Konflik Palestina & Israel dalam Ragam Angle dan Cuitan

Konflik Palestina dan Israel menjadi perbincangan hangat dunia internasional, tak terkecuali Indonesia.

Media online dan netizen Indonesia banyak mengangkat isu tersebut dalam ragam angle dan cuitan, dari agresi militer Israel ke wilayah Gaza, bisnis senjata Amerika Serikat dengan Tel Aviv senilai 735 juta dollar AS, hingga desakan Sekjen Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Antonio Guterres agar kedua pihak menghentikan konflik.

Riset Indonesia Indicator (I2) pada periode 7-17 Mei 2021 mencatat ada 914 media online dalam negeri dan total 5.485 berita yang mengulas konflik Palestina dan Israel. 

Pada 7 Mei, ekspos isu ini sebanyak 35 berita dan terus meningkat menyentuh angka 567 berita pada 12 Mei. Ekspos pemberitaan sempat surut pada 13-14 Mei di angka 366 berita dan 431 berita. Namun kembali naik ke angka 1.000-an berita hingga mencapai puncak ekspos sebanyak 1.174 berita pada 17 Mei 2021.

Sindo Paling Getol

Dari 914 media online, I2 merangkum 10 top media share yang paling banyak menulis tentang konflik Palestina dan Israel. Sindo News menjadi portal media yang paling getol menulis isu tersebut sebanyak 120 berita, disusul MSN Indonesia (105 berita), Tribun News (96 berita), Republika (89 berita), Republik Merdeka (71 berita), Antara (69 berita), Kumparan (59 berita), Suara.com (54 berita), Detik (52 berita), dan Medcom.id (51 berita).

Tingginya pemberitaan tentang konflik Palestina dan Israel tak lepas dari figur atau top influencer yang menjadi magnet media online. Catatan I2, ada 10 top influencer yang pernyataannya banyak dikutip media online pada periode 7-17 Mei. Top influencer didominasi tokoh yang mengecam agresi militer Israel, baik itu pejabat pemerintah maupun anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Presiden Joko Widodo menjadi figur utama yang paling banyak dikutip media sebanyak 3.064 pernyataan, terutama tentang sikapnya atas konflik dua negara tersebut. Disusul Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, sebanyak 2.215 pernyataan.

Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), Anwar Abbas, menjadi figur ketiga yang banyak dikutip media sebanyak 682 pernyataan. Media banyak menulis pernyataan Anwar Abbas tentang desakan agar dunia Islam memutus hubungan diplomatik dengan Israel.

Figur berikutnya adalah Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto (586 pernyataan). Disusul Founder Internasional Networking for Humanitarian (INH) Muhammad Husein (523 pernyataan), Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini (455 pernyataan), Ketua Fraksi PAN DPR Saleh Partaonan Daulay (407 pernyataan), Ketua DPR Puan Maharani (384 pernyataan), Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin (381 pernyataan), dan Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah (376 pernyataan).

Gempuran Cuitan dan Tagar

Konflik Palestina dan Israel juga banyak mendapat perhatian netizen Twitter Indonesia. Pada kurun waktu 7-17 Mei 2021, I2 mencatat ada 102.081 cuitan netizen mengenai isu itu.

Pada 7 Mei, ekspos perbincangan netizen Twitter sebanyak 221 cuitan dan terus bergerak naik secara fluktuatif menyentuh angka ribuan, yakni sebanyak 7.232 cuitan pada 9 Mei, 9.302 cuitan pada 11 Mei, serta 14.261 cuitan pada 12 Mei. 

Puncak perbincangan terjadi pada 17 Mei sebanyak 23.075 cuitan. Pada tanggal tersebut, perhatian netizen banyak tertuju pada aksi saling serang antara militer Israel dan milisi Hamas.

Tingginya cuitan juga didongkrak oleh pernyataan bersama antara Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam atas aksi brutal Israel. Tingginya cuitan tersebut juga dibarengi dengan tagar dukungan terhadap Palestina yang turut dilambungkan netizen Indonesia. 

I2 merangkum tagar-tagar populer yang diselipkan netizen dalam cuitannya. Tagar #Ayyash250 paling banyak dipakai, yakni sebanyak 2.113 cuitan. Ayyash250 merupakan nama roket misil Brigade Al-Qassam (pasukan khusus Hamas) yang mampu menempuh jarak tembak sejauh 250 kilometer (km). Netizen pro Palestina menganggap roket itu bisa menjangkau wilayah Israel. 

Tagar populer lainnya adalah #Gaza (947 cuitan), kemudian #SavePalestine (907 cuitan), #TempoDunia (671 cuitan), lalu #PrayForPalestine (541 cuitan), dan #FreePalestine (495 cuitan). Tagar-tagar itu diunggah netizen sebagai bentuk kekesalan mereka terhadap agresi Israel.

Tewasnya ratusan warga sipil tak berdosa akibat konflik Palestina dan Israel juga menyedot simpati dan emosi netizen Indonesia. Emosi antisipasi (anticipation) paling banyak ditunjukkan netizen, yakni sebesar 12.702 cuitan (23%). Lewat emosi ini, netizen berharap konflik Palestina-Israel dapat segera berakhir, sehingga tidak semakin memakan banyak korban jiwa.

Sedangkan emosi percaya (trust) ditunjukkan netizen dalam 11.690 cuitan (12%). Emosi ini berisi dukungan terhadap korban perang di Gaza. Selain itu, muncul pula emosi anger atau geram sebanyak 11.232 cuitan (20%). Emosi itu berasal dari kecaman netizen terhadap aksi brutal militer Israel yang menyasar rakyat sipil, terutama perempuan dan anak-anak.

Akun @solehsolihun Banjir Respons

I2 juga mencatat empat akun netizen Twitter Indonesia yang meraup engagement cukup besar dalam perbincangan mengenai konflik Israel dan Palestina. Salah satunya akun @solehsolihun. Akun itu memberi penjelasan mengenai konflik Palestina dan Israel yang sebenarnya bukan konflik agama, melainkan konflik kemanusiaan. “konflik israel palestina bukan konflik antar agama. silakan baca penjelasan di gambar berikut ini, ya,” tulisnya disertai gambar penjelasan. Total engagement cuitan itu mencapai 6.181,65.

Top engagement lainnya berasal dari cuitan akun @Husen_Jafar yang mengajak followers-nya untuk mendoakan Palestina dan menyuarakan perlawanan terhadap Israel. Total engagement cuitan akun itu sebanyak 3.858,65. Kemudian, akun @jek_ _ _ dengan total engagement sebanyak 3.012,75 lewat cuitan ucapan selamat Lebaran buat rakyat Palestina. 

Terakhir, akun @msaid_didu yang menyuarakan kecaman atas pembantaian anak-anak Palestina oleh Israel dengan total engagement 2.939,05. "Saya telponan dg anak saya yg sedang kuliah di Sydney, dia menangis dan merasa tdk berguna sama sekali karena tdk bisa membantu anak2 palestina yg tiap hari dibantai oleh Israel. Saya bangga padamu Nak," tulis @msaid_didu.

Loading...
Loading...