Sisa Laga Timnas Kita

Tiga pertandingan masih tersisa di Grup G babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 hingga akhir Mei 2021. Tapi tim nasional sepak bola Indonesia sudah dipastikan tak lolos ke babak berikutnya. Sebab lima pertandingan sebelumnya timnas Indonesia selalu kalah. Indonesia menjadi juru kunci grup di bawah Uni Emirat Arab, Vietnam, Malaysia, dan Thailand.

Meski begitu, perjuangan timnas Indonesia di babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 tetap banyak mendapat perhatian media online dan netizen Twitter. Hasil riset Indonesia Indicator (I2) pada 1-8 Juni 2021 mencatat, ada total 5.140 berita online dan 15.557 kicauan mengenai timnas Indonesia.

Pertandingan Indonesia vs Thailand pada 3 Juni 2021 dan Indonesia vs Vietnam pada 7 Juni 2021 paling banyak mendapat sorotan media online dan netizen Twitter. Total ada 853 berita online yang membahas pertandingan Indonesia vs Thailand. Sementara di Twitter, ada 1.993 kicauan mengenai laga yang berakhir imbang 2-2 itu. Adapun pertandingan Indonesia vs Vietnam dibahas dalam 604 berita online dan 1.393 kicauan di Twitter.

Media online mengapresiasi permainan timnas Indonesia saat menghadapi Thailand. Netizen Twitter juga merespons positif hasil imbang laga itu yang akhirnya membuat timnas mendapatkan poin pertama di babak kedua kualifikasi Piala Dunia 2022.

Sorotan tajam media online tertuju pada pertandingan Indonesia vs Vietnam yang berakhir empat gol tanpa balas untuk keunggulan Vietnam. Beberapa hal yang ditulis media online antara lain pernyataan Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, yang meminta staf pelatih untuk mengevaluasi performa timnas serta kepiawaian pelatih Vietnam dalam meracik taktik.

Sementara di Twitter, netizen menunjukkan respons yang beragam atas kekalahan Indonesia dari Vietnam. Ada netizen yang mengkritik permainan timnas, ada juga yang menganggap kekalahan itu wajar karena timnas merupakan tim yang baru dibentuk dan banyak diisi pemain muda.

Isu lain yang diangkat media online adalah tindakan indisipliner pemain timnas Nurhidayat (373 berita), kritik pelatih timnas Shin Tae-yong terhadap kinerja wasit Indonesia vs Vietnam (167 berita), dan gol indah pemain timnas Kadek Agung di laga Indonesia vs Thailand (47 berita).

Adapun isu lain yang berkembang di Twitter adalah permintaan agar PSSI mempertahankan pelatih Shin Tae-yong (644 kicauan), tindakan indisipliner pemain timnas Nurhidayat (160 kicauan), persiapan mental pemain timnas (120 kicauan), serta perbandingan antara Shin Tae-yong dan Luis Milla (110 kicauan).

Dari sisi influencer, pelatih timnas Shin Tae-yong menjadi figur yang pernyataannya paling banyak ditulis media online (4.404 pernyataan). Media mengutip pernyataan Tae-yong mengenai persiapan dan pertandingan timnas. Keluhan Tae-yong terhadap kinerja wasit dalam laga Indonesia vs Vietnam, Ahmad Alali, juga banyak ditulis media.

Kapten timnas, Evan Dimas Darmono, menjadi figur berikutnya yang banyak dikutip media (1.285 pernyataan). Evan, yang menjadi Man of the Match dalam laga melawan Thailand, mengapresiasi Shin Tae-yong dan rekan-rekannya di timnas karena telah bekerja keras saat menghadapi timnas Negeri Gajah Putih.

Influencer lain di media online berasal dari pemain dan staf pelatih timnas serta pengurus PSSI yakni Sekretaris Jenderal PSSI Yunus Nusi (819 pernyataan), Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (544 pernyataan), pemain timnas Egy Maulana Vikri (467 pernyataan), asisten pelatih timnas Nova Arianto (419 pernyataan), dan pemain timnas Nurhidayat (232 pernyataan).

Timnas Harapan Netizen

Timnas sepak bola Indonesia memang babak belur dalam kualifikasi Piala Dunia 2022. Tapi netizen Twitter sepertinya tetap menaruh harapan yang besar terhadap timnas di bawah asuhan pelatih Shin Tae-yong itu.

Hasil riset Indonesia Indicator (I2) pada 1-8 Juni 2021 menunjukkan tingginya harapan netizen Twitter terhadap timnas. Ini tergambar dari banyaknya emosi percaya atau trust (42 persen) dalam kicauan netizen mengenai timnas. Isi kicauannya kebanyakan berupa dukungan terhadap pemain timnas dan pelatih Shin Tae-yong meski hasil dalam laga kualifikasi Piala Dunia 2022 jauh dari memuaskan.

Emosi lain yang ditunjukkan netizen adalah antisipasi atau anticipation sebesar 34 persen. Isi kicauan netizen dengan emosi ini antara lain harapan agar timnas yang banyak diisi pemain muda itu mendapatkan hasil yang memuaskan serta kelak menjadi tim yang kuat dan disegani lawan.

Adapun emosi senang atau joy sebesar 9 persen terlihat dari kicauan netizen berisi apresiasi terhadap permainan timnas saat menghadapi Thailand. Netizen senang karena timnas berhasil meraih poin pertama dalam kualifikasi Piala Dunia 2022 setelah bermain seri dengan Thailand.

Pada 11 Juni 2021, timnas Indonesia melakoni laga terakhir kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Uni Emirat Arab. Dalam pertandingan itu, timnas kalah lima gol tanpa balas. Kendati hasil di kualifikasi Piala Dunia 2020 tak memuaskan, tentu kita berharap timnas Indonesia bisa bangkit dan kembali berprestasi di panggung dunia.

Loading...
Loading...