Lanskap Idulfitri 1442 Hijriah di Media

Umat muslim di Indonesia merayakan Idulfitri 1442 Hijriah pada 13 Mei 2021. Hal itu selaras dengan hasil sidang isbat Kementerian Agama pada 11 Mei.

Seperti tahun lalu, Lebaran kali ini juga masih dalam suasana pandemi COVID-19. Karenanya, banyak kebijakan pemerintah yang membatasi pergerakan masyarakat guna meminimalisasi risiko penularan SARS-CoV-2, salah satunya pelarangan mudik pada 6-17 Mei. 

Pulang ke kampung halaman, tradisi yang biasa dilakukan masyarakat saat libur Lebaran, tahun ini kembali dilarang lantaran perpindahan masyarakat tergolong signifikan. Tingginya mobilisasi tersebut setidaknya tercermin dari volume kendaraan yang meninggalkan Jabodetabek.

Berdasarkan presentasi Kementerian Perhubungan, sebanyak 20,3 juta orang mudik menggunakan berbagai moda transportasi pada 2017. Setahun berselang naik menjadi 21,6 juta pemudik dan pada 2019 sebesar 18.343.021 pemudik. Saat itu, belum ada pandemi COVID-19.

Tingginya mobilisasi tersebut memperbesar risiko penularan COVID-19. Fenomena ini juga terjadi arus mudik dan balik Lebaran 2020 ataupun pascalibur panjang pada momen lainnya.

Selain itu, pemerintah juga masih memperketat aturan pelaksanaan salat Id. Meski sejumlah daerah diperkenankan melaksanakannya secara berjemaah di masjid ataupun lapangan terbuka dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) ketat, tetapi masyarakat tetap dianjurkan beribadah di rumah masing-masing.

Kedua isu tersebut pun menjadi sorotan media daring (online) saat hari H dan H+1 Lebaran. Berdasarkan pemantauan Indonesia Indicator (I2) selama 13-14 Mei, terdapat 22.165 berita dengan perincian 12.412 berita pada 13 Mei dan sisanya, 9.753 berita diangkat pada 14 Mei.

Terdapat 1.609 media daring memberitakan perayaan "hari kemenangan". Pemberitaan pada hari pertama Lebaran didominasi isu salat Id dengan prokes ketat, dan penyekatan arus mudik.

Suara.com menjadi media daring paling produktif dengan 514 berita, disusul MSN Indonesia sebanyak 425 berita. Peringkat ke-3 hingga 10 ditempati Tribunnews (420 berita), Kompas (334 berita), Antara (316 berita), Republika (304 berita), Sindonews (294 berita), Kumparan (283 berita), iNews (272 berita), dan Detik.com (252 berita).

Selain itu, I2 mencatat, TNI dan Polri menjadi instansi yang paling banyak beritakan dengan masing-masing 1.500 berita dan 1.241 berita. Keduanya berkaitan dalam isu penegakan prokes, penyekatan mudik, hingga pengamanan Idulfitri.

Berikutnya ada Kemenhub dengan 281 berita, Polda Metro Jaya (221 berita), Polda Kalteng (219 berita), Pemprov DKI Jakarta (204 berita), BNPB (198 berita), Kemenag (190 berita), Kemenkes (179 berita, dan Majelis Ulama Indonesia dengan 171 berita.

Kemenhub banyak diberitakan tentang strategi antisipasi arus mudik dan balik, penyekatan mudik Lebaran, dan lain-lain. Kemudian BNPB soal upaya memitigasi penyebaran COVID-19 hingga penanganan banjir dan longsor di lima kabupaten pada hari pertama Idulfitri. 

Riuh rendah tentang Lebaran pun terjadi di media sosial. Pantauan di Twitter pada periode sama menunjukkan, terdapat 131.297 percakapan netizen tentang Idulfitri.

Perbincangan tersebut didominasi emosi senang (joy) dengan 52.570 cuitan. Selanjutnya antisipasi (anticipation) sebesar 32.232 cuitan dan percaya (trust) 9.216 cuitan.

Emosi joy banyak muncul dari kicauan saling mengucapkan selamat berlebaran dan saling memaafkan. Sedangkan anticipation tercermin dari percakapan yang tidak sabar menunggu tradisi berbagi angpao serta memakan makanan khas seperti ketupat dan opor.

Sementara itu, trust muncul salah satunya dari ajakan netizen untuk menjaga jarak dan menerapkan prokes saat halalbihalal.

Setidaknya ada lima akun dengan pelibatan teratas (top engagement), salah satunya eks vokalis Naif, David Bayu. Melalui akun @davidbayu, dia mengirim ucapan selamat Idulfitri dan kenaikan Isa Almasih pada 14 Mei.

Lalu akun @kegblgnunfaedh dan @shitegoblin yang keduanya mengirimkan meme salat Id serta akun @sherinasinna milik musisi Sherina Munaf tentang ucapan selamat berlebaran disertai fotonya bersama sang suami dan kucing-kucing peliharaannya. Terakhir, penulis Puthut EA (@Puthutea) yang berkicau soal tradisi angpao saat Lebaran, terutama pola asuh terhadap anaknya.

Loading...
Loading...