Tokoh Milenial Paling Berpengaruh di Twitter

Perjalanan dan pembangunan suatu bangsa tidak lepas dari peran pemuda. Salah satunya, Kongres Pemuda di Batavia yang melahirkan Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928.

Presiden pertama RI Soekarno pun mengakui potensi pemuda. Pendiri bangsa ini pernah berujar, "Beri Aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncangkan dunia."

Hingga kini, pemuda masih memiliki peran sentral dalam pembangunan Indonesia sesuai kapasitasnya masing-masing. Beberapa di antaranya bahkan menjadi "rujukan" karena aktif menyuarakan pandangannya ataupun eksis di media sosial.

Indonesia Indicator (I2) telah menyusun daftar milenial berpengaruh di media sosial, terutama Twitter, dalam rangka memperingati Sumpah Pemuda ke-93. Peringkat disusun berdasarkan data reaksi netizen selama 1 Agustus-25 Oktober 2021.

Riset ini mengulas tentang tokoh milenial berpengaruh yang dihitung dari formulasi reaksi total like, comment, retweet, share yang diterimanya serta unggahan netizen yang menyebut nama tokoh tersebut (engagement). Tingkat tanggapan yang dicuplik meliputi respons positif dan negatif netizen.

Definisi milenial mengacu pada rilis Sensus Penduduk Badan Pusat Statistik (BPS) 2020, yaitu kelompok umur kelahiran tahun 1981-1996 (24-39 tahun). Perhitungan tokoh milenial disusun dalam lima subkategori sesuai latar belakang.

1. Politisi

Pelaksana Tugas (Plt.) Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Giring Ganesha, menjadi politikus yang paling banyak mendapat reaksi netizen dengan 70.151 engagement. Kiriman bekas vokalis band Nidji ini yang paling banyak direspons tentang pencalonannya pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 dan kritiknya terhadap Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Peringkat kedua ditempati Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka (33.668 engagement). Kiriman putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) ini yang banyak ditanggapi netizen soal program vaksinasi Covid-19 dan pemulihan ekonomi.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Makarim, di peringat berikutnya (32.365 engagement). Isu yang banyak direspons netizen, di antaranya uji coba pembelajaran tatap muka (PTM), seleksi guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), dan lainnya.

Politikus PSI sekaligus Staf Khusus Sekertaris Negara, Faldo Maldini, di urutan keempat seiring banyaknya netizen yang mengkritik pernyataannya soal mural mirip Jokowi. Engagement-nya sebesar 23.919.

Posisi kelima kembali ditempati politikus PSI, yakni Tsamara Amany (19.141 engagement), dengan kiriman yang paling banyak ditanggapi netizen tentang pengesahan RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS), toleransi antarumat beragama, dan dukungannya terhadap Menteri Agama, Yaqut Cholil Quomas.

Peringkat berikutnya diisi politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) yang juga Anggota DPRD DKI Jakarta, Agustina Hermanto alias Tina Toon, dan Wali Kota Medan sekaligus menantu Jokowi, Bobby Nasution, masing-masing dengan engagement 4.060 dan 1.457.

2. Selebritas

Musisi Fiersa Besari menjadi selebritas paling berpengaruh nomor satu (976.793 engagement). Kutipan motivasi, aktivitas mendaki gunung, dan percintaannya menjadi konten yang paling banyak mendapat reaksi netizen.

Selanjutnya ditempati penyanyi Raisa Andriana (122.892 engagement) menyusul langkahnya merilis lagu anyar, masuk nominasi Anugerah Musik Indonesia (AMI) dan aktivitasnya yang diunggah di Twitter. Di bawahnya adalah influencer Atta Halilintar (76.892 engagement) karena netizen banyak mengomentari tentang klub sepak bola miliknya, PS AHHA Pati; dugaan pencemaran nama baiknya oleh YouTuber Savas Fresh; dan kehidupan keluarganya bersama sang istri, Aurel Hermansyah.

Adapun peringkat berikutnya diisi influencer Anya Geraldine (69.317 engagement), selebritas Baim Wong (42.976 engagement), selebritas Nikita Mirzani (30.645 engagement), influencer Karin Novilda (23.349 engagement), selebritas Amanda Manopo (20.964 engagement), dan selebritas Raffi Ahmad (10.961 engagement).

3. Atlet

Pebulutangkis mendominasi subkategori atlet milenial berpengaruh dengan Greysia Polii di posisi puncak (571.361 engagement). Ini tak lepas dari keberhasilannya bersama Apriyani Rahayu meraih medali emas pada Olimpiade Tokyo 2020.

Anthony Sinisuka Ginting berada di peringkat berikutnya (417.108 engagement) karena berhasil meraih perunggu pada Olimpiade Tokyo dan bagian tim beregu putra yang menjuarai Thomas Cup. 

Selanjutnya secara berurutan ditempati Apriyani Rahayu (387.947 engagement), Jonatan Christie (193.254 engagement), Kevin Sanjaya Sukamujo (60.889 engagement), Marcus Fernaldi Gideon (56.325 engagement), Mohammad Ahsan (34.913 engagement), pesepak bola Evan Dimas (2.113 engagement), dan pesepak bola Egy Maulana Vikri (2.038 engagement).

4. Ustaz/Ustazah

Untuk subkategori pemuka agama, Habib Husein Ja'far Al Hadar berada di posisi teratas dengan 28.998 enggament. Cuitan-cuitannya tentang aktivitas berdakwah kerap direspons netizen. Ustaz Felix Siauw berada di peringkat berikutnya (10.531 engagement) lantaran kontennya tentang warisan Ustmani pada masa pandemi banyak ditanggapi netizen.

Urutan ketiga diisi Ustaz Adi Hidayat (6.540 engagement) karena tak sedikit netizen yang mengunggah video ceramahnya. Selanjutnya ada Hanan Attaki (3.320 engagement), Oki Setiana Dewi (872 engagement), dan Sholeh Mahmoed Nasution atau Ustaz Solmed (556 engagement).

5. Komika

Sementara itu, Ernest Prakasa menjadi komika milenial paling berpengaruh dengan 121.633 engagement. Dirinya kerap menyampaikan kritik sosial politik dalam negeri selain seputar sepak bola dan memantik reaksi netizen.

Bintang Emon berada di peringkat kedua (118.085 engamenet). Seperti Ernest, kicauannya tentang kritik sosial politik dalam negeri gemar direspons netizen.

Posisi selanjutnya ditempati Tretan Muslim (26.969 engagement) lantaran konten hiburan bertema "Why" yang dicuitkannya selain isu-isu yang sedang viral banyak ditanggapi netizen.

Urutan keempat hingga ke-10 secara berurutan diisi Uus (22.634 engagement), Kemal Palevi (18.794 engagement), Raditya Dika (5.955 engagement), Coki Pardede (4.292 engagement), Kiky Saputri (1.495 engagement), Babe Cabiita (1.471 engagement), dan Fico Fachriza (1.421 engagement).

Loading...
Loading...