Cinta Produk Indonesia Lewat #BanggaBuatanIndonesia

Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) 2021 menggema di dunia maya sejak diluncurkan Senin (11/01). Gernas BBI banyak diberitakan dan diperbincangkan dengan ragam isu, baik di media online maupun media sosial. 

Riset Indonesia Indicator (I2) periode 1 Januari hingga 22 Maret 2021 mencatat total ada 3.805 berita media online mengenai Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia. Indonesia Indicator juga menemukan ada 8 isu Gernas BBI yang terbanyak disorot oleh media. Isu paling besar adalah Pameran karya kreatif Indonesia, yang berjumlah 

555 berita atau 14%. Atensi media tertuju pada upaya Bank Indonesia (BI) untuk

menyukseskan Program Gernas BBI dengan menggandeng 15 kementerian/lembaga, pemerintah daerah, perbankan, dan platform belanja online untuk membuat program Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2021 untuk digelar di berbagai daerah di Indonesia.

Isu kedua yang banyak diangkat media online adalah digitalisasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) sebesar 13%. Media mengangkat harapan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki agar Gernas BBI bisa ikut mengakselerasi UMKM menjadi melek digital sehingga mampu beradaptasi di masa pandemi Covid-19. 

Isu ketiga terbesar adalah kampanye Beli Kreatif Danau Toba sebanyak 12%, disusul Pemulihan Ekonomi Nasional 10%, penggunaan GeNose Test karya anak bangsa 10%, launching Gernas Bangga Buatan Indonesia 7%, kampanye Bangga Berwisata di Indonesia 8%, hingga pernyataan Presiden Jokowi yang menggaungkan benci produk asing 5%.

Menko Luhut Banyak Dikutip Media

Tingginya pemberitaan Gernas BBI juga tak lepas dari 10 top influencer atau figur tervokal yang pernyataannya banyak dikutip media. Menko Marves, Luhut Binsar Pandjaitan menjadi figur paling vokal, dengan 3.015 pernyataan. Menteri Luhut banyak memberikan keterangan seputar launching Gernas Bangga Buatan Indonesia, hingga program-program turunannya.

Presiden Jokowi menjadi figur tervokal kedua dengan 2.670 pernyataan, khususnya pernyataan soal “benci produk asing.” Setelah Jokowi, ada nama Menparekraf Sandiaga Uno sebanyak 2.436 pernyataan, Menkop UKM Teten Masduki (1.360 pernyataan), Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo (941 pernyataan), VP Public Relations PT KAI Joni Martinus (572 pernyataan), Menhub Budi Karya Sumadi (474 pernyataan), Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (424 pernyataan), Menkominfo Johnny G Plate (398 pernyataan), dan Mendag Muhammad Lutfi (340 pernyataan).

Dalam riset tersebut, I2 juga menangkap terdapat 719 media online yang memberitakan topik tersebut. Dari jumlah tersebut, ada 10 media mainstream nasional berada di daftar media teratas. Media online Antara menjadi media yang paling banyak menulis berita mengenai isu ini sebanyak 130 berita, disusul Inti Jaya News (91 berita), Liputan 6 (89 berita), Sindo News (75 berita), Medcom.id (62 berita), Republika (60 berita), Bisnis Indonesia (53 berita), Okezone (48 berita), Media Indonesia (47 berita), dan Detik (46 berita).

Respons Positif Mendominasi

Tak hanya di media online, perbincangan Gernas BBI juga ramai diperbincangkan di Twitter. Pada periode 1 Januari-22 Maret itu pula ada total 2.179 kicauan netizen mengenai Gernas Bangga Buatan Indonesia dengan ragam tagar dan emosi. 

Tagar #BanggaBuatanIndonesia mendominasi perbincangan netizen Twitter sebanyak 112 cuitan. Tagar itu banyak dipakai dalam kicauan berisi informasi mengenai program-program Gernas Bangga Buatan Indonesia. Tagar ini juga menjadi semacam kampanye agar netizen twitter mendukung dan membeli produk UMKM buatan dalam negeri.

Tagar terbanyak kedua adalah #KKI2021 sebanyak 61, #DiIndonesiaAja 59, #banggabuatanindonesia (49 cuitan), #SobatRupiah (48 cuitan), #EKSOTISMELOMBOK (46 cuitan), #FestivalDiskonNasional (34 cuitan), dan #BeliKreatifDanauToba (34 cuitan).

Selain tagar, ragam ekspresi emosi juga turut mewarnai perbicangan Gernas BBI di Twitter. Emosi percaya atau trust mendominasi perbincangan netizen Twitter sebesar 92% atau 1.842 kicauan. Emosi ini banyak terbentuk dari kicauan netizen berisi tautan berita dan informasi mengenai Gernas BBI dan Pameran Karya Kreatif Indonesia. Ada juga emosi anticipation (antisipasi) sebanyak 162 kicauan atau 8%, berisi harapan bahwa kementerian/lembaga mampu bersinergi dalam mendukung Gernas Bangga Buatan Indonesia. Tingginya ekspresi emosi trust tersebut sejalan dengan tingginya respons positif netizen dalam perbincangan mereka mengenai Gernas Bangga Buatan Indonesia. I2 mencatat kicauan bersentimen positif mencapai 1.956 atau 90%, sentimen netral sebanyak 10% lainnya.

Loading...
Loading...