Gusar Begal Sepeda

Tren bersepeda sedang naik daun, seiring berlarut-larutnya pandemi Covid-19. Pangkalnya, dianggap sebagai transportasi alternatif yang aman dari penularan karena minim interaksi dan menjaga kebugaran tubuh.

Peningkatan tertinggi terjadi di DKI Jakarta menyusul kian banyaknya fasilitas penunjang yang disediakan. Misalnya, jalur sementara (pop up) ataupun permanen dan kantong parkir sepeda.

Berdasarkan data Institute For Transportation and Development Policy (ITDP), pesepeda di Jakarta naik 1.000% saat pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi tahap awal daripada sebelumnya. Pengamatan dilakukan melalui perbandingan antara tren pada Juni 2020 dengan Oktober 2019 kala uji coba jalur sepeda 63 kilometer.

Perhitungan dilakukan pada hari kerja di jam sibuk (rush hour), pukul 06.30-08.00, di Sudirman-Thamrin, Dukuh Atas, Gelora Bung Karno, dan Sarinah.

Setali tiga uang. Tren kejahatan terhadap pesepeda pun mengalami peningkatan, terutama di Ibu Kota dan sekitarnya. 

Maraknya begal sepeda disoroti warganet dan sejumlah media massa. Ini sesuai hasil pemantauan Indonesia Indicator (I2) sepanjang 1 September-20 November. Terdapat 278 media daring yang memberitakan begal sepeda dengan 1.015 artikel. Berita terbanyak dimuat Detikcom dengan 40 artikel; lalu Suara.com 32 artikel; JPNN 28 artikel; Tempo.co 27 artikel; Republika 23 artikel; Warta Kota, RRI, Merdeka, dan KOMPAS.com masing-masing 21 artikel; serta Liputan6 20 artikel.

Merujuk sebaran ekspos berita tersebut, kejadian di Jakarta paling menjadi sorotan. Terdapat 316 artikel yang membahas kasus begal sepeda di Jakarta.

Media terpantau memberitakan beberapa pesohor yang menjadi korban begal sepeda. Salah satunya aktor Anjasmara Prasetya yang pernah menjadi korban saat beraktivitas di Jalan Sudirman, Jakarta Selatan, Senin (19/10), pukul 07.30.

Aktor film Si Cecep itu berupaya melawan dengan memukul pelaku, yang berada di atas motor, menggunakan tangan kiri. Sayangnya, justru membuat dirinya terjatuh dan mengakibatkan pundak kiri terluka.

Para pelaku mengincar korban tanpa memandang status, termasuk personel TNI. Ini seperti yang dialami Kolonel (Adm) Ridwan Gultom kala bersepeda di Jalan Boulevard Bintaro Jaya, Tangerang Selatan, Sabtu (14/11).

Korban, yang kehilangan dompet dan ponsel, sempat terjatuh dan tak sadarkan diri karena pembegalan. Beruntung dirinya berhasil ditolong pesepeda lainnya dan dibawa ke rumah sakit.

Guru Besar Manajemen Bisnis dan Teknik Industri Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Udisubakti Ciptomulyono, pun sempat menjadi korban begal sepeda. Dirinya menjadi sasaran tindak kriminal saat bersepeda di Kenjeran, Kota Surabaya, Jawa Timur, pada Rabu (18/11). Berbagai dokumen dan harta benda yang dibawanya diambil pelaku.

Di sisi lain, kepolisian belakangan membentuk beberapa satuan tugas (satgas). Tujuannya, untuk mitigasi dan pengungkapan kasus.

Upaya perlindungan juga dipromotori pengemudi ojek daring atau ojol yang tergabung dalam Aksi Roda Dua (Garda). Mereka menawarkan jasa kawal gowes antibegal pesepeda.

Sementara itu, kasus begal sepeda juga riuh diperbincangkan hingga 962 kicauan di Twitter dalam rentang waktu yang sama. Kata kunci "aktor Anjasmasa" dan "anggota TNI" menjadi terpopuler setelah keduanya menjadi korban dibandingkan diksi lainnya.

Meski demikian, beberapa netizen mempersoalkan penggunaan "begal sepeda" sebagai padanan lain dalam menyoroti kasus tersebut. Ini seperti yang dicuitkan @mefadli. "Rancu sebenernya antara sebutan 'begal sepeda' atau 'jambret pesepeda.'"

I2 mencatat fokus terhadap isu meningkat setiap bulannya, baik di Twitter maupun media daring. Detailnya, 63 artikel dan 18 cuitan pada September, 336 artikel dan 375 cuit pada Oktober, dan 616 artikel dan 569 cuit pada November.


Anak-anak Dalam Sorotan Media Massa

Tahun 2020 menjadi salah satu yang terberat bagi anak-anak Indonesia. COVID-19 yang menjangkiti nusantara sejak awal Maret 2020, mengakibatkan masa depan penerus bangsa tersebut terancam. 

Indonesia Indicator (I2) melakukan pemantauan mengenai isu-isu terkait anak di media online. Kata-kata (keyword) yang digunakan dalam pencarian data atau pemantauan di media di antaranya: "anak - anak“, "anak-anak“, "anak kecil“, dan "anak di bawah umur“. Pemantauan dilakukan dalam kurun waktu 1 Januari–19 November 2020. Adapun jumlah media online yang dipantau mencapai 2.745 portal media online nasional dan daerah.

Hasilnya, isu anak-anak di tengah ancaman pandemi mendominasi pemberitaan sekitar 179.548 berita atau 48% dari isu utama mengenai anak-anak. Media memberitakan mulai dari rentannya kondisi anak-anak terpapar COVID-19, hingga terancamnya masa depan anak akibat virus yang pertama kali ditemukan di Wuhan, China tersebut. UNICEF pun menyebutkan bahwa anak–anak dan remaja menyumbang 11% dari kasus virus corona global. 

Di Indonesia, kasus kematian pasien positif corona pada kategori anak-anak mencapai 2,3% dari total kasus. Angka itu merupakan data Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) per 1 Oktober 2020, seperti yang disampaikan Komisioner KPAI Retno Listyarti yang dikutip Detik.com.  

Selain pandemi, isu kekerasan dan pelecehan terhadap anak juga banyak dikaver media sebanyak 33.492 berita (9%). Pemberitaan banyak menyoroti kasus kekerasan, pelecehan, perdagangan, dan penelantaran anak di Indonesia sepanjang tahun 2020. 

Sebaran ekspos berita mengenai kejahatan terhadap anak terjadi di seluruh wilayah di Indonesia. DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Jawa Timur merupakan tiga provinsi dengan ekspos berita terbesar.

Sementara, figur Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Yusri Yunus menjadi figur yang banyak dikutip pernyataannya seputar pengungkapan kasus kejahatan terhadap anak (15.849 pernyataan). Salah satu yang banyak mendapat perhatian media yakni terkait kasus pencabulan 305 anak oleh warna negara Prancis, yang mencuat pada Juli 2020 lalu.

Gizi Buruk 

Dalam riset yang sama, I2 juga menangkap isu pemenuhan gizi dan pencegahan stunting terhadap anak-anak Indonesia, menjadi atensi media sebanyak 17.175 berita (5%). Media banyak meliput soal Hasil Survei Status Gizi Balita Indonesia (SSGBI) pada tahun 2019 yang menunjukkan bahwa prevalensi stunting mencapai 27,67%. Artinya, setiap 10 anak Indonesia, ada tiga orang di antaranya yang mengalami stunting.

Beberapa isu lain yang menjadi santapan "nyamuk pers" yaitu fenomena belajar online terhadap anak dan siswa-siswi sekolah sebanyak 21.664 berita (6%). Topik ini menguat seiring dengan meningkatnya upaya pemerintah memutus mata rantai virus COVID-19. 

Nama Menteri Pendidikan Nadiem Makarim turut menjadi figur yang banyak dimintai pendapatnya oleh media seputar program belajar jarak jauh, atau sekolah daring bagi siswa-siswi sekolah di tengah pagebluk. Nadiem tercatat memberikan keterangan kepada media sebanyak 12.115 pernyataan.  

Lainnya ada isu anak selebritis 34.896 berita, anak dan dunia olahraga 31,267 berita, anak terdampak bencana 27.003, keterlibatan anak dalam politik 24.188 berita, perlindungan anak difabel 6.700 berita, dan pernikahan dini 1.908 berita. 

Gempar Kemenangan Biden-Harris di Jagat Maya

Pesta demokrasi di Amerika Serikat (AS) telah selesai setelah melalui dinamika politik yang panjang dan panas. Pasangan capres-cawapres Joe Biden-Kamala Harris berhasil mengalahkan capres-cawapres petahana Donald Trump-Mike Pence pada Pilpres AS 2020. Joe Biden resmi terpilih dan segera dilantik sebagai presiden pada Januari 2021 mendatang.

Hasil Pilples AS kali ini menyajikan sejumlah fakta menarik. Dari sisi figur, berdasarkan catatan Indonesia Indicator (I2), sosok Joe biden merupakan Presiden AS tertua sepanjang sejarah. Saat dilantik nanti pada 20 Januari 2021, Biden akan berusia 78 tahun. Sementara wakilnya Kamala Harris mencatatkan dirinya sebagai Wakil Presiden AS perempuan pertama sepanjang sejarah. Harris juga tercatat sebagai warga AS keturunan kulit hitam pertama yang menjabat sebagai Wakil Presiden AS.

Fakta menarik lainnya adalah kemenangan capres-cawapres yang diusung Partai Demokrat berhasil mencatatkan sejarah baru dalam Pemilu AS, yakni keduanya berhasil memperoleh popular votes atau suara populer terbanyak sepanjang sejarah pemilu AS. Sebanyak 75.404.182 suara populer berhasil diperoleh Biden-Harris, dari total sekitar 165 juta penduduk AS. Angka ini bahkan jauh melampaui total suara populer yang diperoleh Barrack Obama yaitu 69.498.516 suara.

Biden 'di Atas Angin'

Kemenangan Biden-Kamala Harris juga menyita perhatian netizen AS, baik di Twitter maupun media online. Riset media sosial I2 periode 3 sampai 10 November 2020 mencatat sebanyak 14.077.269 cuitan netizen Twitter membahas sosok Joe Biden-Kamala Harris, serta kemenangan mereka pada Pilpres AS.

Di media online, ekspos pemberitaan pasangan Joe Biden-Kamala Harris mencapai 40.101, dari 1.282 portal dalam dan luar negeri. Pantauan I2, pergerakan ekspos di Twitter mulai banyak dibahas sejak 3 November sebanyak 3.542 cuitan, dan terus bergerak naik, meski fluktuatif, hingga 7 November sebanyak 4.510 cuitan. Puncak perbincangan netizen tentang Joe Biden dan Kamala Harris terjadi 8 November 2020 yang secara garis besar seputar kabar kepastian kemenangan atas rival politiknya Donald Trump-Mike Pence. Biden berada ‘di atas angin’ setelah sukses merebut Pennsylvania dan Nevada. Biden meraup 290 total suara elektoral atau 20 suara elektoral lebih banyak dari batas 270 suara elektoral untuk melenggang ke Gedung Putih.

Biden Curang?

Tidak semua warga AS bisa menerima hasil pilpres, terutama Trump dan pendukungnya. Hal ini memicu munculnya sentimen negatif warganet atas Biden-Harris. Angkanya cukup mendominasi yakni sebesar 43%. Secara umum cuitan negatif berisi tudingan bahwa Joe Biden telah melakukan kecurangan demi memenangkan Pilpres AS. Netizen semakin menyudutkan Biden pasca-Trump berencana melakukan gugatan hasil pilpres.

I WON THIS ELECTION, BY A LOT!” tulis Donald Trump via Twitter dengan huruf kapital bernada keras pada 7 November.

Sementara cuitan positif tentang hasil Pilpres AS hanya 32%, netizen AS yang merima hasil pilpres turut mengucapkan selamat atas kemenangan Biden-Harris, termasuk para kepala negara di berbagai belahan dunia. Sisanya berisi cuitan netral sebanyak 25%.

“My warmest congratulation @JoeBiden and @KamalaHarris on your historic election,” cuit Presiden Joko Widodo memberi selamat atas kemenangan capres-cawapres yang diusung Partai Demokrat itu pada 8 November.

Keoknya Trump pada pilpres kali ini membawa “Joe Biden” menjadi kata kunci populer yang digunakan netizen, ada pula keyword lainnya bernada positif seperti “Biden Administration”. Sementara kata kunci “Legal Proceedings” dikaitkan dengan klaim Trump yang tidak menerima hasil pemilu, bahkan berencana menggugatnya.

Klaim Sepihak Trump

Pada periode 3 hingga 10 November 2020, Indonesia Indicator juga merangking 10 figur berpengaruh yang pernyataannya banyak dirujuk media online. Presiden AS terpilih, Joe Biden menjadi figur yang paling banyak dimintai keterangannya oleh media seputar kontestasinya melawan Trump, serta kemenangannya di Pilpres AS. Tercatat ada 26.297 pernyataan Biden yang dikutip media online.

Sementara Donald Trump menjadi figur kedua yang paling banyak dikutip pernyataannya oleh media online, yakni sebanyak 24.363. Media banyak mengutip peryataan Trump tentang klaim sepihak sebagai pemenang dan mengklaim akan menggugat hasil Pilpres AS.

Sosok top influencer lainnya adalah wapres terpilih AS Kamala Harris sebanyak 3.644 pernyataan media, disusul pemimpin mayoritas senat AS Mitch McConell 1.519, Barack Obama 1.152, manajer kampanye Trump, Bill Stepien 926 cuitan, Ketua DPR AS Nancy Pelosi 874, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson 858, senator Partai Republik Lindsey Graham 838, dan Presiden RI Joko Widodo berada di urutan buncit sebanyak 782 pernyataan.  

Presiden Jokowi turut bersuara soal kontestasi Joe Biden-Kamala Harris di Pilpres AS. Jokowi kemudian mengucapkan selamat atas terpilihnya Biden dan menyebut RI siap memperkuat kerja sama dengan pemerintahan Joe Biden.

Pada periode 3-10 November 2020 tersebut, I2 juga memantau adanya 10 media online dalam dan luar negeri yang banyak memberitakan seputar kemenangan Joe Biden. Terdapat 1.282 portal media online yang memberitakan Joe Biden-Kamala Harris di periode tersebut. 

Portal media online luar negeri Microsoft Network (MNS) menjadi portal media online paling dominan memberitakan pasangan Biden-Harris, sebanyak 923 pemberitaan, Tribun News 547, The Daily News 528, Fox News 518, India Times 427, News Week 423, CNBC Indonesia 384, Breitbart 352, Detik 352, dan Bisnis Indonesia 350 berita.

Dendang Penawar Covid-19 Buatan Dalam Negeri

Cepatnya laju penularan coronavirus baru (Covid-19) membuat banyak negara di dunia kelimpungan mengingat mengancam sistem kesehatan dan memorakporandakan perekonomian. Berbagai pihak lantas berlomba-lomba menemukan vaksinnya sekalipun bukan perkara mudah lantaran tergolong infeksi anyar dibandingkan pandemi sebelumnya dan prosedur yang rigid.

Dari sekian ratus kandidat yang sempat dikembangkan, berdasarkan laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada 19 Oktober 2020, terdapat 44 kandidat vaksin yang telah memasuk tahap uji klinis. Sebanyak 10 di antaranya sudah uji klinis fase 3.

Indonesia pun ikut mengembangkan penawar Covid-19 sejak Maret lalu. Diberi nama Vaksin Merah Putih. Vaksin ini dikembangkan sedikitnya enam lembaga riset dan perguruan tinggi dengan tiga pendekatan.

Pertama, Lembaga Biologi Molekuler (LBM) dan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengembangkan vaksin Covid-19 dengan metode protein rekombinan. Para peneliti mengambil gen yang mengodekan kapsul protein dari sekuens RNA virus SARS-Cov-2 lalu disisipkan dalam vektor atau pembawa gen (plasmid). Selanjutnya dimasukkan ke dalam sel bakteri. Bakteri ini berfungsi sebagai “pabrik protein” yang kelak disuntikkan ke dalam tubuh manusia untuk memicu respons sistem imun.

Sementara itu, vaksin yang dikembangkan LIPI menggunakan gen yang mengodekan protein spike utuh serta berbagai bagian dari spike, termasuk receptor binding domain (RBD) guna menciptakan antibodi penetral yang mampu melumpuhkan virus.

Kedua, Universitas Airlangga (Unair) dan Institut Teknologi Bandung (ITB) menggunakan pendekatan adenovirus. Para peneliti memodifikasi adenovirus sehingga tidak bisa memperbanyak diri dalam tubuh manusia. Ketika vaksin dimasukkan ke dalam tubuh, ia akan memasukkan gen ke dalam sel selanjutnya sel tubuh penerima memproduksi antigen virus Covid-19 sehingga memicu respons imun.

Ketiga, Universitas Indonesia (UI) dan Universitas Udayana (Unud) dengan metode mRNA, DNA, Virus like particles. Peneliti Unud mengembangkan vaksin dengan platform messenger RNA atau mRNA, di mana mRNA sintetik yang memuat kode protein spike SARS-Cov-2 dibungkus dengan selaput lemak (liposom), yang kemiripam dengan struktur dinding sel manusia.

Ketika dimasukkan ke dalam tubuh, mRNA tersebut akan masuk ke dalam sel kemudian bakal menggunakan gen dalam mRNA untuk memproduksi protein spike yang melatih sistem pertahanan tubuh. Pendekatan ini dilakukan karena proses pengembangannya relatif cepat dan tidak membutuhkan fasilitas canggih.

Adapun UI menggunakan platform DNA dengan untuk memunculkan respons sistem imun seperti pendekatan mRNA. Bedanya, vaksin DNA harus dimasukkan sampai ke dalam inti sel–yang menjadi tantangan tersendiri bagi peneliti. Vaksin ala UI tersebut sedang diujicobakan pada hewan guna melihat kemampuannya menginduksi respons imun protektif yang dibutuhkan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan pengembangan bibit vaksin Covid-19 dalam negeri tuntas dalam tempo setahun. Namun, baru penelitian Eijkman yang telah mencapai 55% dan ditargetkan selesai medio 2021.

Ketika pengembangannya kelar, Vaksin Merah Putih akan diserahkan ke PT Bio Farma (Persero) untuk proses lebih lanjut, seperti upscaling lalu praklinis hingga uji klinis fase 1, 2 dan 3. Diprediksi uji klinis rampung pada akhir 2021 dan dapat diproduksi awal 2022.

Indonesia Indicator (I2) telah mengamati respons publik melalui media sosial dan pemberitaan media daring (online) atas pengembangan Vaksin Merah Putih pada 1 Oktober-8 November. Selama itu, terdapat 2.614 berita di portal daring dan 5.333 cuitan netizen di Twitter.

Puncak ekspos cuitan netizen terjadi pada 3 November 2020. Hal itu, salah satunya, dimotori pernyataan Menteri BUMN, Erick Thohir, yang menyebut Vaksin Merah Putih dapat digunakan mulai 2022.

Di Twitter, berbagai kata kunci dipergunjingkan warganet dalam mengomentari penawar Covid-19 tersebut. "Vaksin Palu Arit", misalnya. Istilah itu populer diperbincangkan setelah Anggota Fraksi Partai Gerindra, Fadli Zon, berkomentar, khususnya kritik terhadap komitmen pemerintah dalam mengembangkan Vaksin Merah Putih dan justru mengizinkan vaksin asal China, Sinovac, melakukan uji klinis tahap 3 di Indonesia.

Sementara itu, sebanyak 7 dari 10 figur yang menjadi pemengaruh teratas (top influencer) merupakan pejabat pemerintah pusat. Detailnya Menteri Riset dan Teknologi, Bambang Brodhonegoro, di urutan pertama karena 3.191 pernyataan dikutip; Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto, dengan 1.212 pernyataan; serta Presiden Jokowi 1.065 pernyataan.

Kemudian Wakil Presiden Ma'ruf Amin 563 pernyataan; Erick Thohir 492 pernyataan; eks Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan (P2P Kemenkes), Achmad Yurianto, 491 pernyataan; Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, 409 pernyataan; Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, 378 pernyataan; Divisi Penelitian dan Pengembangan Bio Farma, Neni Nurainy, 340 pernyataan; serta Direktur Eijkman, Amin Soebandrio, 259 pernyataan.

Adapun isu Vaksin Merah Putih diberitakan sebanyak 444 portal rentang pengumpulan data. Dari 10 portal teratas, didominsasi jaringan kantor berita milik pemerintah, Antara.

Posisi pertama ditempati Republika dengan 66 artikel, disusul Antara 58 artikel, Antara Papua 56 artikel, Antara Sulteng 54 artikel, Tribunnews 51 artikel, Antara Riau 48 artikel, Liputan6 48 artikel, Sindonews 45 artikel, Merdeka 42 artikel, serta Bisnis Indonesia 40 artikel.

Loading...
Loading...