihak aparat penegak hukum dalam mengusut kasus investasi bodong binary option. Netizen pun meminta Polri agar mengusut tuntas kasus penipuan berkedok trading tersebut.

Emosi disgust atau jengah, muncul dari unggahan netizen terkait fakta temuan PPATK yang menyebut uang ratusan miliar hasil trading Binomo mengalir ke situs judi di Rusia. Dalam jagat kata netizen, sosok Indra Kenz menjadi yang paling banyak diperbincangkan. Selain terkait penetapan tersangka, netizen juga memperbincangkan sejumlah penyitaan aset Indra Kenz. Dari sisi audience, percakapan mengenai kasus penipuan binary option menarik atensi netizen kelompok gender pria pada rentang umur 31-40 tahun, dan 22-30 tahun.

Pertandingan Pingpong Abdel vs Desta yang Menyita Perhatian Publik

Artis Abdel Achrian bertanding tenis melawan Deddy Mahendra Desta Minggu (6/2) lalu. Pertandingan keduanya disiarkan langsung lewat saluran Youtube Vindes. Pertandingan di Senayan itu menarik perhatian publik karena diwarnai gimmick atau gerak-gerik tipu daya untuk mengelabui lawan.

Gimmick yang dilakukan antara lain meminta dukungan selebritas lain, kepala daerah, hingga pemuka agama kepada Desta dan Abdel jelang pertandingan. Menariknya usai pertandingan yang dimenangkan telak oleh Abdel itu, Abdel dan Desta sepakat agar induk organisasi tenis meja PTMSI menyudahi konflik dualisme dan segera kembali membumikan olahraga tenis meja di masyarakat.

Riset Indonesia Indicator menganalisis pemberitaan mengenai turnamen ini di media online dan media sosial. Di media online dalam kurun waktu 1 Januari – 8 Februari 2022 terdapat 123 berita dari 62 media online yang membahas mengenai pertandingan pingpong Abdel dan Desta. Portal media Suara.com menjadi yang paling sering memberitakan dengan 8 artikel berita.

Desta menjadi figur yang paling banyak berbicara di media seputar pertandingan tenis mejanya melawan Abdel yakni dengan 52 pernyataan. Sedangkan Abdel menjadi figur yang paling sering disebutkan dalam konten berita terkait pertandingan keduanya yakni dengan 80 berita.

Nama artis Dian Sastrowardoyo; Wulan Guritno; dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo muncul di media terkait video mereka yang mendukung Desta melawan Abdel. Sedangkan sosok Ustazah Mamah Dedeh menjadi figur utama pendukung Abdel.

Vincent Rompies menjadi komentator dalam pertandingan tersebut.  Sedangkan Putri dari Desta, Megumi Arrawda Sachi muncul dari pemberitaan media terkait kesedihan dirinya ketika melihat sang Ayah Desta kalah dari Abdel.

Tren di media sosial tidak jauh berbeda. Berdasarkan data agregat media sosial, percakapan netizen mengenai pertandingan tenis meja Abdel vs Desta tercatat 6.038 unggahan dari 5.105 akun media sosial sepanjang periode 1 Januari – 8 Februari 2022. Sebanyak 1.572 unggahan terjadi di Januari, sisanya 4.466 unggahan dilakukan Februari.  

Perbincangan tentang pertandingan Abdel dan Desta dimulai dari cuitan akun Twitter Desta pada 3 Januari 2021, yang menantang Abdel untuk bertanding tenis meja. Tantangan ini disambut oleh akun Twitter @Abdelachrian. Perbincangan terus mencapai puncaknya pada bulan Februari seiring dengan hari H pertandingan pada 6 Februari 2022. 

Di Twitter, emosi trust (percaya) mendominasi 83% unggahan netizen ketika membicarakan pertandingan pingpong Abdel dan Desta. Narasi trust ini muncul dari dukungan netizen baik itu ke Abdel maupun Desta. Emosi trust juga muncul dari unggahan suportif Desta yang mengakui kemenangan Abdel pascapertandingan.

Sedangkan emosi disgust (jengah) yang meraih dominasi terkecil hanya 3%, salah satunya berhubungan dengan komentar kritis netizen yang menyoroti dualisme kinerja induk organisasi olahraga tenis meja PTMSI sehingga para atlet tenis meja tidak bisa bertanding.

Secara sebaran tagar, tagar pendukung Desta #NgapainKaburLawanSiTakabur menjadi yang paling dominan dengan 860 cuitan. Netizen banyak membagikan video yang berisi dukungan Dian Sastrowardoyo, Reisha, dan Wulan Guritno. Dalam sebaran frasa yang banyak muncul dalam perbincangan netizen ada frasa “congratz cing”, “Pengurus” dan “Menyita Perhatian”. Menggambarkan meski pertandingan ini merupakan pertandingan amatir, namun jika dikemas secara profesional sehingga menyita perhatian publik.

Sementara itu, akun Twitter @Abdelachrian menjadi yang terbanyak di-mention netizen dengan 3.988 mention ketika memperbincangkan pertandingan pingpong. Unggahan berisi dukungan dan ucapan selamat atas kemenangannya melawan Desta. Sebaliknya, akun Instagram dan Twitter @Desta80s paling banyak mendapat tanggapan netizen dengan 61.700 engagement, salah satunya ketika Desta memberikan ucapan selamat kepada Abdel atas kemenangannya.

BMKG dan Demam Drakor Forecasting Love and Weather

BMKG atau Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika tiba-tiba menjadi trending topic di Twitter pada 13 Februari 2022 lalu. Serial drama Korea Forecasting Love and Weather yang viral menjadi pangkal ramainya pembicaraan publik terkait BMKG.   

Drama yang ditayangkan di platform streaming Netflix tersebut berkisah tentang kehidupan asmara orang-orang yang bekerja di Badan Meteorologi Korea, sebuah institusi nasional yang bertugas memprakirakan cuaca. Tokoh utama Jin Ha Kyung melakukan berbagai cara agar kehidupan profesional dan asmaranya tidak bercampur aduk. Tokoh lainnya adalah Lee Si Woo yang berjiwa bebas dan tidak mau terikat pada aturan. Kisah dalam drama ini bermula ketika keduanya bertemu.

Riset Indonesia Indicator (I2) menunjukkan drama tersebut ramai dibicarakan pengguna Twitter dengan jumlah unggahan mencapai 7.873 dan dicuitkan oleh 7.486 akun sepanjang periode 12-18 Februari 2022. Percakapan terbanyak terjadi pada 13 Februari dan 14 Februari 2022 masing-masing dengan 3.194 unggahan dan 3.937 unggahan.

Lalu apa hubungannya dengan BMKG?

BMKG sempat menjadi trending topic di Twitter pada 13 Februari 2022, karena disinggung dan dikaitkan netizen dengan drama Korea tersebut. Drama ini disebut netizen sebagai drama tentang petugas BMKG yang dibumbui kisah romansa. 

Emosi surprise (terkejut) di Twitter mendominasi mencapai total 84%. Salah satunya muncul dari cuitan akun resmi BMKG (@infoBMKG) yang merasa kaget karena BMKG menjadi trending topic karena ramainya perbincangan netizen yang membahas drama Forecasting Love and Weather.

Emosi joy (senang) sebanyak 13% terpantau banyak muncul dari netizen yang menyukai akting dari aktor Forecasting Love and Weather yakni Song Kang dan Park Min Young. 

Akun Twitter @InfoBMK menjadi akun yang paling banyak di-retweet netizen Twitter karena mengomentari drama Forecasting Love and Weather. Total ada 6.039 cuitan yang menunjuk pada akun ini.

PPKM Kembali Ketat, Bagaimana Media dan Netizen Merespons?

Pemerintah kembali "menarik rem" menyusul melonjaknya kasus terkonfirmasi Covid-19, terutama varian Omicron, pada awal Februari 2022. Ini ditandai dengan penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) level 3.

Pengetatan kebijakan diarahkan ke sejumlah daerah yang kasus positifnya meningkat. Yakni, Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek); Bandung Raya; Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY); dan Bali.

Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi (Menko Marves), Luhut Binsar Pandjaitan, menyatakan, kebijakan ini diambil dengan merujuk penilaian yang disesuaikan, salah satunya cakupan kapasitas rawat inap.

"Selain itu juga berdasarkan analisis perkembangan di seluruh negara sehingga menjadi penanganan pemerintah terhadap Omicron secara holistik," ujar Luhut, 7 Februari lalu.

Kebijakan tersebut diberlakukan selama sepekan, 8-14 Februari 2022. Keputusan tersebut lantas diperpanjang hingga 28 Februari mendatang karena kasus Covid-19 belum jua mereda. 

Langkah ini pun menjadi atensi media massa daring (online). Berdasarkan data Indonesia Indicator pada periode 1-16 Februari 2022, sebanyak 1.119 media mempublikasikan 8.226 berita tentang PPKM level 3.

Frekuensi pemberitaannya selalu ramai saat pengumuman dan sehari setelahnya. Berdasarkan data, pemberitaan memuncak terjadi pada empat waktu, yakni 7 Februari (1.100 berita), 8 Februari (1.354 berita), 15 Februari (1.223 berita), dan 16 Februari (878 berita).

Kompas.com menjadi media yang paling sering mengangkat berita tentang PPKM level 3 pada periode tersebut dengan 281 berita. Sementara, beberapa pejabat publik di pusat ataupun daerah menjadi sumber utama bagi media dalam menuliskan berita (top influencer) tentang kebijakan PPKM level 3. Menko Luhut berada di posisi teratas dengan 4.409 pernyataan. 

Keterangan Luhut paling banyak dikutip media karena dia adalah representasi pemerintah pusat yang rutin mengumumkan tentang kebijakan pemerintah dalam penanganan Covid-19.

Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, berada di urutan kedua dengan 1.954 pernyataan. Berikutnya, Dirjen Bina Adwil Kemendagri, Safrizal ZA (872 pernyataan); dan Wali Kota Surabaya, Eri Cahyadi (826 pernyataan).

Pro-Kontra di Media Sosial

Langkah pemerintah memberlakukan PPKM level 3 juga disorot netizen. Ini terlihat dari tingginya percakapan di berbagai media sosial (medsos).

Berdasarkan pantauan I2 dalam periode sama, terdapat 79.180 kiriman (unggahan) dari 41.219 akun tentang PPKM level 3. Sebesar 66% di antaranya di Twitter, lalu Instagram 14%, Facebook 13%, TikTok 6%, dan 1% sisanya di YouTube.

Tren pergerakan percakapan netizen tentang PPKM level 3 berbeda dengan portal online. Di media sosial, netizen setiap harinya rutin membicarakan PPKM, sedikitnya 2.500-an percakapan per hari.

Namun, waktu puncak perbincangannya serupa dengan media online, terjadi pada 8 Februari atau hari pertama pelaksanaan PPKM level 3 dengan 12.348 percakapan. Pada 9-10 Februari, netizen masih intens membahasnya dengan total percakapan masing-masing 10.841 percakapan dan 8.070 percakapan.

Netizen se-Jawa dan Bali, terutama wilayah pelaksanaan PPKM level 3, merupakan yang paling banyak membahas isu ini. Perinciannya, Jawa Barat (1.248 percakapan), Jawa Timur (1.160 percakapan), DKI Jakarta (989 percakapan), dan Jawa Tengah (950 percakapan).

Sekalipun pemerintah memperketat aturannya, sebagian besar netizen mendukungnya. Jumlahnya mencapai lebih dari 60% dari total percakapan. Hal ini  ditandai dengan emosi anticipation (antisipasi) dan trust (percaya).

Emosi anticipation (39%) terpantau muncul dalam unggahan lembaga atau tokoh publik yang mengajak netizen kembali disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) saat PPKM level 3. Sedangkan emosi trust (21%) muncul melalui akun yang membahas penerapan PPKM di sejumlah daerah.

Adapun yang kontra, seperti emosi disgust (jengah) sebesar 12%, muncul karena mempersoalkan penutupan tempat ibadah saat PPKM level 3 diterapkan. Adapun emosi netizen lain saat membicarakan kebijakan ini adalah surprise (terkejut) sebesar 10%, anger (marah) sebesar 8%, joy (senang) sebesar 5%, sadness (sedih) sebesar 3%, dan fear (takut) sebesar 2%.

Tes Pramusim MotoGP Mandalika yang Mencuri Perhatian

Tahun ini perhelatan MotoGP bakal dilakukan di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB). Pemberitaan mengenai tes pramusim yang digelar 11-13 Februari pun mulai mencuri perhatian media dan pengguna internet. Total ada 880 portal media online yang memberitakan tentang penyelenggaran tes pramusim MotoGP Mandalika. Kompas.com menjadi yang paling banyak memberitakan dengan 284 berita.

Hal tersebut terungkap dalam riset Indonesia Indicator (I2) pada periode 1-13 Februari 2022. Riset I2 mencatat terdapat 8.757 berita mengenai tes pramusim MotoGP Mandalika. Pergerakan berita terbanyak terjadi pada 11 Februari 2022 dengan 1.904 berita, membahas pembalap MotoGP yang memulai tes pramusim hari pertama di sirkuit Mandalika. 

Media banyak menyoroti terkait isu dinamika tes pramusim MotoGP dengan 3.895 berita selama periode amatan. Isu ini diambil dari sudut yang cukup beragam mulai dari persiapan logistik para pembalap dan tim pabrikan, hingga rangkaian hasil tes pramusim selama tiga hari. Pemprov NTB menyebut penyelenggaraan tes pramusim MotoGP 11-13 Februari 2022 merupakan sebuah keberkahan bagi provinsi untuk mempromosikan potensi pariwisatanya. Banyak pembalap mempromosikan keindahan pariwisata NTB.

Penyelenggaraan tes pramusim MotoGP tidak terlepas dari isu negatif. Salah satu yang menjadi sorotan pembalap internasional ini adalah kondisi lintasan yang dinilai kotor, berdebu, dan berkerikil sehingga cukup membahayakan bagi para pembalap. Sejumlah perbaikan juga terus dilakukan untuk menjamin keselamatan para pembalap kelak.

Media juga memberitakan terkait aktivitas para pembalap MotoGP di Sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika yang diklaim tetap mengikuti koridor gelembung perjalanan atau travel bubble. Sementara, meski porsi pemberitaannya tak besar, namun kasus keracunan makanan salah satu pembalap Tim Suzuki Ecstar, yakni Joan Mir turut menyita perhatian media. Media mengutip pernyataan tim medis yang menangani khusus Mir.

Kapolri Banyak Dikutip Media

Sementara itu, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo menjadi top influencer dalam pemberitaan dengan 3.641 pernyataan. Kapolri banyak dimintai keterangannya saat mengecek langsung ke lapangan mengenai pelaksanaan keamanan serta kedisiplinan protokol kesehatan di area Sirkuit Mandalika.

Selain Kapolri, media juga banyak mengutip pernyataan pembalap MotoGP, Marc Marquez yang dimintai pendapatnya setelah menjajal sirkuit Mandalika dengan 1.853 pernyataan. Marquez menyukai sektor pertama dan keempat sirkuit karena menurutnya cocok untuk melaju kencang dan pemandangannya sangat indah. 

Marquez yang tergabung dalam tim Repsol Honda juga menjadi tokoh terpopuler dalam pemberitaan media terkait gelaran tes pramusim MotoGP Mandalika dengan 2.235 berita. Media banyak memberitakan soal persiapan hingga kesan dan pesannya terkait sirkuit Mandalika.

Pembalap lainnya dari Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, memberikan kesannya setelah tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika hari pertama, Jumat 11 Februari 2022. Dalam keterangan di laman resmi Yamaha, Fabio Quartararo menyebut kondisi Sirkuit Mandalika seperti lintasan motocross. Sebab, lintasan kotor akibat hujan yang mengguyur Sirkuit Mandalika semalaman.

Sedangkan pembalap Repsol Honda, Pol Espargaro banyak menyita perhatian media karena berhasil menorehkan catatan waktu tercepat di hari terakhir pramusim MotoGP di Sirkuit Pertamina Mandalika, Minggu (13/2). Dalam sesi yang dihelat di Sirkuit Pertamina Mandalika tersebut, Espargaro mencatatkan waktu satu menit 31,060 detik. Catatan waktunya ini mengungguli Fabio Quartararo dan kakaknya, Aleix Espargaro.

Pembicaraan mengenai MotoGP Mandalika di media sosial juga tak kalah menarik. Riset I2 di Twitter dalam tenggat waktu yang sama menunjukkan adanya 142.367 unggahan yang memperbincangkan MotoGP Mandalika lewat 67.105 akun. Unggahan terbanyak terjadi pada 9 Februari 2022 dengan 32.343 percakapan seputar topik pembalap MotoGP menikmati keindahan Mandalika jelang tes pramusim. Ada pula peristiwa viral penjual pulsa melayani pembalap MotoGP yang hendak membeli kartu perdana seluler.

Emosi trust atau percaya paling banyak muncul yakni 32% dari unggahan netizen yang merasa bangga dengan adanya penyelenggaraan tes pramusim MotoGP di Mandalika. Selain itu, dukungan netizen bagi para pembalap juga terekam dalam emosi ini. Emosi surprise atau terkejut sebanyak 27% muncul dari rasa terkejut dan kagum para rider MotoGP melihat keindahan kawasan Sirkuit Mandalika. Para pembalap pun banyak membagikan aktivitas mereka ketika menikmati keindahan Mandalika. Dari orang-orang yang terlibat, percakapan tentang tes pramusim MotoGP menarik atensi netizen kelompok gender pria pada rentang umur milenial yakni 31-40 tahun, dan 22-30 tahun.

 

Fenomena Klitih yang Berulang

Kasus klitih di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kembali mengemuka seiring maraknya kiriman netizen di berbagai media sosial (medsos).

Klitih berasal dari bahasa Jawa yang diartikan sebagai mencari kegiatan di luar rumah dalam mengisi waktu luang. Namun, maknanya bergeser menjadi negatif karena diartikan sebagai kegiatan melakukan kejahatan di luar rumah.

Fenomena ini umumnya dilakukan remaja berusia 14 tahun hingga 19 tahun atau usia sekolah. Fenomena klitih tidak lepas dari permusuhan geng pelajar antarsekolah.

Isu ini pun menarik atensi media massa daring. Berdasarkan temuan Indonesia Indicator (I2) di portal online selama 27 Desember 2021-7 Januari 2022, terdapat 152 situs berita yang mengangkatnya dengan 579 berita.

Intensitas pemberitaan dinamis dan sudut pandangnya (angle) pun beragam setiap harinya. Namun, paling banyak diberitakan pada 29 Desember 2021 dengan total 151 artikel menyusul adanya penangkapan pelaku klitih dan pernyataan Gubernur DIY agar penanganan fenomena tersebut dengan menekankan pendekatan keluarga.

Pada tanggal-tanggal lainnya selama periode pemantauan I2, jumlah berita yang diturunkan media massa daring di bawah 100 berita. Tertinggi kedua pada 28 Desember dengan 88 berita dan 87 berita pada 30 Desember 2021.

Tribun Jogja menjadi media yang paling banyak mengangkat isu klitih dengan 67 berita selama 27 Desember 2021-7 Januari 2022. Berikutnya, Suara.com dan Kompas.com masing-masing 45 berita dan 34 berita.

Sementara itu, Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X, menjadi top person karena banyaknya berita yang memuatnya terkait fenomena klitih hingga 45 berita.

Berikutnya, Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka sebanyak 30 berita. Sekalipun tidak terjadi di wilayah yang dipimpinnya, putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini turut "terseret" dalam isu ini karena menanggapi baliho promosi wisata Surakarta yang mejeng di Kota Yogyakarta.

Selanjutnya, Kapolres Sleman, AKBP Wachyu Tri Budi Sulistiyono, dan Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji, masing-masing 27 berita; serta Kapolresta Yogyakarta, Kombes Purwadi Wahyu Anggoro, dengan 26 berita.

HB X, Wachyu, dan Gibran pun menjadi top influencer dalam pemberitaan klitih mengingat banyaknya pernyataan mereka dikutip media masing-masing dengan 189 pernyataan, 160 pernyataan, dan 154 pernyataan. Posisi berikutnya ditempati Bupati Sleman, Kustini Sri Purnomo, 141 pernyataan dan sosiolog Universitas Gadjah Mada (UGM), Arie Sujito, dengan 135 pernyataan.

Laki-laki Paling Banyak Mencuit

I2 juga sempat merekam pergerakan isu klitif di medsos, pada periode yang sama. Hasilnya, ada 11.951 akun yang membincangkan isu klitih dengan total 16.789 unggahan (posting). 

Percakapan tentang fenomena klitih menarik atensi kelompok gender laki-laki sebesar 80%. Berdasarkan usia, fenomena klitif paling banyak dibicarakan netizen berumur 31-40 tahun dan 22-30 tahun dengan masing-masing 36% dan 34%. Lalu, 18-21 tahun (16%), 41-55 tahun (10%), dan di bawah 18 tahun (4%).

Puncak percakapan terjadi pada 28 Desember dengan 3.522 kiriman dan kemudian turun dua hari berturut-turut. Kembali merangkak naik dan mencapai 3.474 kiriman per 1 Januari. Setelahnya menurun hingga hari pemungkas pemantauan. 

Dalam membincangkan fenomena klitih, netizen umumnya menggunakan beberapa tagar. #YogyaTidakAman menjadi tagar yang paling banyak digunakan dengan 1.609 cuitan. Selanjutnya, #SriSultanYogyaDaruratKlitih (606 cuitan), disusul #AmankanJogja (333 cuitan), #SikatKlitih (328 cuitan), dan #Klitih (208 cuitan).

Adapun "darurat klitih", "pembacokan anak", hingga "kasus klitif terungkap" menjadi frasa yang paling banyak ditulis netizen dalam menyampaikan kicauannya terkait fenomena kriminalitas khas daerah istimewa ini.

Tagar dan frasa yang digunakan bertalian emosi netizen dalam setiap twit yang dikirimkan. Terbanyak bernada disgust (jengah) hingga 22%. Netizen terpantau jengah dan muak dengan fenomena klitih yang membahayakan masyarakat.

Tren Spirit Doll di Tengah Masyarakat

Fenomena spirit doll atau boneka arwah ramai diperbincangkan di tengah masyarakat, awal tahun ini. Hal ini tidak lepas dari sejumlah artis yang mengaku merawat spirit doll layaknya manusia atau anak sendiri. Di antaranya yakni Ivan Gunawan, Celine Evangelista, Ruben Onsu, Soimah, hingga Furi Harun. 

Dalam riset Indonesia Indicator (I2), fenomena tersebut ramai diberitakan oleh media daring di Indonesia. Tercatat, ada 1.354 berita yang mengulas mengenai fenomena boneka arwah dalam kurun waktu 29 Desember 2021 hingga 9 Januari 2022. Pemberitaan boneka arwah mencapai puncaknya pada 6 Januari 2022 (297 berita), dikaitkan dengan pandangan Kementerian Agama, Majelis Ulama Indonesia (MUI), hingga PP Muhammadiyah terhadap fenomena boneka arwah. 

Selebritas Ivan Gunawan menjadi publik figur yang paling banyak dimintai keterangan oleh media perihal dirinya yang merawat dua boneka arwah, sebanyak 890 pernyataan. Jajaran influencer media diisi oleh selebritas, tokoh organisasi masyarakat, hingga pemuka agama yang memberikan pandangannya soal fenomena merawat boneka arwah. Di antaranya, Ketua MUI bidang Dakwah Cholil Nafis (500 pernyataan), dan Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag M. Fuad Nasar (430 pernyataan).

Tercatat ada 307 portal media online yang memberitakan mengenai fenomena boneka arwah. 

Portal media Suara.com menjadi yang paling sering memberitakan dengan 62 berita.

Riuh di Media Sosial

Berdasarkan data agregat media sosial, percakapan netizen mengenai fenomena boneka arwah mencapai 28.566 unggahan sepanjang periode yang sama. Perbincangan mencapai puncaknya pada 5 Januari 2021, dikaitkan dengan reaksi netizen terhadap tren para artis merawat boneka arwah. Tidak sedikit netizen yang menyebut hal itu syirik. Sedangkan sebagian lain menilai lebih bermanfaat merawat anak yatim daripada boneka arwah. 

Persepsi publik terhadap fenomena dan tren boneka arwah terpantau negatif. Hal ini tergambarkan dari besarnya emosi fear (takut), dan disgust (jengah) dalam perbincangan netizen masing-masing 28% dan 27%. Emosi fear salah satunya dikaitkan dari percakapan netizen yang menilai boneka arwah memberikan dampak negatif terhadap pemiliknya. Sedangkan emosi disgust, muncul dari netizen yang menyayangkan artis lebih memilih merawat boneka daripada merawat anak yatim yang benar-benar membutuhkan bantuan. Terlebih diketahui biaya perawatan boneka arwah para artis cukup mahal. 

Tagar yang banyak muncul yakni #Bonekaarwah dan #Spiritdolls. Tagar lain yang juga diunggah netizen yakni #Syirik dan #Tauhid, sebagai bentuk ajakan netizen agar tidak ikut-ikutan merawat boneka arwah karena merupakan tindakan syirik yang bertentangan dengan nilai-nilai tauhid.

Dalam sebaran frasa yang paling banyak diperbincangkan netizen, terdapat frasa “orang kesepian” hal ini merujuk pada pendapat Sosiolog dari Universitas Nasional, Sigit Rohadi, yang mengatakan fenomena adopsi boneka arwah merupakan cerminan masyarakat yang kesepian.

Sementara itu, dari sisi audience, percakapan tentang boneka arwah menarik perhatian kelompok gender perempuan pada rentang umur milenial yakni 22-30 tahun, dan 18-21 tahun. 

 

Culture Shock Miliarder Tuban

Fenomena warga mendadak jadi miliarder di Desa Sumurgeneng Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban menyorot perhatian netizen. Fenomena ini terjadi ketika para warga menjual tanahnya ke kilang minyak Pertamina Grass Root Refinery (GRR). Berhasil memperoleh uang miliaran rupiah, warga kemudian membeli mobil dan membangun rumah. Nahas, nasib mereka berbalik ketika uang telah habis. Ratusan warga yang menyesal telah menjual tanahnya berunjuk rasa menuntut pekerjaan dari pihak Pertamina.

Pakar Pembangunan Sosial dan Kesejahteraan Fisipol Universitas Gadjah Mada (UGM) Hempri Suyatna menilai fenomena kampung miliarder menunjukkan culture shock atau gegar budaya. “Masyarakat tidak siap menghadapi proses perubahan yang terjadi dan sayangnya tidak ada pendampingan dari pemerintah atau perusahaan di dalam mengelola uang ganti rugi tersebut,” kata dia.

Sementara itu, Financial Planner Finansialku.com, Rista Zwestika Reni, menilai banyak uang akan percuma jika tidak dikelola dengan baik. "Buat masyarakat kita, bahwa sebesar apapun uang yang kita punya, sebesar apapun harta yang kita punya, kalau tidak dilakukan pengelolaan keuangan dengan tepat, makanya semua akan sia-sia akan habis begitu aja," kata dia.   

Isu warga kampung miliarder yang menjadi miskin ini menarik perhatian netizen. Setidaknya, berdasarkan data agregat media sosial, percakapan mengenai fenomena warga kampung miliarder Tuban mencapai 980 unggahan sepanjang periode 24-28 Januari 2022.

Hal tersebut terungkap dalam riset yang dilakukan oleh Indonesia Indicator.  Riset tersebut juga menyebutkan platform media sosial Facebook paling banyak digunakan netizen dalam mengunggah konten perbincangan dengan merujuk pada kata kampung miliarder. Sedikitnya terdapat 504 unggahan (51%) terkait kampung miliarder di Facebook, disusul dengan Twitter  (40%), Instagram (6%), Youtube (2%) dan TikTok (1%). Percakapan mengenai kampung miliarder ini didominasi oleh pria (87%) dengan rentang usia 22-30 tahun (31%) dan 31-40 tahun (26%).

Perbincangan di media sosial banyak menggunakan tagar #KampungMiliarder, #Tuban, #KilangMinyak, #Pertamina dan lain-lain. Terpantau aktivitas unggahan netizen dalam memperbincangkan kampung miliarder didominasi oleh unggahan berbentuk video, retweet, tweet, dan link berita. Unggahan video banyak muncul di platform Facebook.

Dari semua perbincangan itu, netizen banyak yang mengaku sedih melihat fenomena di Tuban. Persepsi publik terhadap fenomena kampung miliarder didominasi oleh emosi sadness (sedih) sebesar 66%. Netizen sedih dengan kondisi warga kampung miliarder yang saat ini jatuh miskin meski sebelumnya pernah menjadi miliarder. Pada bagian lain menyayangkan minimnya literasi keuangan. Emosi surprise atau terkejut juga banyak muncul dari percakapan netizen yang merasa heran dengan kondisi warga kampung miliarder yang sempat kaya mendadak, namun kini kesulitan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

 

Layangan Putus, Serial Viral yang Bikin Baper

Sejak akhir tahun lalu masyarakat Indonesia ramai membicarakan drama Layangan Putus. Pusat cerita drama itu adalah perempuan bernama Kinan (Putri Marino) yang diselingkuhi oleh sang suami, Aris (Reza Rahadian). Padahal keluarga mereka tampak hidup bahagia dengan seorang putri bernama Raya (Graciella Abigail) dan tengah menantikan kelahiran anak kedua. 

Sementara kecurigaan Kinan membawanya melakukan penyelidikan pribadi sehingga menemukan fakta bahwa selingkuhan itu adalah psikolog bernama Lidya Danira (Anya Geraldine).

Netizen dibuat geram dengan kelakuan Aris. Hal tersebut terlihat dalam riset Indonesia Indicator (I2). Berdasarkan data agregat media sosial, percakapan netizen mengenai Layangan Putus mencapai 42.796 unggahan dari 32.769 akun dalam kurun waktu 1 Desember–21 Januari 2022. Puncak pembicaraan terjadi di Januari 2022, saat drama ini mencapai puncak konfliknya.

Berbagai emosi terekam dalam perbincangan netizen mengenai Layangan Putus. Emosi anticipation (antisipasi) menjadi yang paling banyak muncul, dihubungkan oleh harapan netizen perempuan agar terhindar dari mendapatkan suami seperti Aris dan mengharapkan kebahagiaan bagi sosok-sosok ibu seperti Kinan. Emosi anticipation menyedot 24% dari total atensi netizen.

Emosi trust (percaya) sebesar 19%, muncul dari dukungan netizen kepada Kinan. Dukungan juga datang kepada sosok Mommy ASF sang penulis novel Layangan Putus. 

Emosi lain yaitu disgust (jengah) mencapai 15%. Emosi ini muncul dari rasa muak dan umpatan netizen terhadap karakter Aris yang diperankan Reza Rahadian dan Lidya Danira yang dimainkan oleh Anya Geraldine.

Sistem Intelligence Socio Analytics kemudian memetakan macam-macam karakteristik dari kepribadian netizen yang memperbincangkan drama Layangan Putus. Diketahui karakter The Caregiver, The Orphan, dan The Ruler menjadi tiga karakteristik yang paling dominan muncul.

The Caregiver merupakan orang yang memiliki jiwa sosial tinggi, peduli lingkungan, peduli pada isu-isu sosial seperti kekerasan keluarga. Netizen kelompok ini memiliki empati yang besar dan terpantau banyak muncul dari unggahan dukungan kepada sosok Kinan. 

The Orphan merupakan orang yang tidak memiliki role model yang jelas dalam kehidupannya, sehingga membutuhkan sosok pemimpin untuk membuatnya berarti. Dalam hal ini membutuhkan sosok kepala keluarga. Hal ini bisa dikaitkan dengan unggahan netizen merespons akting sosok Raya anak dari Aris dan Kinan yang menjadi korban dari perceraian keduanya. 

Lalu, The Ruler adalah orang yang menginginkan keteraturan, kepastian hukum, dan stabilitas. Kelompok ini memiliki keteguhan dan mempunyai kemauan (will) untuk mengambil alih situasi (take charge of situations). Banyak muncul dari netizen yang kagum dengan karakteristik Kinan yang karismatik dan berani mengambil keputusan besar.

Ramai di Media Online

Sementara itu di media online, terdapat total 3.639 pemberitaan media online dalam negeri yang memberitakan mengenai drama Layangan Putus dalam periode yang sama. Kualitas drama dan akting para aktor Layangan Putus, serta latar belakang kisah yang diangkat dari cerita nyata membuat sinetron ini menarik atensi besar publik. 

Seperti di media sosial, ekspose pemberitaan terbanyak terjadi di Januari saat Layangan Putus mencapai puncak konflik. Di waktu tersebut, terdapat 2.650 berita tayang di media online. Media yang paling banyak memberitakan Layangan Putus adalah Suara.com dengan 220 berita.

Berdasarkan data pantauan pemberitaan, sosok Anya Geraldine menjadi figur yang paling banyak memberikan keterangan atau dikutip pernyataannya oleh media atau Top Influencer seputar drama Layangan Putus (1.740 pernyataan). Hal ini berbanding terbalik dengan catatan Top Person, di mana sosok Putri Marino menjadi yang paling banyak diberitakan atau disebutkan (Top Person) dalam konten berita media mengenai Layangan Putus (1.840 berita). Boy William masuk ke dalam daftar Top Influencer dan Top Person berkat wawancaranya dengan aktor Reza Rahadian, di mana salah satu pertanyaan dalam interview tersebut membahas mengenai syuting Layangan Putus.

Vaksinasi Booster Gratis untuk Masyarakat

Pelaksanaan vaksinasi dosis ketiga atau vaksin booster COVID-19 yang dimulai pertengahan bulan ini menyita perhatian publik. Presiden Joko Widodo sebelumnya telah mengumumkan bahwa vaksinasi booster gratis untuk seluruh masyarakat Indonesia. 

Badan Pengawas Obat-obatan dan Makanan (BPOM) juga secara resmi memberikan persetujuan kepada lima vaksin COVID-19 yang dapat digunakan sebagai booster atau dosis lanjutan homolog (vaksin booster sama dengan vaksin primer) dan heterolog (vaksin booster berbeda dengan vaksin primer). Laman pom.go.id menyebut, kelima vaksin tersebut adalah CoronaVac atau Vaksin COVID-19 Bio Farma, Comirnaty oleh Pfizer, AstraZeneca (Vaxzevria dan Kconecavac), Moderna, dan Zifivax.

Indonesia Indicator (I2) telah melakukan riset di media online dan media sosial terkait vaksinasi booster. Hasilnya, terdapat sebanyak 8.675 berita di media online dalam negeri mengenai vaksinasi COVID-19 booster dalam kurun waktu 1-13 Januari 2022. 

Media online menyoroti skema dan aturan pelaksanaan vaksinasi booster. Dinamika kepastian pemberian vaksin booster secara gratis atau berbayar juga terekam dalam pemberitaan media jelang dimulainya pelaksanaan vaksinasi booster pada 12 Januari 2022. 

Pelaksanaan vaksinasi booster secara serentak di berbagai daerah di Indonesia pada 12 Januari 2022 menjadi isu yang paling banyak diberitakan media. Isu ini mendapatkan perhatian media sebanyak 29%. Media memberitakan terkait pemerintah pusat yang akan mendistribusikan jatah vaksin booster, kepada daerah yang telah mencapai target 70% vaksinasi pertama, dan 60% vaksinasi kedua.

Media online juga memberikan informasi ke publik mengenai aturan dan cara mendapatkan tiket vaksinasi booster gratis. Isu ini diberitakan sebanyak 21%. Beberapa yang menjadi pemberitaan media yaitu terkait cara mendapatkan tiket vaksinasi dengan mengecek langsung ke aplikasi PeduliLindungi. 

Isu lain yang juga banyak diberitakan adalah terkait booster  diberikan setengah dosis sebanyak 17%. Media memberitakan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin yang menyebut vaksin booster akan diberikan setengah dosis. Ketentuan itu dipilih dengan mempertimbangkan ketersediaan jumlah vaksin COVID-19 saat ini.

Pejabat Pemerintah Mengisi Top Influencer

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menjadi figur sentral dalam pemberitaan media online mengenai vaksinasi booster  atau sebanyak 6.636 pernyataan. Pernyataan Menkes banyak mengisi ruang pemberitaan, salah satunya mengenai keputusan pemerintah menggratiskan vaksinasi booster.

Jajaran influencer lainnya banyak diisi figur pejabat kementerian dan lembaga. Yakni, Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang dikutip media sebanyak 3.055 pernyataan. Kemudian, Juru Bicara Vaksinasi dari Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmidzi (2.514 pernyataan); Kepala BPOM Penny K. Lukito (2.120 pernyataan); Menko Perekonomian Airlangga Hartarto 1.889 (pernyataan); Kapolri Listyo Sigit Prabowo (1.586 pernyataan); Ketua DPR Puan Maharani (1.169 pernyataan); Menkominfo Johnny Gerard Plate (889 pernyataan); Juru Bicara Satgas Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito (701 pernyataan).

Selain itu, terdapat figur non-kementerian/lembaga yang datang dari kepala daerah, yakni Wali Kota Tangerang, Arief Wismansyah yang mengimbau persiapan pemberian vaksinasi booster untuk warga di wilayahnya. Arief dikutip media sebanyak 658 pernyataan. 

Pemberitaan di media online cukup masif, sebanyak 1.062 portal media online memberitakan vaksinasi booster gratis. Kompas.com menjadi yang paling aktif memberitakan dengan 313 berita, yang diikuti oleh Detik.com dengan 212 berita, dan Tribun News sebanyak 210 berita. 

Pemberitaan mengenai vaksinasi booster cenderung dinarasikan secara positif oleh media. Sentimen positif menguat setelah pemerintah mengumumkan jadwal pelaksanaan vaksinasi booster dan kepastian pemberian vaksin booster secara gratis. Sedangkan sentimen negatif lebih kepada kendala yang dihadapi sejumlah pemerintah daerah dalam melaksanakan vaksinasi booster seperti stok vaksin habis, capaian vaksinasi lansia yang masih rendah, dan lain-lain.

Harapan Netizen

Sementara itu, berdasarkan data agregat media sosial (medsos), tercatat ada 30.411 unggahan dari 11.224 akun yang membicarakan vaksinasi booster pada periode 1-13 Januari 2022. 

Emosi anticipation (antisipasi) mendominasi perbincangan netizen mengenai vaksinasi booster (43%). Emosi ini antara lain muncul dalam unggahan berisi harapan netizen agar vaksinasi booster dapat diberikan secara gratis dan pemerintah menggunakan vaksin yang halal. 

Sedangkan emosi trust (percaya) mencapai 28%, banyak berasal dari unggahan netizen mengenai pelaksanaan vaksinasi booster dan respons netizen atas Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang menerbitkan izin penggunaan darurat lima vaksin sebagai booster.

Dari sisi audience, perbincangan tentang vaksinasi booster didominasi oleh kelompok senior milenial (31-40 tahun) dan junior milenial (22-30 tahun).

Dalam unggahannya, netizen banyak menggunakan hashtag #VaksinHalal. Tagar ini mencuat dari unggahan kelompok netizen yang berharap pemerintah menggunakan vaksin yang halal untuk vaksinasi booster. Dalam unggahannya, netizen mengangkat komentar Sekretaris Jenderal Majelis Ulama Indonesia (MUI) Amirsyah Tambunan, yang meminta pemerintah memprioritaskan vaksin halal untuk vaksinasi booster.

Sementara dari daftar akun yang paling banyak mendapat engagement, akun Instagram portal media online paling banyak mendapat tanggapan dan interaksi netizen. Terdapat dua akun personal yang masuk dalam daftar ini, yakni akun Tiktok @tirtacipeng dan akun Instagram Gubernur Jawa Timur @khofifah.ip. Kedua akun itu menyosialisasikan manfaat vaksin booster dan pemilihan jenis vaksin booster.

Bagaimana Publik Menyoroti Fenomena NFT Ghozali

Nama Ghozali belakangan viral di media sosial. Pasalnya, pemuda ini berhasil memperoleh pendapatan Rp1,5 miliar dengan menjual swafoto dalam format Non Fungible Token (NFT). Dia mengoleksi foto-foto tersebut di akun Ghozali Everyday di situs NFT, OpenSea dan menjajakan 933 foto. Sudah lebih dari 430 orang yang mengantongi fotonya dengan nilai jual 288 Ethereum (ETH). Ethereum adalah token aset kripto yang mirip dengan bitcoin. 

Indonesia Indicator mengamati kemunculan Ghozali baik di media mainstream maupun media sosial. Di media online, ada 1.197 berita dalam kurun waktu 12-17 Januari 2022 yang menyoroti pendapatan Ghozali dari penjualan NFT. Isu tersebut terpantau ramai diberitakan pada 14 Januari 2022 sebanyak 350 berita. Di hari tersebut, media mengulas cara kerja NFT dan yang dilakukan  Ghozali sehingga meraup rupiah dari sektor ini. Di hari berikutnya, yakni 15 Januari 2022, pemberitaan mencapai 233 berita, menyoroti skema pembayaran pajak yang harus dilakukan Ghozali.

Media lebih banyak menyoroti pernyataan dari pejabat pemerintahan, baik itu di level pusat maupun daerah merespons fenomena Ghozali dan NFT. Hal tersebut terlihat dari nama yang paling banyak muncul adalah Juru Bicara Kementerian Komunikasi dan Informatika Dedy Permadi yang dikutip sebanyak 365 pernyataan. Dedy dan pejabat Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), yakni Direktur Jenderal Dukcapil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh banyak dikutip mengenai pengawasan NFT dan penyuluhan tentang waspada jual-beli foto ktp-el berbentuk NFT. Zudan sendiri banyak dikutip sebanyak 181 pernyataan. 

Sedangkan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, dan Menparekraf Sandiaga Uno masing-masing dikutip 270 pernyataan, 159 pernyataan, dan 67 pernyataan. Ketiganya secara umum menekankan peluang ekonomi kreatif melalui NFT. 

Sementara, figur Ghozali hanya menempati urutan kedelapan dalam daftar top influencer sebanyak 52 pernyataan. 

Netizen Kaget

Tak hanya di media mainstream, Ghozali juga viral di media sosial. Berdasarkan data agregat media sosial, tercatat ada 9.475 percakapan dari 7.710 akun media sosial yang memperbincangkan fenomena Ghozali dan NFT pada periode 12-17 Januari 2022. Perbincangan mengenai Ghozali dan NFT mencapai puncak engagement perbincangan netizen di tanggal 14 Januari 2022 mencapai 192.395,70 engagement.

Emosi surprise (terkejut) banyak muncul dari perasaan kaget netizen yang mengetahui hasil swafoto Ghozali bernilai miliaran rupiah di marketplace NFT OpenSea. Emosi ini mencapai 53%. Swafoto Ghozali Everyday sendiri dihargai dengan harga terendah 0,13 Ethereum atau sekitar Rp6 juta. Bahkan harga foto Ghozali paling mahal dipasang di harga 66.346 Ethereum atau Rp 1,3 triliun. Emosi lain adalah anticipation (antisipasi) yang mencapai 21%, muncul salah satunya dari netizen yang menilai fenomena NFT dapat menjadi peluang baru bagi pelaku ekonomi kreatif di Indonesia.

Dari sisi audience, percakapan mengenai viralnya swafoto Ghozali didominasi oleh kelompok produktif di rentang usia 22-30 tahun (36%), serta 31-40 tahun (30%). Sementara hashtag yang ramai diunggah netizen yakni #ghozali, #NFT, dan #OpenSea.

Gubernur Terpegah 2021 di Media Massa

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tercatat sebagai Gubernur Terpegah (terpopuler) 2021. Hal tersebut terungkap dalam riset Indonesia Indicator (I2), sebuah perusahaan intelijen media dengan menggunakan piranti lunak artificial intelligence (AI).

I2 menghimpun data dari 28.779.574 berita yang dimuat 6.470 media online Indonesia mulai 1 Januari – 19 Desember 2021, dianalisis secara real time menggunakan sistem Intelligence Media Analytics (IMA) yang berbasis Artificial Intelligence.

Sebagai Gubernur Terpegah 2021, Anies Baswedan muncul dalam 127.677 berita. Direktur Komunikasi Indonesia Indicator (I2) Rustika Herlambang mengatakan Anies didapuk sebagai Gubernur Terpegah karena sosoknya paling banyak diberitakan media massa di Tanah Air.

Kebijakan Anies yang mendapat sorotan pada 2021 berkaitan dengan aksi demo buruh yang meminta kenaikan upah minimum provinsi (UMP) DKI Jakarta. "Isu lain yang menjadi atensi media adalah bencana banjir di Jakarta pada Februari, kebijakan saat terjadi lonjakan kasus COVID-19 di DKI Jakarta pada Juni, dan pemanggilan oleh KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi) terkait pengadaan lahan di Munjul, pada September,”  ujar Rustika, Jumat (31/12).

Posisi kedua Gubernur Terpegah 2021 diduduki Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 85.158 berita. Menurut Rustika, figur Ganjar mendapat sorotan saat penanganan COVID-19 di beberapa wilayah, terutama saat ada ledakan COVID-19 di Kudus hingga akhirnya berakhir. 

Kebijakan banjir di Semarang pada Februari lalu juga menjadi atensi ketika Ganjar  meminta Kali Babon dinormalisasi. Selain itu, media juga menyorot Ganjar saat membanggakan penunjukan Indonesia sebagai Presidensi G20, kehadiran di Papua untuk menyemangati atlet-atlet Jateng saat Pekan Olahraga Nasional (PON), isu konflik dengan PDI Perjuangan, serta soal deklarasi relawan Ganjar untuk Pilpres 2024.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) menempati posisi ketiga Gubernur Terpegah 2021 dengan 73.567 berita.  Menurut Rustika, Kang Emil disorot media soal aksi demo buruh memprotes kenaikan UMP serta pro-kontra penetapan Bandara Kertajati menjadi bengkel pesawat. RK juga terpantau ramai diberitakan soal penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Jawa Barat, terutama saat lonjakan kasus COVID-19 pada Juni lalu, serta isu pencalonannya untuk capres 2024. 

“Ia juga sempat disorot media karena mengkritik impor beras,” kata Rustika.

Peringkat keempat Gubernur Terpegah diduduki Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dengan 51.830 berita. Khofifah disorot media terutama saat berduka atas tenggelamnya KRI Nanggala 402 dan penanganan bencana erupsi Gunung Semeru.

“Yang menarik dari keempat Gubernur Terpegah itu,  baik Anies Baswedan, Ridwan Kamil, Ganjar Pranowo maupun Khofifah kerap diberitakan sebagai pihak yang memiliki potensi maju pada gelaran Pilpres 2024, berdasarkan ragam rilis survei elektabilitas yang beredar,”  ujar Rustika.

Peringkat kelima ditempati Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria. Politisi Partai Gerindra itu tampil dalam 39.648 berita. Peringkat keenam hingga sepuluh masing-masing ditempati oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi (28.273 berita), Gubernur Sumatera Selatan  Herman Deru (24.866 berita), Gubernur Riau Syamsuar (23.442 berita), Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sudirman Sulaiman (21.863 berita), serta Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad (18.562 berita).

Kaleidoskop Berita Online 2021: Figur Berpengaruh di Media

Banyak peristiwa dan figur yang menyedot perhatian media massa daring selama 2021. Dari sekian hal yang disorot melalui 28.779.574 berita selama periode 1 Januari–19 Desember 2021, Indonesia Indicator (I2) berhasil merangkum nama-nama Tokoh Paling Berpengaruh di Tanah Air.

Data tersebut kemudian dianalisis secara waktu nyata (real time) menggunakan sistem Intelligence Media Analytics (IMA) berbasis kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI). Hasil analisis tersebut mewakili data spontan (subsconscious data) atau bukan hasil survei yang bisa diarahkan dari seluruh media.

Figur-figur tersebut dijadikan rujukan media untuk memberikan komentar, keterangan, dan pernyataan terhadap berbagai isu yang ada di Indonesia. Tokoh Berpengaruh merupakan top influencer di media, dan 10 nama di antaranya merupakan figur internal Kabinet Indonesia Maju. Oleh karenanya, dapat dikatakan bahwa Tokoh Berpengaruh merupakan subjek dari satu berita.

Daftar Tokoh Berpengaruh di media masih didominasi oleh figur-figur Menteri Kabinet Indonesia Maju. 

Presiden Joko Widodo menjadi figur paling berpengaruh di media massa tahun 2021 (970.720 pernyataan). Sebagai Kepala Negara dan Kepala Pemerintahan, Presiden Jokowi banyak mendapat ruang pemberitaan ketika menjelaskan kebijakan pemerintah pusat seperti kebijakan Vaksinasi COVID-19, Omnibus Law (Cipta Kerja), Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), pemulihan ekonomi, dan lain-lain. 

Di posisi kedua terdapat figur Kapolri Listyo Sigit Prabowo (443.666 pernyataan). Kapolri banyak dikutip media terkait mutasi perwira tinggi, penertiban protokol Kesehatan, vaksinasi COVID-19, PPKM, dan pengamanan Hari Raya Lebaran.

Tokoh berpengaruh lainnya adalah Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto (309.659 pernyataan), Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan (252.148 pernyataan), dan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan (238.748 pernyataan).

I2 juga merangkum masing-masing 10 figur kepala daerah/wakilnya yang berpengaruh di media. Untuk gubernur, nama-nama yang muncul berkaitan dengan rencana atau wacana bertarung pada Pilpres 2024, seperti Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, Ridwan Kamil, dan Khofifah Indar Parawansa.

Selain itu juga menyangkut kinerja atau responsnya atas suatu peristiwa yang terjadi di wilayahnya masing-masing. Seperti, upah minimum provinsi (UMP) 2022, penanganan COVID-19, kasus korupsi, infrastruktur, dan penanganan bencana.

Loading...
Loading...