COVID-19 RI Menjadi Sorotan Dunia

Kasus COVID-19 di Indonesia yang semakin menanjak dan terus mencetak rekor sempat menjadi sorotan media-media internasional. 

Riset Indonesia Indicator (I2) mencatat terdapat 5.802 berita dari media internasional terkait kasus COVID-19 di Indonesia sepanjang periode 27 Juni-26 Juli 2021. Pergerakan ekspos cenderung fluktuatif dan mencapai puncaknya pada 19 Juli dengan 304 berita. Sorotan terjadi pada kebijakan pemerintah Indonesia yang melarang aktivitas perjalanan antarkota selama libur Hari Raya Iduladha serta wacana perpanjangan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat.

Terpantau, program vaksinasi COVID-19 di Indonesia menjadi isu terbanyak disorot media online internasional (877 berita). Yaitu, mencakup percepatan program vaksinasi COVID-19, kontroversi program vaksin mandiri, hingga fenomena hoaks. Disusul kemudian, isu PPKM Darurat dan PPKM level 4 (824 berita).

Perkembangan kasus COVID-19 di Indonesia kerap mendapat perhatian media internasional (638 berita). Meroketnya kasus COVID-19 di Indonesia membuat Indonesia disebut sebagai salah satu episentrum penyebaran COVID-19 di Asia saat ini. Meski demikian, media juga meliput positif mengenai turunnya angka kasus harian COVID-19 di Indonesia hasil dari penerapan PPKM Darurat.

Media banyak mengutip Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait penanganan kasus COVID-19 di Indonesia, sekaligus menjadi top influencer dengan 1.366 pernyataan. Pernyataan mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga banyak terekam dalam isu program vaksinasi dan penerapan PPKM Darurat.

Selain Presiden Jokowi, figur pemerintah pusat yang juga banyak dimintai pandangannya oleh media yakni Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin (744 pernyataan), dan Menko Kemaritiman dan Investasi sekaligus koordinator PPKM, Luhut Binsar Pandjaitan (602 pernyataan). 

Media internasional juga memberi ruang kepada Epidemiolog Dicky Budiman (274 pernyataan) dan Pandu Riono (194 pernyataan). Keduanya dimintai keterangan terkait kasus harian COVID-19 dan penerapan PPKM di Indonesia.

Sementara itu, isu lain yang juga banyak diulas media internasional adalah terkait dampak ekonomi akibat COVID-19 (365 berita). Beberapa yang ditulis media adalah soal kebijakan Bank Indonesia (BI) yang memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia di 2021 menjadi 3,5% hingga 4,3%, dari sebelumnya 4,1% hingga 5,1%. Pemangkasan ini disebabkan oleh merebaknya virus Corona varian Delta serta pemberlakuan PPKM Darurat.

Untuk isu ini, media terpantau banyak mengutip pernyataan Gubernur BI Perry Warjiyo (199 pernyataan).

Kemudian, terdapat isu kelangkaan oksigen di sejumlah daerah di Indonesia juga menarik perhatian media internasional (356 berita). Pulau Bali menjadi salah satu yang diberitakan mengalami kelangkaan oksigen.

I2 mencatat total 492 portal media online internasional yang memberitakan kasus COVID-19 di Indonesia. Portal media online asal Timur Tengah (Uni Emirat Arab), Zawya.com terbanyak mengekspos kasus COVID-19 dengan 142 berita. Disusul kemudian, Tittle Press dari Inggris (119 berita), The Strait Times dari Singapura (117 berita), ABS CBN News dari Filipina (90 berita), Sinar Harian dari Malaysia (90 berita), Webindia123.com dari India (85 berita), Channel News Asia dari Singapura (84 berita), Coconuts.co dari Multi National Media Company, Hq Hongkong (82 berita), The Times of India (69 berita), dan Bloomberg dari Amerika Serikat (64 berita).

Loading...
Loading...