Heboh BTS Meal McDonald's

Kehadiran menu baru restoran cepat saji McDonald's (McD), BTS Meal, disambut gempar para pembeli melalui pengemudi ojek online (ojol) imbas promo produk makanan tersebut. 

Ledakan antrean pun terjadi hingga menjadi sorotan media online maupun media sosial. Ini terekam dalam riset Indonesia Indicator (I2) pada periode 8 hingga 10 Juni 2021. I2 mencatat ada 2.957 berita dan diangkat dalam ragam isu.

Hasil analisis Indonesia Indicator, percikan ekpose pemberitaan BTS Meal - yang hanya bisa dipesan secara delivery dan takeaway - di media online terpantau sejak 8 Juni, atau satu hari sebelum peluncuran, hanya 50 berita saja. Namun, di hari berikutnya atau hari H, Rabu (9/6), terjadi lonjakan tajam pemberitaan sebanyak 1.685 berita, seiring tingginya pembelian via online

Kerumunan dan antrean pun pecah tak terbendung dan berujung pada penutupan sementara lusinan gerai restoran makanan cepat saji McDonald's di Indonesia. Memasuki sehari berikutnya, 10 Juni, ekpose pemberitaan media online tentang produk makanan ini sedikit kendor menjadi jadi 1.222 berita.

Penyegelan McD Menjadi Isu Terbesar

Dari 2.957 pemberitaan produk BTS Meal tersebut, Indonesia Indicator memetakan lima isu utama yang mendominasi di media online. Pertama adalah penutupan dan penyegelan gerai McD buntut kerumunan pembeli yang disorot media sebesar 51%. Penutupan dan penyegelan ini terjadi di berbagai daerah. Di Jakarta misalnya, Pemprov DKI menutup sementara 32 gerai McD selama 1x24 jam akibat pelanggaran protokol kesehatan. 

Isu utama berikutnya adalah penghentian promo BTS Meal (13%). Diketahui, promo dan penjualan kemasan menu BTS Meal yang ditawarkan McDonald's juga menjamur di berbagai platform e-commerce seperti Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak. Penjualan kemasan BTS Meal dibanderol mulai dari Rp 85 ribu – Rp 100 juta. 

Isu utama ketiga adalah Polda Metro Jaya panggil manajemen McD (12%), disusul isu penjualan kemasan BTS Meal (10%), donasi Army untuk Ojol (4,3%), dan isu sosok viral TikTok Sisca Kohl yang memborong 40 paket BTS Meal (7%). 

Humas Polda hingga Satpol PP Menjadi Top Influencer

Pemberitaan kerumunan BTS Meal tidak hanya terpusat di Ibu Kota, namun juga menyebar di beberapa wilayah di Pulau Jawa. Di DKI Jakarta, I2 mencatat ada 831 berita tentang kerumunan BTS Meal, Jawa Barat 136 berita, Jawa Tengah 70 berita, Jawa Timur 69 berita, dan Yogyakarta 78 berita. 

Di luar Pulau Jawa, isu BTS Meal ini relatif minim pemberitaan. Misalnya di Kalimantan hanya sekitar 7 berita, Sulawesi 4 berita, dan Papua 1 berita.

Sebaran berita kerumunan BTS Meal juga memunculkan sejumlah figur yang pertanyaannya banyak dikutip media. I2 mencatat setidaknya ada 10 top influencer atau tervokal yang banyak diisi oleh figur dari instansi pemerintah dan aparat. 

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Yusri Yunus, menjadi tokoh yang banyak dikutip pernyataannya oleh media (877 pernyataan). Terutama, saat memanggil sejumlah manajemen gerai McD untuk dimintai klarifikasi soal kerumunan. Lalu, Associate Director of Communication Mcd Indonesia, Sutji Lantyka (622 pernyataan).

Kemudian, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria (619 pernyataan). Disusul Kapolsek Metro Gambir Kade Budiyarta (388 pernyataan), Kepala Satpol PP DKI Jakarta Arifin (384 pernyataan), Kepala Satpol PP Kota Bandung Rasdian Setiadi (383 pernyataan), artis TikTok Sisca Kohl (275 pernyataan), Kepala Satpol PP Kota Semarang Fajar Purwoto (213 pernyataan), Kepala Satpol PP Jakarta Pusat Bernard Tambunan (155 pernyataan), dan terakhir adalah Kadiv Humas Polri Prabowo Argo Yuwono (148 pernyataan).

Peta Perbincangan di Medsos

Bincangan netizen soal BTS Meal pada periode 8 hingga 10 Juni cukup tinggi, I2 mencatat total ada 139.594 cuitan netizen Twitter Indonesia tentang pembelian BTS Meal. Berbeda dengan media online, dinamika ekspose soal BTS Meal di medsos cukup kencang. Apalagi saat launching di sejumlah gerai McD pada Rabu, 9 Juni 2021. 

Hari sebelumnya, 8 Juni 2021, cuitan produk BTS Meal muncul sebanyak 2.732 cuitan. Namun, begitu terjadi antrean panjang pembelian, terjadi lonjakan tajam cuitan 9 pada Juni sebanyak 86.176 cuitan. Ini ditandai oleh ramainya video antrean ojol ketika membeli BTS Meal. Banjir dukungan pun datang, para Army fans BTS bersimpati terhadap para ojol yang rela antre. Pada hari berikutnya, 10 Juni, ekpose cuitan sedikit kendor atau turun jadi 50.686 cuitan.

Tingginya perbincangan pengguna Twitter ini tak lepas dari tagar yang menyertainya. Indonesia Indicator memantau sebaran tagar dominan disuarakan oleh netizen Army. Setidaknya ada lima populer yang dilambungkan netizen yakni #BTSMeal (46.031 cuitan), #BTSxMcD (10.615 cuitan), #BTSARMY (10.542 cuitan), #ThankyouOjol (853 cuitan), dan #WepurpleyouMcD sebanyak (558 cuitan). Ini tercermin dalam ragam cuitan warganet. 

"Hari ini bersyukur banget dapat abang ojol @GrabID yang luar biasa. Pak Wandha rela ngantri 3,5 jam tanpa keluh kesah. Sebagai apresiasi, sepaket bingkisan menanti yang ia terima dg sumringah. #ThankYouOJOL Thanks @BTS_twt @McDonalds_ID #BTSxMcD #BTSMealxMcD #BTSMealindonesia," cuit @nadiahabidin pada 9 Juni 2021, diretwit 8.778 kali dan di-like 34,5 ribu.

Tagar terima kasih ojol juga dilambungkan akun @kitabisacom. "ARMY yorobun, aku cuma mau bilang nuhun. Makasih temen-temen #BTSARMY udah bikin inisiatif baik ini. Tadi siang, makanan gratis buat driver ojol yang ngantri #BTSMeal udah mulai dibagi-bagi. Kalo kata ARMY: #ThankYouOJOL yang udah rela antre dan anter makanan buat ARMY~," tulisnya pada 9 Juni, diretwit sebanyak 10,1 ribu dan dilike 24,3 ribu.

Loading...
Loading...