Dunia Medis di Tengah Corona

Kabar duka menyelimuti dunia medis. Ratusan dokter wafat akibat Covid-19 yang menjangkiti Indonesia. 

Ketua Tim Mitigasi PB Ikatan Dokter Indonesia (IDI), Adib Khumaidi, dikutip CNN Indonesia, Selasa (3/11), mengungkapkan, catatan selama 8 bulan pandemi covid-19 di Indonesia, sudah 161 tenaga medis dokter yang wafat. Para tenaga medis yang berpulang itu terdiri dari dokter umum sebanyak 152 orang, dan dokter gigi sebanyak 9 orang. Sementara provinsi Jawa Timur menjadi daerah yang menyumbang angka kematian dokter terbanyak yaitu 33 dokter.

Peristiwa gugurnya para dokter dan tenaga kesehatan dalam penanganan Covid-19 menjadi isu terbesar dalam pemberitaan media terkait Ikatan Dokter Indonesia (IDI). Indonesia Indicator (I2) mencatat, isu itu diberitakan sebanyak 6.098 berita dalam kurun waktu 1 Maret–27 Oktober 2020.

Secara garis besar, pemberitaan mengenai IDI pada periode yang sama sebanyak 30.570 berita dari 1.760 portal media online. 

Selain soal meninggalnya dokter, isu penerapan juga edukasi protokol kesehatan dan ketersediaan alat pelindung diri (APD) juga menjadi isu utama terkait IDI, masing-masing diberitakan sebanyak 6.777 berita dan 2.844 berita. 

Salah satu yang diulas media adalah permintaan PB IDI kepada pemerintah agar menyiapkan APD bagi tenaga kesehatan supaya pelayanan terhadap pasien COVID–19 bisa berjalan maksimal. 

Isu ketersediaan APD juga sempat menjadi sorotan pers pada awal penyebaran COVID-19 di Indonesia. Saat itu, kabar ini mengemuka karena stok APD kian menipis dan habis di berbagai rumah sakit di Indonesia.

Figur Internal PB IDI Favorit Media

Berdasarkan penelusuran I2, empat figur internal PB IDI menjadi rujukan utama media seputar isu-isu IDI selama pandemi ini. Nama Ketua Umum PB IDI, Daeng M Faqih merupakan favorit media dengan jumlah pemberitaan mencapai 7.577 berita.  

Daeng aktif berkomentar seputar wafatnya para tenaga kesehatan, penerapan protokol kesehatan, hingga program vaksinasi COVID-19.

Selain Daeng, tiga pengurus IDI lainnya juga menjadi top person. Yakni, Ketua Mitigasi PB IDI Adib Khumaidi (7.370 berita), Humas PB IDI Halik Malik (3.197 berita), dan Ketua Satgas Covid IDI Zubairi Djoerban (3.286 berita).  

Sementara itu, portal media online Republika terpantau paling aktif memberitakan IDI dengan 769 berita. Disusul oleh media yang tergabung dalam Kompas Gramedia Group (KKG), yakni Tribun News dan Kompas.com masing-masing 746 berita dan 565 berita. 

Media lain yang cukup aktif adalah Detik.com (455 berita), Kumparan (426 berita), Suara.com (422 berita), Liputan 6 (415 berita), Antara (413 berita), Tempo.co (379 berita), dan CNN Indonesia (343 berita).

Loading...
Loading...