Saat DKI Jakarta Menjadi Tuan Rumah Formula E 2022

Ajang balap Formula E Jakarta atau Jakarta E-Prix berhasil memecahkan rekor jumlah penonton terbesar dalam sejarah Formula E yang diselenggarakan di suatu negara. Balapan mobil listrik dunia seri Jakarta E-Prix yang digelar Sabtu (4/6/2022) tersebut telah disaksikan oleh 13,4 juta penonton di seluruh Indonesia. 

Gelaran Formula E tersebut memang menyita perhatian publik. Riset Indonesia Indicator (I2) mencatat jumlah pemberitaan terkait Perhelatan Formula E di Jakarta mencapai 29.038 berita dengan jumlah media online mencapai 1.159 media dalam periode 1 Januari hingga 8 Juni 2022. Eksposur pemberitaan mulai meningkat pada bulan April dan mencapai puncaknya saat memasuki bulan Juni dengan 9.044 berita. 

Nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menjadi figur yang paling banyak diberitakan (9.504 berita), sekaligus banyak dikutip oleh media dengan jumlah pernyataan mencapai 14.207 pernyataan. Tokoh lain yang juga mendominasi pemberitaan di antaranya Presiden Joko Widodo (Jokowi), Ketua Pelaksana Jakarta E-Prix Ahmad Sahroni hingga Ketua Umum PSI Giring Ganesha.

Sementara, media mainstream tercatat mendominasi pemberitaan, seperti Kompas mencapai 841 berita dan Tribun News Jakarta mencapai 666 berita. 

Di media sosial, topik Formula E juga tak kalah ramai. Terdapat 327.351 unggahan dari 103.059 akun yang memperbincangkan terkait Formula E. Dari total tersebut, mayoritas berasal dari Twitter.

Nama Anies dan Jokowi juga banyak diperbincangkan oleh netizen di media sosial. Hal tersebut terlihat dari ekspos percakapan Anies Baswedan mencapai 69.720 unggahan, sedangkan Jokowi mencapai 38.250 unggahan. 

 

 

 


Trofi Real Madrid di Final Liga Champions

Gelaran Final Liga Champions 2021/2022 telah usai, dan memberi kemenangan bagi Real Madrid atas Liverpool dengan skor 1-0 di Stade de France, Saint-Denis, Perancis, pada Minggu (29/5).

Satu-satunya gol yang berhasil membawa Los Galacticos mengangkat trofi dalam final UEFA Champions League (UCL) 2021/2022 ini, berkat aksi Vinicius Junior yang mampu mencetak gol di menit ke-59. Pertandingan antara Real Madrid Vs The Reds tersebut menyita perhatian netizen Tanah Air. 

Riset Indonesia Indicator (I2) menunjukkan total perbincangan di media sosial mengenai pertandingan ini mencapai 37.763 unggahan dari 24.799 akun pada periode 27 Mei hingga 29 Mei 2022. Jumlah unggahan mencapai puncaknya pada tanggal 29 Mei dengan 24.104 unggahan. 

Sebagian besar netizen terpantau mencuitkan emosi trust atau percaya (37%). Emosi ini muncul dari perbincangan pendukung Real Madrid dan Liverpool. Kedua fans meyakini tim yang dibela akan menang dalam laga Final Liga Champions.

Selain itu, emosi joy atau senang juga muncul dalam perbincangan netizen pendukung Real Madrid yang bahagia menyaksikan tim dukungannya berhasil mengalahkan Liverpool dan menjadi juara Liga Champion musim 2021-2022.

Berdasarkan sebaran demografi, diketahui obrolan seputar pertandingan Final Liga Champions Eropa didominasi oleh kaum Adam atau pria dengan persentase 93%, dibandingkan dengan kaum perempuan yang sebesar 7%. Menariknya dari segi rentang umur, pertandingan ini banyak diperbincangkan oleh tiga kelompok umur. Yakni generasi junior milenial (22-30 tahun), senior milenial (31-30 tahun), dan generasi Z (18-21 tahun).

Kabar SEA Games 2021 dan Luapan Kekecewaan Netizen

Pesta olahraga Asia Tenggara atau SEA Games 2021 menjadi sorotan pemberitaan media daring nasional dan perbincangan di media sosial kurang lebih dalam dua pekan terakhir. Sepak bola menjadi cabang olah raga (cabor) yang paling menyita perhatian publik.  

Pesta Olahraga ini sebelumnya dijadwalkan pada 21 November 2021 hingga 2 Desember 2021 tahun lalu, namun ditunda dan digelar pada Mei 2022. Pandemi Covid-19 membuat pemerintah Vietnam beserta Komite Olimpiade Vietnam mengambil kebijakan menunda perhelatan itu.

Data Indonesia Indicator (I2), tercatat ada 10.689 berita mengenai SEA Games di media online dalam periode 4-12 Mei 2022. Adapun portal media online yang memberitakan tentang SEA Games Vietnam mencapai 767. Portal media online Bola.com menjadi yang paling sering memberitakan dengan 296 berita.

Pertandingan cabor sepak bola di fase grup SEA Games menjadi salah satu isu yang banyak diberitakan media mencapai 38%. Sorotan media banyak terfokus pada pertandingan Indonesia melawan Vietnam, dan Timor Leste. Selain itu, permasalahan di luar lapangan seperti klaim tempat latihan timnas Indonesia yang tidak layak juga mendapat atensi media.

Pelatih timnas sepak bola Indonesia, Shin Tae-Yong, menjadi figur yang paling banyak dimintai keterangannya oleh media sebanyak 5.719 pernyataan. Media mengutip pernyataan Shin Tae-Yong seputar persiapan timnas Indonesia menghadapi beberapa laga di kualifikasi grup sepak bola SEA Games 2021 Vietnam.

Kritik Netizen

Sementara itu, di jagat media sosial juga riuh oleh unggahan netizen Tanah Air. Tercatat terdapat 15.806 unggahan terkait SEA Games dalam periode yang sama. 

Ekspos perbincangan SEA Games mencapai peaknya di tanggal 6 Mei dengan 2.745 cuitan. Netizen banyak menyoroti kekalahan timnas sepak bola Indonesia melawan Vietnam, serta kondisi fasilitas latihan atlet Indonesia yang tidak layak di SEA Games Vietnam

I2 juga menemukan Twitter menjadi platform media sosial yang paling banyak digunakan netizen ketika memperbincangkan mengenai SEA Games di media sosial, dengan jumlah unggahan sebanyak 15.806 dan jumlah akun sebanyak 7.565. Selanjutnya Facebook sebanyak 4.529 (29%), Instagram sebanyak 671 (4%), Tiktok sebanyak 415 (2%) dan YouTube sebanyak 276 (2%).

Selain itu, emosi trust atau percaya mendominasi isi perbincangan netizen. Utamanya dikaitkan dukungan netizen kepada atlet Indonesia yang bertanding di SEA Games Vietnam.

Emosi anticipation atau antisipasi juga muncul dari netizen yang berharap atlet Indonesia mendapat hasil terbaik di SEA Games.

Sedangkan emosi disgust atau jengah salah satunya muncul terkait keluhan timnas sepak bola Indonesia yang mendapat tempat latihan tidak layak. Selain itu, emosi disgust juga muncul dari kritik netizen karena atlet senam ritmik Indonesia Sutjiati Narendra diputuskan tidak berangkat ke SEA Games.

Dari sisi audience, perbincangan SEA Games Vietnam menarik perhatian netizen pria dan kelompok milenial dengan rentang umur 22-30 tahun (34%), rentang umur 31-40 tahun (30%), rentang umur 18-21 (16%), rentang umur 41-55 (14%), rentang umur kurang dari 18 tahun (5%). Perbincangan SEA Games di media sosial didominasi pria dengan jumlah percakapan sebanyak 89% dan perempuan sebesar 11%.

 

 

 

Perempuan Berpengaruh di Media

Lesti Kejora dan Ria Ricis menjadi dua artis perempuan yang paling banyak diperbincangkan di Youtube dalam setahun terakhir. Hasil ini diketahui setelah Indonesia Indicator melakukan perhitungan selama periode April 2021-April 2022.

Riset mengulas mengenai tokoh perempuan berpengaruh yang dihitung dari formulasi reaksi total meliputi like, comment, share yang diterima oleh tokoh-tokoh perempuan pada unggahan netizen yang menyebut nama tokoh perempuan tersebut. Hasilnya, selebritas atau artis Indonesia menguasai daftar tokoh perempuan paling banyak diperbincangkan di media sosial Youtube.

Riset juga dilakukan di platform media sosial Instagram. Selain didominasi oleh selebritas, daftar tokoh perempuan yang paling banyak muncul dalam percakapan netizen Instagram juga diisi oleh atlet, seperti pemain bulu tangkis ganda putri Greysia Polii dan Apriyani Rahayu, masing-masing 8,3 juta dan 7,3 juta. Tokoh politik juga mengisi daftar ini, seperti Najwa Shihab dengan tingkat tanggapan netizen mencapai 5,01 juta. 

Perempuan Berpengaruh di Media Online

Di media online, figur pejabat pemerintah dan politisi tercatat paling banyak diberitakan dalam satu tahun terakhir. Posisi puncak diisi oleh Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Puan Maharani dengan 82.971 berita. 

Putri bungsu dari mantan presiden Megawati Sukarnoputri tersebut juga banyak dikutip media mencapai 235.745 pernyataan dalam periode yang sama. Puan banyak dimintai pendapat dan keterangan oleh media menyikapi isu sosial politik yang sedang berkembang di tanah air. 

Sementara, nama-nama selebritas tanah air juga tercatat banyak diberitakan oleh media daring, seperti Lesti Kejora, Aurel Hermansyah, dan Nagita Slavina.

Loading...
Loading...