BMKG dan Demam Drakor Forecasting Love and Weather

BMKG atau Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika tiba-tiba menjadi trending topic di Twitter pada 13 Februari 2022 lalu. Serial drama Korea Forecasting Love and Weather yang viral menjadi pangkal ramainya pembicaraan publik terkait BMKG.   

Drama yang ditayangkan di platform streaming Netflix tersebut berkisah tentang kehidupan asmara orang-orang yang bekerja di Badan Meteorologi Korea, sebuah institusi nasional yang bertugas memprakirakan cuaca. Tokoh utama Jin Ha Kyung melakukan berbagai cara agar kehidupan profesional dan asmaranya tidak bercampur aduk. Tokoh lainnya adalah Lee Si Woo yang berjiwa bebas dan tidak mau terikat pada aturan. Kisah dalam drama ini bermula ketika keduanya bertemu.

Riset Indonesia Indicator (I2) menunjukkan drama tersebut ramai dibicarakan pengguna Twitter dengan jumlah unggahan mencapai 7.873 dan dicuitkan oleh 7.486 akun sepanjang periode 12-18 Februari 2022. Percakapan terbanyak terjadi pada 13 Februari dan 14 Februari 2022 masing-masing dengan 3.194 unggahan dan 3.937 unggahan.

Lalu apa hubungannya dengan BMKG?

BMKG sempat menjadi trending topic di Twitter pada 13 Februari 2022, karena disinggung dan dikaitkan netizen dengan drama Korea tersebut. Drama ini disebut netizen sebagai drama tentang petugas BMKG yang dibumbui kisah romansa. 

Emosi surprise (terkejut) di Twitter mendominasi mencapai total 84%. Salah satunya muncul dari cuitan akun resmi BMKG (@infoBMKG) yang merasa kaget karena BMKG menjadi trending topic karena ramainya perbincangan netizen yang membahas drama Forecasting Love and Weather.

Emosi joy (senang) sebanyak 13% terpantau banyak muncul dari netizen yang menyukai akting dari aktor Forecasting Love and Weather yakni Song Kang dan Park Min Young. 

Akun Twitter @InfoBMK menjadi akun yang paling banyak di-retweet netizen Twitter karena mengomentari drama Forecasting Love and Weather. Total ada 6.039 cuitan yang menunjuk pada akun ini.

Loading...
Loading...