Suara-Suara Rindu Liburan dari Netizen di Sosmed

Hampir setahun sudah pandemi Covid-19 melanda Indonesia. Selama itu pula virus ini "memenjara" masyarakat di rumah. 

Hingga awal tahun 2021, kasus Covid-19 di Indonesia belum menunjukkan tanda-tanda akan mereda. Justru sebaliknya, terjadi lonjakan signifikan melampaui satu juta kasus dan menjadikan Indonesia sebagai negara tertinggi dengan kasus aktif Covid-19 di Asia.

Masyarakat pun mulai jenuh “mematung” di rumah dan ingin segera lepas dari kekangan Covid-19 agar

bisa pergi jauh ke suatu tempat untuk liburan. Keinginan publik ini terekam dalam riset media sosial Indonesia Indicator (I2) periode 1 Januari hingga 21 Februari. 

Pada periode tersebut, terpantau perbincangan netizen yang rindu berlibur, totalnya 21.726 unggahan dari 19.902 akun media sosial, mulai dari Facebook, Twitter, YouTube, hingga Instagram.

Dinamika perbincangan

Gerak dinamika bincang liburan pada periode 1 Januari hingga 21 Februari cukup dinamis dan fluktuatif. 

Di Facebook, netizen memperbincangkan daerah-daerah wisata yang ada di wilayah domisili mereka. Selain itu, netizen Facebook juga ikut mempromosikan wisata di sekitar mereka. Bahkan, generasi X (Gen X) menyebut mereka sudah dilanda kebosanan dikekang pandemi.

Selain itu, Menteri Parekraf Sandiaga Uno juga cukup aktif membagikan program kerjanya di Facebook, hingga menuai banyak respons dari masyarakat. Mereka berharap menteri baru dapat memajukan perekonomian daerah melalui sektor pariwisata daerah.

Twitter

Di Twitter, terdapat 7.651 tweet soal liburan. Namun berbeda dari Facebook, netizen Twitter bersama influencer mengimbau agar masyarakat menahan diri untuk tidak berpergian selama masa pandemi. 

Banyak pula cuitan kritik yang ditujukan kepada pemerintah dan selebgram karena mengajak masyarakat untuk berwisata di masa pandemi. 

YouTube

Unggahan video dan percakapan netizen di Youtube soal liburan berasal dari channel pribadi maupun pemerintah daerah. Akun-akun ini mengunggah video keindahan tempat wisata di daerah mereka untuk mengajak para wisatawan berkunjung. Beberapa content creator juga ikut mengunggah vlog saat berlibur di beberapa destinasi wisata.

Instagram

Jumlah unggahan tentang liburan saat pandemi di Instagram diisi oleh akun-akun selebgram dan influencer yang memposting foto atau video liburan mereka. 

Sebagian pengguna Instagram lain hanya bisa memposting foto lama sebelum pandemi melanda, dan menyisipkan caption kangen liburan dan rindu berwisata seperti saat sebelum pandemi.

Beberapa akun penyedia jasa tur dan travel mulai kembali aktif melakukan promosi di beberapa destinasi-destinasi wisata populer.

Dari seluruh perbincangan dan unggahan tentang liburan di media sosial tersebut, sebagian besar netizen menyoroti keindahan alam, unggahan destinasi wisata impian mereka, sembari berharap agar pandemi segera usai. Mereka merindukan liburan yang tidak perlu mengkhawatirkan banyak hal, selain uang. Misalnya, pemilik akun Instagram @frandaaa87 yang mengungkapkan keinginannya bisa berlibur, "Kangen bisa bebas liburan yaa," tulisnya. 

Sementara @WidasSatyo mencuitkan keinginannya menghabiskan liburan ke tempat wisata yang indah bila pandemi berakhir, "Pengen gitu suatu saat ke tempat wisata yg ndak populer buat orang kebanyakan," cuitnya sembari mengunggah foto pemandangan alam indah.

Netizen Rindu Kampung Halaman

Dari seluruh keinginan netizen ingin berlibur ke destinasi wisata, tempat yang paling ingin dikunjungi netizen selama pandemi adalah kampung halaman. Kampung halaman (rumah) menjadi destinasi utama yang paling banyak dirindukan semua orang setelah pandemi Covid-19 berakhir.

Banyak harapan dari netizen agar Lebaran tahun 2021 ini berbeda dengan tahun kemarin. Mereka berharap dapat berlebaran seperti masa-masa sebelum pandemi yang berkumpul secara bebas dengan keluarga tanpa takut tertular atau menularkan virus kepada orang lain.

Loading...
Loading...