Kinerja Jokowi-JK Puaskan Publik

KEPUASAN publik terhadap kinerja pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla terus menguat. Hal itu terungkap dalam hasil survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) yang dirilis di Kantor SMRC, Menteng, Jakarta, kemarin.

Survei dilakukan pada 22-28 Juni 2016 dengan metode multistage random sampling. Jumlah responden 1.027 orang dan margin of error sekitar 3,1%. Sampel responden yang diambil telah memperhitungkan aspek demografi, gender, agama, dan etnik dalam populasi nasional.

Dari 1.027 responden yang disurvei, 67% menyatakan puas dengan kinerja Jokowi, sedangkan 30% lainnya menyatakan tidak puas (lihat grafik).

“Rakyat terlihat optimistis dengan kepemimpinan Jokowi. Hasil survei juga menunjukkan warga yakin terhadap kemampuan Jokowi memimpin Indonesia sehingga menjadi lebih baik mencapai 72%, sedangkan yang kurang yakin atau tidak yakin hanya 22%,” ujar Direktur Prog­ram SMRC Sirojudin Abbas saat memapar kan hasil survei.

Abbas mengatakan optimisme publik meningkat hampir di semua sektor. “Data ini menunjukkan bahwa rakyat pada dasarnya optimistis menghadapi kondisi ekonomi masa depan. Ini merupakan modal psikologis yang penting bagi pemerintah,” jelas Abbas.

Kendati begitu, Abbas menambahkan, kinerja Jokowi belum sempurna. Kepuasan publik terutama menurun pada sektor kesejahteraan sosial. Jokowi dianggap kurang berhasil menyediakan lapangan pekerjaan, menekan pengangguran, mengurangi kemiskinan, dan menyediakan bahan-bahan kebutuhan pokok.

“Karena itu, pemerintah Jokowi harus memberi perhatian lebih besar terhadap upaya mengurangi pengangguran, mengurangi jumlah orang miskin, menyediakan lapangan pekerjaan, dan membuat harga kebutuhan pokok lebih terjangkau,” ujar Abbas.

Lebih jauh, Abbas mengatakan hasil survei SMRC menunjukkan hubungan kausalitas antara kinerja Jokowi dan elektabilitasnya sebagai calon presiden pada Pemilu 2019. Menjawab pertanyaan semiterbuka, sebanyak 44% responden menyatakan akan mendukung Jokowi sebagai calon presiden pada 2019.

Loading...
Loading...