Gempar Kemenangan Biden-Harris di Jagat Maya

Pesta demokrasi di Amerika Serikat (AS) telah selesai setelah melalui dinamika politik yang panjang dan panas. Pasangan capres-cawapres Joe Biden-Kamala Harris berhasil mengalahkan capres-cawapres petahana Donald Trump-Mike Pence pada Pilpres AS 2020. Joe Biden resmi terpilih dan segera dilantik sebagai presiden pada Januari 2021 mendatang.

Hasil Pilples AS kali ini menyajikan sejumlah fakta menarik. Dari sisi figur, berdasarkan catatan Indonesia Indicator (I2), sosok Joe biden merupakan Presiden AS tertua sepanjang sejarah. Saat dilantik nanti pada 20 Januari 2021, Biden akan berusia 78 tahun. Sementara wakilnya Kamala Harris mencatatkan dirinya sebagai Wakil Presiden AS perempuan pertama sepanjang sejarah. Harris juga tercatat sebagai warga AS keturunan kulit hitam pertama yang menjabat sebagai Wakil Presiden AS.

Fakta menarik lainnya adalah kemenangan capres-cawapres yang diusung Partai Demokrat berhasil mencatatkan sejarah baru dalam Pemilu AS, yakni keduanya berhasil memperoleh popular votes atau suara populer terbanyak sepanjang sejarah pemilu AS. Sebanyak 75.404.182 suara populer berhasil diperoleh Biden-Harris, dari total sekitar 165 juta penduduk AS. Angka ini bahkan jauh melampaui total suara populer yang diperoleh Barrack Obama yaitu 69.498.516 suara.

Biden 'di Atas Angin'

Kemenangan Biden-Kamala Harris juga menyita perhatian netizen AS, baik di Twitter maupun media online. Riset media sosial I2 periode 3 sampai 10 November 2020 mencatat sebanyak 14.077.269 cuitan netizen Twitter membahas sosok Joe Biden-Kamala Harris, serta kemenangan mereka pada Pilpres AS.

Di media online, ekspos pemberitaan pasangan Joe Biden-Kamala Harris mencapai 40.101, dari 1.282 portal dalam dan luar negeri. Pantauan I2, pergerakan ekspos di Twitter mulai banyak dibahas sejak 3 November sebanyak 3.542 cuitan, dan terus bergerak naik, meski fluktuatif, hingga 7 November sebanyak 4.510 cuitan. Puncak perbincangan netizen tentang Joe Biden dan Kamala Harris terjadi 8 November 2020 yang secara garis besar seputar kabar kepastian kemenangan atas rival politiknya Donald Trump-Mike Pence. Biden berada ‘di atas angin’ setelah sukses merebut Pennsylvania dan Nevada. Biden meraup 290 total suara elektoral atau 20 suara elektoral lebih banyak dari batas 270 suara elektoral untuk melenggang ke Gedung Putih.

Biden Curang?

Tidak semua warga AS bisa menerima hasil pilpres, terutama Trump dan pendukungnya. Hal ini memicu munculnya sentimen negatif warganet atas Biden-Harris. Angkanya cukup mendominasi yakni sebesar 43%. Secara umum cuitan negatif berisi tudingan bahwa Joe Biden telah melakukan kecurangan demi memenangkan Pilpres AS. Netizen semakin menyudutkan Biden pasca-Trump berencana melakukan gugatan hasil pilpres.

I WON THIS ELECTION, BY A LOT!” tulis Donald Trump via Twitter dengan huruf kapital bernada keras pada 7 November.

Sementara cuitan positif tentang hasil Pilpres AS hanya 32%, netizen AS yang merima hasil pilpres turut mengucapkan selamat atas kemenangan Biden-Harris, termasuk para kepala negara di berbagai belahan dunia. Sisanya berisi cuitan netral sebanyak 25%.

“My warmest congratulation @JoeBiden and @KamalaHarris on your historic election,” cuit Presiden Joko Widodo memberi selamat atas kemenangan capres-cawapres yang diusung Partai Demokrat itu pada 8 November.

Keoknya Trump pada pilpres kali ini membawa “Joe Biden” menjadi kata kunci populer yang digunakan netizen, ada pula keyword lainnya bernada positif seperti “Biden Administration”. Sementara kata kunci “Legal Proceedings” dikaitkan dengan klaim Trump yang tidak menerima hasil pemilu, bahkan berencana menggugatnya.

Klaim Sepihak Trump

Pada periode 3 hingga 10 November 2020, Indonesia Indicator juga merangking 10 figur berpengaruh yang pernyataannya banyak dirujuk media online. Presiden AS terpilih, Joe Biden menjadi figur yang paling banyak dimintai keterangannya oleh media seputar kontestasinya melawan Trump, serta kemenangannya di Pilpres AS. Tercatat ada 26.297 pernyataan Biden yang dikutip media online.

Sementara Donald Trump menjadi figur kedua yang paling banyak dikutip pernyataannya oleh media online, yakni sebanyak 24.363. Media banyak mengutip peryataan Trump tentang klaim sepihak sebagai pemenang dan mengklaim akan menggugat hasil Pilpres AS.

Sosok top influencer lainnya adalah wapres terpilih AS Kamala Harris sebanyak 3.644 pernyataan media, disusul pemimpin mayoritas senat AS Mitch McConell 1.519, Barack Obama 1.152, manajer kampanye Trump, Bill Stepien 926 cuitan, Ketua DPR AS Nancy Pelosi 874, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson 858, senator Partai Republik Lindsey Graham 838, dan Presiden RI Joko Widodo berada di urutan buncit sebanyak 782 pernyataan.  

Presiden Jokowi turut bersuara soal kontestasi Joe Biden-Kamala Harris di Pilpres AS. Jokowi kemudian mengucapkan selamat atas terpilihnya Biden dan menyebut RI siap memperkuat kerja sama dengan pemerintahan Joe Biden.

Pada periode 3-10 November 2020 tersebut, I2 juga memantau adanya 10 media online dalam dan luar negeri yang banyak memberitakan seputar kemenangan Joe Biden. Terdapat 1.282 portal media online yang memberitakan Joe Biden-Kamala Harris di periode tersebut. 

Portal media online luar negeri Microsoft Network (MNS) menjadi portal media online paling dominan memberitakan pasangan Biden-Harris, sebanyak 923 pemberitaan, Tribun News 547, The Daily News 528, Fox News 518, India Times 427, News Week 423, CNBC Indonesia 384, Breitbart 352, Detik 352, dan Bisnis Indonesia 350 berita.

Loading...
Loading...