Isu PHK di Balik Tutupnya Giant

Ada duka di balik kabar penutupan seluruh gerai Giant, salah satu pemain besar di bisnis ritel Indonesia, terhitung akhir Juli 2021. Rencana itu mengakibatkan ribuan karyawan Giant terancam mengalami pemutusan hubungan kerja (PHK).

Isu nasib karyawan Giant yang terancam PHK tersebut paling banyak diberitakan media online, yakni mencapai 38% dari total 545 berita tentang penutupan gerai Giant pada periode pemantauan 25-27 Mei 2021. 

Indonesia Indicator (I2) mencatat, penutupan gerai Giant banyak diliput media dan diperbincangkan netizen Twitter. Total ada 188 portal media online yang memberitakan topik tersebut dalam kurun waktu 25-27 Mei 2021. Di Twitter, tercatat ada 3.267 cuitan netizen pada periode yang sama. 

Pantauan I2 menunjukkan isu PHK banyak diangkat oleh Said Iqbal. Pernyataan Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) itu cukup banyak dikutip media (326 pernyataan). 

Media banyak menulis pernyataan Said yang menyebut sebanyak 3.000 buruh terancam mengalami PHK akibat penutupan Giant. Said juga menyatakan KSPI bersama Asosiasi Serikat Pekerja (Aspek) Indonesia akan mengawal proses PHK ribuan pekerja Giant.

Top influencer lainnya adalah Presiden Direktur PT Hero Supermarket Patrik Lindvall (595 pernyataan), Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Nicholas Mandey (171 pernyataan), Direktur Hero Hadrianus Wahyu Trikusumo (164 pernyataan), dan Dirjen Perdagangan Kemendag Oke Nurwan (90 pernyataan).

Isu PHK juga ramai dicuitkan netizen Twitter. Ini terlihat dari tingginya emosi anticipation (antisipasi) yang mencapai 70%. Emosi itu berisi harapan agar karyawan Giant yang terkena PHK segera mendapatkan pekerjaan baru. 

I2 juga menangkap emosi fear (ketakutan) sebanyak 11% lewat kabar yang menyebut setidaknya ada 3.000 karyawan Giant di seluruh Indonesia yang terancam PHK. Selain itu, emosi fear juga muncul dari prediksi Ketua Umum Aprindo Roy Nicholas Mandey yang memprediksi ritel modern di Indonesia akan bertumbangan dalam enam bulan ke depan. 

Video Viral

Media juga memberitakan video viral tentang kesedihan karyawan Giant, yakni sebanyak 20% dari total berita. Video viral tersebut berawal dari unggahan TikTok karyawan Giant @shinta84.66, pada Selasa (25/5/2021). 

Dalam video tersebut, terlihat karyawan Giant tengah berkumpul dan menyimak pengumuman dari manajemen perusahaan.

Di Twitter, netizen menunjukkan emosi sadness (sedih), yakni sebanyak 19%. Emosi ini muncul dari respons netizen setelah menyaksikan video viral wajah karyawan Giant yang tampak sedih ketika mengetahui semua gerai Giant akan ditutup.

Adapun penutupan Giant banyak dicuitkan netizen Twitter dari jenis kelamin pria dengan rentang usia produktif, yaitu 31-40 tahun dan 22-30 tahun.

Loading...
Loading...