Kembalinya Liga Indonesia

Setelah melalui proses panjang, Liga Indonesia akhirnya diperkenankan bergulir di tengah pandemi COVID-19. Kini bernama BRI Liga 1.

Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, menyatakan izin tersebut dikeluarkan berdasarkan hasil asesmen dan evaluasi. Namun demikian, sejumlah syarat diberlakukan guna meminimalkan risiko penularan COVID-19.

Salah satu ketentuan yang diberlakukan Polri adalah pemain dan ofisial harus sudah divaksin dosis lengkap. Kemudian, dilakukan pemeriksaaan PCR pada H-1 pertandingan untuk memastikan pemain dan ofisial negatif COVID-19.

Selain itu, jumlah ofisial dibatasi dan pertandingan digelar tanpa penonton. Seluruh pihak yang terlibat juga diharuskan kembali melakukan tes PCR atau antigen usai pertandingan. Lalu, dipasang aplikasi PeduliLindungi di setiap lapangan penyelenggara pertandingan.

Masyarakat pun dilarang menggelar nonton bareng (nobar) lantaran berpotensi terjadi penularan dan menimbulkan klaster baru COVID-19.

Keputusan Polri tersebut lantas direspons warganet. Pantauan Indonesia Indicator (I2), terdapat 55.079 unggahan netizen dalam negeri tentang BRI Liga 1. Jumlah percakapan itu berdasarkan data agregat di semua media sosial sepanjang Agustus 2021.

Frekuensi pembicaraan naik-turun. Puncak ekspos terjadi pada 24 Agustus menyusul kepastian bergulirnya BRI Liga 1 setelah mengantongi izin Polri. Pada tanggal itu, netizen juga mengomentari rilis jadwal pertandingan, yang akan diawali dengan laga antara Bali United kontra Persik Kediri.

Bergulirnya BRI Liga 1 direspons positif netizen. Ini tecermin dari berbagai emosi yang menyertai setiap unggahan netizen.

Emosi anticipation (antisipasi), yang berisi harapan agar BRI Liga 1 segera dimulai dan tidak diundur lagi, paling tinggi dengan 33% dari total 55.079 unggahan. Berikutnya emosi trust atau percaya (31%), yang berkaitan dengan dukungan netizen kepada tim favorit masing-masing.

Selanjutnya emosi joy (13%) karena netizen senang dan bahagia dengan kepastian bergulirnya BRI Liga 1. Kemudian, emosi disgust (8%), surprise (7%), sadness (4%), anger (3%), dan fear (1%).

Unggahan pesohor sekaligus pemilik klub AHHA PS Pati FC, Atta Halilintar, melalui akun Instagram @attahalilintar menjadi yang terbanyak mendapat respons netizen, yakni dengan skor engagement mencapai 72.355,6. Dalam unggahannya, Atta mempromosikan timnya dan berharap doa netizen agar timnya kelak dapat berlaga di BRI Liga 1.

Top engagement kedua ditempati akun Instagram @persib melalui unggahan tentang nomor punggung yang dipilih pemain anyar mereka, Marc Klok. Unggahan itu memperoleh skor engagement sebanyak 58.782,4.

Berikutnya, unggahan akun Instagram @pssi tentang keputusan menggelar kompetisi 2021-2022 di tengah pandemi dengan skor engagement 50.374.

Lalu disusul unggahan akun Instagram @aremafcofficial mengenai kunjungan pebulu tangkis asal Iran, Samin Khojasteh, ke kandang "Singo Edan" (skor engagement 46.602) dan video singkat akun TikTok @inforansfc tentang banyolan RANS Cilegon FC, klub milik selebritas Raffi Ahmad, yang tidak membeli megabintang asal Argentina, Lionel Messi (skor engagement 41.916,4).

Sebagai informasi, Messi akhirnya berlabuh ke klub Ibu Kota Prancis, PSG, setelah gagal menemui titik temu untuk memperpanjang kontraknya di FC Barcelona. 

Klub Terpopuler

Pantauan I2 sepanjang Agustus 2021 mencatat, Persib Bandung menjadi klub terpopuler karena paling banyak disebut (mention) netizen, yakni sebanyak 14.480 unggahan. Netizen membahas laga perdana Persib di Liga 1, peluncuran jersey baru Persib, hingga komentar coach Robert Rene Alberts yang tidak sabar dengan segera dimulainya kompetisi.

Musuh bebuyutan "Maung Bandung", Persija Jakarta, berada di posisi kedua dengan 12.805 unggahan. Topik yang dibahas netizen tentang tim kebanggaan Ibu Kota ini meliputi persiapan klub menghadapi kompetisi, video latihan tim, pertandingan uji coba, dan lain-lain.

Klub terpopuler lainnya adalah Persebaya Surabaya (5.835 unggahan), Bali United (3.175 unggahan), Persipura Jayapura (2.519 unggahan), Persik Kediri (2.215 unggahan), Arema FC (2.164 unggahan), Persita Tangerang (1.497 unggahan), PSS Sleman (1.400 unggahan), dan Persela Lamongan (1.199 unggahan).

Kemudian, Bhayangkara FC (1.153 unggahan), PSM Makassar (1.032 unggahan), Persiraja Banda Aceh (803 unggahan), Madura United (666 unggahan), Borneo FC (416 unggahan), PSIS Semarang (389 unggahan), Tira Persikabo (302 unggahan), dan juru kunci ditempati Barito Putera (247 unggahan).

Tingginya atensi netizen terhadap Persib Bandung punya korelasi dengan banyaknya percakapan yang disertai tagar #Persib. Tagar itu dipakai dalam 4.120 unggahan yang kebanyakan berisi respons netizen terhadap kabar terbaru dari tim Persib menjelang laga perdana BRI Liga 1.

Tagar #Liga1 juga cukup banyak dipakai netizen, yakni dalam 2.867 unggahan. Isi unggahannya kebanyakan mengenai antusiasme netizen menyambut bergulirnya kompetisi sepak bola nomor satu di Indonesia itu.

Dua tagar klub sepak bola yang juga banyak dipakai netizen adalah #Persebaya dan #Persija, masing-masing sebanyak 2.788 dan 2.477 unggahan. Adapun tagar terpopuler lainnya yang berkembang di media sosial soal BRI Liga 1 adalah #Sepakbola (2.219 unggahan), #Bola (1.875 unggahan), dan #LigaIndonesia (1.436 unggahan).

Loading...
Loading...