Isu Viral Pekan Pertama September, dari Pelecehan KPI hingga Paralympics

Rabu (1/9/2021), jagat maya dihebohkan oleh viralnya surat terbuka terkait dugaan kasus pelecehan seksual di lingkungan kerja Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). 

Dalam surat tersebut, pegawai KPI berinisial MS menceritakan kisah kelamnya perundungan dan pelecehan seksual oleh sejumlah rekan kerjanya. Dia mengaku sudah menjadi korban perundungan dan pelecehan seksual sejak tahun 2012. 

"Tahun 2015, mereka beramai-ramai memegangi kepala, tangan, kaki, menelanjangi, memiting, melecehkan saya dengan mencorat-coret buah zakar saya memakai spidol. Kejadian itu membuat saya trauma dan kehilangan kestabilan emosi," tulis surat terbuka tersebut. 

Tulisan mengenai kisah MS mengejutkan publik tersebut dipastikan benar adanya oleh Pengacara MS, Muhammad Mualimin. 

Kasus ini banyak mendapat komentar dari netizen. KPI sebagai lembaga pun banyak menuai kritikan. Riset Indonesia Indicator (I2) menunjukkan, berdasarkan data agregat media sosial terdapat 67.087 unggahan mengenai KPI dalam kurun waktu 30 Agustus–6 September 2021. 

Ekspos tertinggi kabar yang membuat geger ini terjadi pada 2 September 2021 dengan jumlah 23.021 unggahan. Meski kemudian melandai, namun pada 5 September 2021 tercatat sebanyak 7.248 unggahan masih ramai memperbincangkan isu tersebut. 

Perbincangan netizen mengenai kasus pelecehan di KPI berisi emosi disgust (jengah) dan anticipation (antisipasi). Emosi disgust banyak datang dari netizen yang mengecam aksi pelecehan di KPI. Sementara emosi antisipasi muncul dari harapan netizen agar KPI menindak tegas anggotanya yang melakukan aksi pelecehan. 

Coki Pardede Hingga Paralympics Indonesia 

Isu viral lain yang terjadi pada pekan pertama September adalah kasus narkoba yang melibatkan Komika Coki Pardede. Setidaknya ada 52.489 unggahan yang membahas mengenai kasus ini. Tercatat netizen mengomentari video detik-detik penangkapan Coki, hingga menyoroti hal bersifat personal seperti orientasi seksual sang komika. 

Perbincangan isu ini mencapai puncaknya pada 2 September mencapai 28.080 unggahan. 

Terpantau, unggahan netizen banyak beremosi surprise (terkejut) yang menggambarkan bahwa baik dari fans Coki maupun kelompok yang kontra, sama-sama terkejut ketika mengetahui kasus narkoba yang menjerat sang komika. 

Mantan pedangdut Indonesia Saipul Jamil yang bebas dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cipinang pada 2 September juga menjadi salah satu isu yang banyak mendapat perhatian, yakni sebanyak 46.880 unggahan. Pembebasannya mendapat kritikan keras dari netizen karena Trans TV menayangkan siaran langsung detik-detik bebasnya Saipul Jamil. 

Netizen menilai televisi mengglorifikasi pembebasan mantan suami artis Dewi Persik tersebut. Perbincangan netizen pun mengarah pada munculnya petisi boikot Saipul Jamil tampil di televisi. Netizen mengeluarkan emosi disgust dan anger (marah), terkesan tidak terima dan mengkritisi jika Saipul Jamil tampil di televisi. Kritik netizen juga banyak mengarah kepada pihak televisi yang dinilai membuka ruang untuk Saipul Jamil. KPI juga tak luput dari sentilan netizen karena dianggap tidak melakukan upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut. 

Di balik isu yang berbau negatif tersebut, masih ada kabar positif yang membuat bangga Indonesia yaitu mengenai pertandingan Paralympics Indonesia. Tercatat, sebanyak 16.726 unggahan di media sosial mengangkat isu ini. 

Prestasi atlet Paralympics Indonesia menuai komentar positif netizen. Keberhasilan Leani Ratri Oktila dan atlet lain dalam meraih medali menuai pujian dan apresiasi. 

Atlet Badminton Leani Ratri Oktila menjadi yang paling banyak disoroti netizen karena berhasil meraih dua medali emas dan satu medali perak di ajang Paralympics. Leani meraih medali emas melalui sektor ganda putri dan ganda campuran, serta medali perak di sektor tunggal putri. 

Emosi positif seperti joy (senang) banyak muncul dalam percakapan netizen mengomentari keberhasilan atlet Indonesia membawa dua medali emas dalam ajang Paralympics. Emosi senang ini tertuang dalam unggahan bernada apresiatif dan pujian kepada atlet-atlet Paralympics Indonesia.

Loading...
Loading...