Riuh Media Sambut Resto Sandwich Legendaris Subway

Rencana ekspansi resto sandwich ternama asal Amerika Serikat, Subway, ke Indonesia disambut riuh media online maupun media sosial. Riset Indonesia Indicator (I2) periode 23 Agustus hingga 3 September 2021 mencatat ada 102 berita dari 55 portal media online memberitakan rencana pembukaan kembali restoran cepat saji yang sempat tutup pada awal 2000-an itu. 

Subway, di era 1990-an sempat buka di Pondok Indah Mal (PIM), Mal Taman Anggrek, Plaza Senayan, Mal Ciputra, Wisma 46 di Jakarta dan Kuta, Bali. Atensi media banyak tertuju pada rencana Subway Indonesia yang bakal menggandeng PT Sari Sandwich Indonesia, anak perusahaan dari PT MAP Boga Adiperkasa Tbk (MAPB). 

Dari 55 media online itu, I2 memantau ada enam media online yang getol mengangkat rencana kembalinya resto yang buka sejak 1965 itu. Kompas.com terpantau paling banyak memberitakan sebanyak 12 berita. Disusul Bisnis Indonesia (11 berita), Tempo.co (7 berita), CNBC Indonesia (4 berita), Detik.com (4 berita), dan Kumparan (3 berita). 

Riuh rendah pemberitaan pembukaan restoran sandwich terbesar di dunia itu tak lepas sejumlah top influencer yang pernyataanya banyak dikutip media. Yakni, CEO Subway, John Chidsey, sosok yang paling banyak dimintai keterangannya media (88 pernyataan). “Kami yakin para pelanggan di Indonesia sangat menginginkan opsi yang lebih baik,” kata John. 

Top influencer kedua adalah Anthony Cottan, Presiden Direktur PT MAP Boga Adiperkasa (44 pernyataan). Media banyak mengutip pernyataan Anthony soal ragam menu dan sajian Subway. 

Disusul Christine Natasya, Analis Mirae Asset Sekuritas (17 pernyataan). Kemudian Levita Supit, Ketua Perhimpunan Waralaba dan juga serta Lisensi Indonesia (15 pernyataan), terutama soal peluang bisnis di Indonesia. 

Top influencer lainnya ada nama Yongky Susilo, Pengamat Ritel (13 pernyataan), dan Sukarno Alatas, Analis PT Kiwoom Sekuritas (5 pernyataan). 

Peta Perbincangan Netizen 

Di media sosial, perbincangan dan isu rencana pembukaan Subway di Indonesia pada rentang 23 Agustus-3 September 2021 jauh lebih ramai. Data Indonesia Indicator tentang agregat percakapan netizen di medsos mencatat ada 1.511 percakapan. 

Hal ini juga bisa dilihat dari data pergerakan ekspos I2 di Twitter. Sejak 23 Agustus, Indonesia Indicator memantau ada 139 cuitan. Puncaknya, terjadi pada 24 Agustus 2021 sebanyak 470 cuitan. Ekspose perbincangan di Twitter sedikit mereda di 25 Agustus 2021 sebanyak 447 cuitan, dan terus menurun pada titik terendah pada 2-3 September, yakni hanya 5 cuitan. 

Ada empat isu utama perbincangan netizen tentang gerai resto cepat saji asal AS tersebut. Isu yang paling banyak dibahas adalah rencana pembukaan Subway di Indonesia sebanyak 700 cuitan (75%). Isu lain adalah sharing pengalaman netizen penikmat makanan Subway, baik di luar negeri maupun ketika resto itu masih buka di Indonesia sebanyak 118 cuitan (13%). 

Lalu, rencana dibukanya Subway di wilayah Jabodetabek juga ramai diperbincangkan sebanyak 56 cuitan (6%). Netizen berharap agar Subway tidak hanya dibuka di wilayah Jabodetabek. 

Kemudian, isu terkait produk Subway yang dikaitkan dengan drama Korea sebanyak 55 cuitan (6%). 

Kehadiran restoran yang banyak muncul dalam adegan-adegan drama korea ini menuai respons antusias netizen pecinta K-Pop. 

"mvs Subway ada di Jakarta, fans drama korea otw foto2," tulis pemilik akun Twitter @moviemenfes. 

Tak Sabar Cicipi Subway 

Rencana dibukanya resto Subway di tanah air memancing emosi netizen yang tak sabar ingin mencicipi sandwich legendaris tersebut. Narasi beremosi percaya atau trust banyak muncul dari unggahan netizen yang merespons baik rencana pembukaan gerai Subway di Indonesia, sebanyak 257 cuitan (49%). 

Sementara emosi antisipasi atau anticipation muncul dari netizen yang tak sabar menunggu agar resto Subway segera hadir di Indonesia, sebanyak 93 cuitan (17%). Ada pula emosi surprise atau terkejut saat netizen yang mengira jika restoran Subway berasal dari Korea Selatan dikarenakan banyaknya iklan Subway di drama-drama korea (drakor), sebanyak 57 cuitan (11%). 

Selain itu, Indonesia Indicator memantau banyaknya unggahan dengan respons engagement tertinggi di medsos berasal dari akun-akun media seperti @idntimes, @narasinewsroom dan @idx_channel yang membagikan info mengenai rencana pembukaan Subway di Indonesia. Akun Twitter pecinta makanan @foodfess2 juga mendapat respons engagement netizen saat membagikan info tersebut.

Loading...
Loading...